6 Wisata Air Terjun di Jawa Tengah Terbaru

Jawa Tengah memiliki banyak air terjun yang menjadi tempat wisata. Tak sedikit dari wisatawan lokal menghabiskan waktunya untuk menikmati suasana air terjun sekedar untuk merelaksasi diri atau berfoto . Berikut ini 6 Wisata Air Terjun di Jawa Tengah 

Wisata Air Terjun Murah 2020

 

1.Air Terjun Semirang

airt terjun jawa tengah semirang

   

Terletak di Ungaran Kabupaten Semarang , air terjun semirang  merupakan tempat wisata lama yang terlupakan dan sekarang sudah di renovasi oleh pemerintah . Air terjun Semirang atau biasa disebut Curug Semirang Berjarak sekitar 900 m dari tempat parkir motor .

Jika anda memakai mobil maka jarak air terjun dari tempat parkir mobil sekitar 1,3 KM . Jarak yang harus ditempuh memang agak jauh ,  namun setelah sampai di lokasi air terjun  maka rasa lelah anda akan terbayar.

Pandangan mata penuh dengan keindahan air terjun alami . Air berwarna hijau dan pepohonan di sekitar air terjun membuat kesan tenang . Selain air terjun , di lokasi air terjun semirang ini juga terdapat kolam renang , sehingga anda bisa duduk bersantai di tepi kolam atau bisa juga berengan di kolam .

 

Jika anda berencana ingin berkunjung ke air terjun semirang , Anda lebih baik berkunjung saat pagi hari supaya bisa menikmati suasana air terjun yang sepi . Karena Air Terjun Semirang selalu ramai pada akhir pekan.

Harga Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang

Alamat : Loket wisata, Gogik, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 5055

2.Air Terjun Lawe

air terjun jawa tengah lawe

Air terjun lawe atau biasa disebut Curug lawe terletak di Desa Gonoharjo Kecamatan Limbangan Kabupaten Semarang. Curug yang berada di kaki gunung ungaran ini memiliki panorama alam yang masih asri sehingga sobat mlaku merasa betah .

Air terjun ini memiliki aliran air yang deras disertai bebatuan yang licin . Anda harus berhati hati jika bermain air di curug lawe . Akses menuju Air Terjun Lawe dari parkiran masih berupa jalan setapak yang terbuat dari kayu , Anda akan menghabiskan waktu 15 untuk mencapai curug lawe.

Sekedar tips ,jika sobat ingin berlibur di Curug Lawe , usahakan anda berkunjung ke curug lawe saat hari biasa atau hari kerja . Karena saat hari libur atau akhir pekan Air Terjun Lawe akan dipenuhi banyak wisatawan yang berkunjung.

Penuhnya wisatawan akan membuat waktu tempuh menuju curug lebih lama dikarenakan jalan setapak yang hanya muat 2 orang jika berpapasan . Yang kedua ,Anda harus persiapkan bekal karena didalam kawasan Air Terjun  Lawe tidak ada warung atau tempat makan .

Yang ketiga , persiapkan baju ganti jika sobat ingin bermain air di Air Terjun Lawe lawe. Yang terakhir usahakan keluar dari area curug sebelum pukul  4 sore . Karena sinar matahari sudah tetutup rimbunan pohon dan sepanjang jalan setapak tidak ada  lampu peneragan  .

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang

Alamat : Gunungsari, Limbangan, Hutan, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 51383

3.Air Terjun Putri

air terjun jawa tengah putri

Curug putri merupakan salah satu tempat wisata air yang indah di tegal . Curug putri cukup ramai dikunjungi para wisatawan . Curug atau air terjun ini memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 25 meter .

Selain keindahan air terjunnya  , pemandangan alam disekitar lokasi air terjun juga sangat indah , sehingga dijamin  akan memanjakan mata para pengunjung.

Untuk mencapai lokasi Curug Putri , Anda cukup berjalan kaki melwati beberapa jalan setapak yang dikelilingi pepohonan hijau. Ada dua rute yang bisa anda lalui untuk mencapai lokasi air terjun Putri , yaitu melalui SPBU Sakalibel, Kota Brebes dan Desa Benda ,Siramong Brebes .

