Kota Tegal  mempunyai banyak tempat wisata yang indah , apalagi wisata kuliner di  kota ini biasa diburu  oleh para wisatawan yang berkunjung. Banyaknya jajanan atau camilan yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas kota Tegal ini rata-rata dijual dengan harga terjangkau, sehingga Anda tidakk perlu khawatir akan  pengeluaran anda nanti lebih banyak dari biaya anggaran liburan yang telah dipersiapkan.

Jika anda punya rencana atau sedang mengunjungi kota Tegal , maka pastikan anda tidak lupa untuk sekedar membeli oleh-oleh khas Tegal untuk keluarga di rumah.Pastikan juga dana anda masih cukup untuk membeli oleh-oleh , karena banyak variasi oleh-oleh yang ada di kota Tegal .

 

Oleh-Oleh Khas Kota Tegal  Murah Meriah

Obyek Wisata  Di Guci Tegal

 

Oleh-oleh adalah  sesuatu yang wajib dibawa pulang sebagai bingkisan untuk keluarga atau sanak saudara di rumah . Semua orang yang sedang berlibur di luar kota , luar daerah dan luar negeri pasti pulang dengan membawa oleh-oleh.

Tetapi , bukan hanya berburu kuliner saja yang dilakukan,  setiap wisatawan juga pasti mampir untuk membeli beberapa makanan ataupun jajanan yang hendak dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Berikut ini 9 Oleh-Oleh Khas Kota Tegal yang bisa anda coba.

 

Tahu Aci

tahu aci oleh kuliner tegal

Tahu Aci merupakan  tahu khas daerah Slawi, Kabupaten Tegal. Tahu aci dibuat  dari tahu kuning yang dibelah menjadi dua dan di isi aci . Aci adalah adonan yang terdiri dari tepung kanji , potongan daun bawang dan bumbu.

Tahu aci biasanya dijadikan camilan sebagai teman minum teh atau kopi . Anda juga bisa membeli tahu aci yang mentah atau matang sebagai oleh-oleh.

Jika anda punya rencana atau sedang mengunjungi kota Tegal , maka pastikan tidak lupa untuk sekedar membeli oleh-oleh khas Tegal untuk keluarga di rumah.Harga tahu aci Tegal juga sangat murah hanya Rp 1000 rupiah per buah .Pastikan juga uang  anda masih cukup untuk membeli oleh-oleh , karena banyaknya  variasi oleh-oleh yang ada di kota Tegal .

 

 

Olos

olosoleh oleh tegal kuliner

Olos adalah jajanan yang terbuat dari aci , kol , tepung terigu ,cabai rawit dan bumbu yang digoreng . Olos berisi sayuran dan cabai tiap bulatannya .  Namun , kini olos sudah memiliki banyak variasi isian seperti ayam , sosis ,  bakso  , telur , daging sapi  hingga keju .

Jajanan khas Tegal ini digemari oleh para remaja karena rasa pedasnya yang menggigit.Olos bisa anda beli sebagai oleh-oleh untuk keluarga . Jajanan ini dapat anda temukan dengan mudah di pinggir jalan hingga sekolahan sepanjang Kabupaten Tegal.

Selain itu, penjual jajanan olos juga sering berkeliling untuk menawarkan dagangannya. Harganya sangat murah meriah, yakni hanya Rp. 500,- per bijinya.

 

 

 

krupuk antor kuliner tegal

Oleh-oleh  khas Tegal yang satu ini bernama  Kerupuk antor. Kerupuk Antor dibuat dari dari singkong yang digoreng menggunakan pasir. Kerupuk ini memiliki warna warna putih kecokelatan yang berasal dari bumbu setelah kerupuk digoreng. Kerupuk ini memiliki cita rasa gurih dengan bawang putih yang cukup kuat.

Kerupuk antor memang tidak terkenal seperti tahu aci , tahu aci yang terbuat dari bahan dasar tahu dan tepung kanji sudah lebih dahulu terkenal sebagai salah satu ikon kuliner Kota Tegal . Namun sebagai kota pesisir, makanan ringan kerupuk tak bisa diabaikan.

Kerupuk menjadi bagian tak terpisahkan bagi masyarakat pesisir.Kerupuk Antor biasanya menjadi menjadi camilan saat menyantap kuliner Glotak. Selain itu, harganya pun cukup  terjangkau, hanya Rp. 30.000 per kilo.

