Kota Kudus identik dengan popularitasnya sebagai kota kretek. Selain itu, kota di Jawa Tengah ini juga kerap menyandang titel kota santri, bersama dengan Kendal dan beberapa kota lainnya.

Karenanya, wisata yang terkenal di kota ini identik dengan nuansa religi. Padahal, ada banyak wisata Kudus yang patut disambangi lantaran keindahan dan pesonanya yang tak bisa ditampik. Apa saja?

11 Wisata Hitz Kudus 

Saat berkunjung ke Kudus, Anda bisa menyempatkan diri untuk mampir sejenak mengunjungi berbagai wisata yang tersebar di hampir seluruh wilayahnya. Tak hanya wisata alam saja, Kudus juga memiliki berbagai spot yang tak kalah menarik. Berikut daftar wisata Kudus paling diminati yang bisa Anda jadikan referensi.

Dosen Wisata

1. Museum Kretek Kudus, Ciri Khas Kudus yang Tak Ada Duanya

 

museum kretek

 

Wisata satu ini menjadi ciri khas Kabupaten Kudus yang tak bisa ditemui di kota lainnya. Museum Kretek berlokasi di Desa Getas Pejaten, Jati, Kudus.

Anda akan mudah menemukan museum ini lantaran lokasinya hanya berjarak 3 km sebelah selatan pusat kota. Seperti namanya, museum ini menyajikan semua seluk beluk rokok. Mulai dari cara pembuatan di jaman dulu, hingga panorama penanaman tembakau.

 

2. Menara Kudus, Wisata Religi Simbol Kota Santri

menara kudus

Sebagai perwujudan julukan kota santri, Kudus memiliki obyek wisata religi tersendiri. Menara Kudus seakan menjadi bukti pengokohan Kudus sebagai salah satu destinasi wisata religi.

Menara ini beratapkan kayu dengan bentuk limas yang klasik. Sementara di bagian dinding menara terdapat tempelan piring logam yang berasal dari Tiongkok. Anda bisa berziarah ke makam Sunan Kudus di destinasi ini.

3. Air Terjun Kali Banteng, Wisata Air Paling Terkenal di Kudus

 

air terjun kalibanteng

Tak hanya wisata yang menonjolkan statusnya sebagai kota kretek dan santri, wisata alam di Kudus juga tak kalah menarik. Salah satu wisata alam yang terkenal adalah Air Terjun Kali Banteng.

Lokasinya berada di daerah Rahwatu, Gecog, Kudus. Dengan dua tingkat air yang memiliki ketinggian mencapai 20 m, Anda akan puas bermain air sambil menikmati suasana alam yang menyenangkan.

 

4. Air Tiga Rasa Rejenu

Di daerah Kudus ada sebuah sendang yang terkenal akan khasiatnya yg unik. Namanya Air Tiga Rasa Rejenu.

Cerita mengenai khasiat air sendang ini telah dipercaya dari generasi ke generasi hingga saat ini. Lokasi sendang ini berada di Japan, Dawe, Kudus, tepatnya atas Air Tejun Montel, arah utara dari makam Sunan Muria.

Air Tiga Rasa Rajenu meliputi tiga tingkatan dengan masing-masing rasa yang khas dan berbeda. Sumber pertama berasa tawar asam, biasa digunakan untuk pengobatan.

Sumber kedua dengan rasa menyerupai minuman ringan bersoda, bisa meningkatkan rasa percaya diri dalam menyikapi berbagai persoalan. Dan, sumber ketiga dengan rasa seperti tuak/ arak, diyakini mampu melancarkan rezeki.

5. Menara Pisang, Spot Legendaris yang Ngehits

 

tugu pisang

 

Jika Anda aktif di media sosial tentu tak asing dengan Menara Pisang Kudus. Spot ini terletak di daerah Wisata Outbond dan Perkemahan Taman Sardi, tepatnya di Dukuh Watu Lumpang, Kajar, Dawe, Kudus. Anda bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan dan menemukan spot-spot dengan background yang cocok untuk diunggah di medsos.

Selain spot berfoto, Anda bisa menikmati berbagai permainan outbond yang seru dan menyenangkan. Ada pula area yang bisa digunakan sebagai camping spot dengan konsep kerakyatan. Cocok untuk Anda yang sedang berlibur bersama keluarga, atau partner lainnya.Selain spot berfoto, Anda bisa menikmati berbagai permainan outbond yang seru dan menyenangkan. Ada pula area yang bisa digunakan sebagai camping spot dengan konsep kerakyatan. Cocok untuk Anda yang sedang berlibur bersama keluarga, atau partner lainnya.

6. Situs Pati Ayam, Pusat Peradaban Manusia Purba

situs pati ayam

Memasuki situs ini, Anda akan merasakan suasana yang kental akan sejarah. Situs Pati Ayam cukup terkenal di berbagai kalangan dan memiliki koleksi berbagai macam fosil yang pernah ditemukan oleh warga sekitar.

Situs ini berada di daerah Terban, Jekulo, Kudus. Kawasan Pati Ayam disinyalir oleh beberapa sejarawan sebagai pusat peradaban manusia purba. Anda juga bisa dengan mudah menemukan fosil dari binatang purba, seperti gading maupun gigi geraham gajah purba berukuran raksasa.

 

 

 

7. Gray Canyon, Wisata Grand Canyon Ala Kudus

 

Tak perlu jauh-jauh ke Arizona untuk menikmati pemandangan apik Grand Canyon. Kini Anda cukup datang saja ke Desa Tanjung Rejo, Jekulo, Kudus. Kawasan ini memiliki destinasi unik berupa Gray Canyon yang memiliki fitur dan penampakan menyerupai Grand Canyon.

. Dulunya wilayah ini merupakan area penambangan batu dan pasir yang tak digunakan lagi.
Kini, area penambangan ini diperbaharui sedemikian rupa hingga menjadi obyek wisata Kudus yang ramai dikunjungi.

Banyak wisatawan berkunjung untuk berfoto di sini. Udara di kawasan ini terbilang segar dengan bukit yang nampak seperti hamparan sahara berbonus alam nan asri dan menyejukkan mata. Sebaiknya Anda berkunjung sore hari menjelang petang untuk menikmati panorama matahari terbenam.

 

8. Puncak Natas Angin, Lautan Awan yang Mempesona

 

puncak atas angin

Bagi para penyuka tantangan termasuk mendaki gunung, spot wisata satu ini harus masuk dalam daftar pilihan Anda. Puncak Natas Angin merupakan sebutan untuk puncak Gunung Muria kedua yang memiliki ketinggian 1512 mdpl.

Gunung ini terletak di daerah Rahwatu, Gebog, Kudus. Jika berhasil mencapai titik puncaknya, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dengan latar lautan awan.

Sayangnya untuk mendapatkan momen ini, Anda harus mendaki setidaknya 6 jam lamanya. Jalur yang biasa dilewati biasanya melalui Desa Rahwatu. Seperti jalanan di gunung pada umumnya, medan yang dilewati cukup menantang dengan jalur yang sempit, menanjak, serta berkelok

9. Taman Oasis, Seperti Oasis Menyejukkan di Tengah Kota

 

taman oasis

Salah satu obyek wisata paling populer yang tak boleh dilewatkan ketika berlibur ke Kudus adalah Taman Oasis Djarum. Taman ini merupakan salah satu spot hits bagi generasi milenial untuk sekedar nongkrong santai atau bermain bersama keluarga. Terletak di Jalan Lingkar Utara Nomor 7, Bacin, Bae, Kudus, taman dengan monumen bertuliskan Djarum Oasis Kretek Factory ini cocok untuk berfoto ria.

10. Desa wisata Rahwatu, Surga di Lereng gunung Muria

 

desa rahwatu

Lokasi desa ini berada di lereng Gunung Muria, tepatnya pada ketinggian 1.627 mdpl. Melihat ketinggiannya, sudah pasti udara yang berhembus sangatlah sejuk dan segar.

Ada beberapa spot sungai yang jernih dan biasa digunakan masyarakat setempat untuk mandi atau sekedar bermain air. Anda juga bisa melakukan napak tilas beberapa area dan bangunan pertapaan yang banyak terdapat di sini.

 

11. Taman Lampion Kudus, Wisata Malam yang Menentramkan

 

taman lampion kudus
Jika ingin berwisata malam, Taman Lampion Kudus bisa menjadi pilihan tepat. Berlokasi di Jalan Gor Nomor 103, Wergu Wetan, Kudus, taman ini menyajikan keindahan malam yang menentramkan hati.

Anda akan disuguhi pemandangan berupa lampion dalam berbagai bentuk dan karakter. Dari sinilah terlihat kreativitas masyarakat Kudus yang tak pernah mati.
Dari berbagai destinasi wisata Kudus di atas, manakah yang menjadi favorit Anda? Jika masih terasa belum cukup, masih ada banyak spot menarik untuk dijelajahi. Antara lain Wana Wisata Kajar, Wisata Colo Kudus, Air Terjun Montel, dan lain sebagainya.

Bagikan:

Emanuel Suryajaya

Hus Jangan Liat , Hayuk Liburan ajah .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.