Latopia

latopia oleh oleh tegal

Latopia merupakan jajanan yang sangat legendaris karena sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu. Jajanan yang satu ini mirip dengan bakpia yang berbeda hanya pada bentuk dan isianya saja .

Latopia terbuat dari olahan tepung terigu dengan tambahan isian toping yang bervariasi, mulai dari strawberry, coklat hingga kacang hijau. Tekstur latopia yang padat dan rasanya yang  gurih akan menggoyang lidah anda . Sementara harga latopia  juga bisa dikatakan sangat murah karena dengan nominal Rp. 2.500 s/d Rp. 4.000 Anda sudah bisa mendapatkan satu buah latopia .

Gemblong Ocar Acir

gemblong tegal

Gemblong Ocar Acir merupakan  jajanan khas Tegal yang sering dijadikan oleh-oleh. Jajanan ini    terbuat  dari olahan ketan yang diberikan  kelapa parut dan gula aren yang sudah dicairkan di atasnya . Agar bisa mencicipinya, gemblong ocar acir ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional yang ada di kota Tegal dengan harga Rp. 5.000 saja per porsi.

Kacang Bogares

kacang bogares kuliner tegal

Oleh-oleh khas Tegal yang populer lainnya adalah Kacang bogares. Kacang ini merupakan produk yang berasal dari desa Bogares, Kabupaten Tegal. Sebagian besar warga desa Bogares memang dikenal sebagai penghasil kacang dan produk olahannya.

Kacang dari Bogares memiliki rasa gurih, manis, dengan aroma yang harum. Dalam pengolahannya, kacang bogares direndam dalam air bumbu semalaman,  kemudian di jemur, dan kemudian disanggrai dengan pasir selama sekitar 20 sampai 30 menit.Harga kacang bogares juga cukup murah yaitu sebesar Rp 14000,- per  bungkus. Biasanya, masyarakat Tegal sering menjadikan kacang bogares sebagai hidangan camilan untuk para tamu. Di kota asalnya tidak sulit untuk mendapatkan kacang bogares ini karena sudah tersedia dimana saja, baik di toko maupun di pusat oleh-oleh.

Tahu Pletok

tahu pletok tegal

Bukan hanya tahu aci jajanan olahan tahu yang terdapat di kota Tegal, karena juga sudah ada tahu pletok. Bentuknya memang hampir sama dengan tahu aci, karena tahu aci dibuat dengan dibagi menjadi dua bagian dengan bentuk segitiga. Sementara tahu pletok terbuat dari potongan tahu aci yang sudah dibelah-belah, tapi potongannya tidak dibiarkan lepas. Mengenai rasa, rasa dari tahu pletok tidak kalah gurih dengan tahu aci, karena secara bersamaan pedagang yang menjual tahu aci juga akan menjual tahu pletok.

Pilus Kletuk

pilus kletuk oleh olh tegal

Sama seperti dengan jajanan pilus kebanyakan, pilus kletuk ini begitu renyah dan juga gurih. Selain enak dijadikan sebagai camilan di saat bersantai, pilus kletuk ini juga sangat cocok dimakan bersama bakso ataupun mie. Pilus kletuk khas Tegal ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang, termasuk untuk dibagikan kepada orang-orang terdekat, harganya pun murah, hanya sekitar Rp. 10.000 per bungkus yang berisi sekitar 250 gram.

Kue tempel

kue tempel oleh tegal

Nama dari jajanan ini persis sekali dengan proses pembuatannya. Karena kue tempel merupakan jenis kue yang terbuat dari olahan tepung beras yang dipipihkan di dalam wajan pengorengan, kemudian diberikan irisan buah pisang, gula jawa diatasnya  dan juga kelapa muda sebagai isiannya.

Untuk bisa mendapatkan kue tempel yang enak sebagai oleh-oleh khas Tegal, Anda bisa pergi ke Jalan HOS Cokroaminoto. Harga jajanan kue tempel juga cukup murah yaitu Rp. 5000 untuk setiap porsinya.

Itulah beberapa oleh-oleh yang bisa anda beli di Kota Tegal untuk keluarga di rumah. Jangan lupa untuk menyiapkan kardus sebagai wadah agar mudah dibawa pulang ke kota asal.

Beranda

Bagikan:

Emanuel Suryajaya

Hus Jangan Liat , Hayuk Liburan ajah .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.