Jika menggunakan jalur Desa Benda , Anda bisa naik kendaraan dari pertigaan Kalisalak Desa Benda  sampai Desa Mendala dan dilanjutkan berjalan kaki melewati Dukuh Padamana ,  Karena jalur ini tidak bisa dilalui kendaraan . Anda bisa tracking menyusuri pematang sawah dan jalan setapak sekitar 500 meter.

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang

Alamat :  Ladang,Hutan, Guci, Bumijawa, Tegal, Central Java 52466

 

Baca Juga Tempat Wisata Guci Tegal

4.Air Terjun Kembar

air terjun jawa tengah bidadari

Air terjun yang satu ini dinamai Curug Kembar , karena terdapat dua buah air terjun yang letaknya berdekatan. Kedua curug ini memiliki arus yang berbeda , yang satu deras dan yang satunya tidak terlalu deras.

Lokasi Curug Kembar berada di dekat Guciku Hot Waterboom , tepat di sebelah Villa Syariah yang masih satu area di dalam Desa Guci , Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Jalan menuju Curug Kembar hanya beberapa meter saja melewati persawahan ,Anda harus berhati-hati karena jalan yang menurun dan cukup licin.

Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 5 meter ini memiliki air yang hangat . Di beberapa sisi curug terdapat pipa-pipa milik warga untuk mengalirkan air . Curug Kembar merupakan salah satu tempat wisata air  Tegal yang tersembunyi .

Jika anda ingin berwisata menikmati suasana Hening dan Tenang , maka Curug Kembar merupakanan tempat yang cocok untuk anda . Jika anda ingin berkunjung ke Curug Kembar , Anda juga harus memperhatikan kondisi cuaca karena , lokasi ini terkadang menjadi tempat kabut turun.

Harga Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang

Alamat :  Ladang,Hutan, Guci, Bumijawa, Tegal, Central Java 52466

5.Air Terjun Bidadari 

air terjun jawa tengah kembar

Air Terjun Bidadari ini merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi destinasi favorit selain Curug Telu Baturaden dan Curug Pelangi Baturaden.Lokasi ketiga destinasi wisata ini berada di Desa Karangsalam Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah. Keistimewaan Sendang Bidadari ini karena memiliki sebuah jalan masuk yang menyerupai sebuah goa.

Memang, warga disekitar Sendang Bidadari tak bisa dilepaskan dengan kepercayaan animisme dan dinamisme. Tak heran jika Sendang Bidadari ini juga kerap dijadikan sebagai tempat petilasan dan ritual meditasi.

Namun, kalian bisa menikmati Sendang Bidadari ini dengan nyaman. Karena selain air sungainya yang bening, juga sangat menyegarkan.Suasana pegunungan sekitar Sendang Bidadari tentu saja akan sejenak membuat kalian sejenak melupakan pekerjaan.

Menurut penuturan traveler yang pernah berkunjung ke sini, sumber air Sendang Bidadari ini ternyata berasal dari Curug Telu Baturaden Purwokerto. Lokasinya persis di atas Sendang Bidadari.Sendang menurut kamus Bahasa Indonesia merupakan kolam yang berada di pegunungan. Tak ada yang mengetahui mengapa destinasi wisata tersebut dinamakan Sendang Bidadari.

Harga Tiket Masuk : Rp 3.000 per orang

Alamat : Dusun II, Karangsalam, Baturaden, Banyumas, Central Java 53151

6. Air Terjun Lima 

air terjun jawa tengah lima

 

Curug ini berada di desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Curug ini belum lama booming karena memang aksesnya cukup sulit.

Padahal lokasinya tidak jauh dari Curug Gomblang yang sudah lama dikenal dan cukup banyak pengunjungnya. Dari Curug Gomblang menuju Curug Lima berjarak sekitar 1 km dan memakan waktu skeitar 1 jam dengan jalan santuy.

Nama Curug Lima diambil dari jumlah pancuran atau kanal airnya yang berjumlah 5. Yang jelas sih tempatnya masih sangat asri dengan air jernih dan menggoda untuk nyebur.

Bagi yang suka beredam di air curug ini dijamin suka. Cuman memang aksesnya cukup berat apalagi bagi yang takut ketinggian atau tebing curam, bisa merinding saat perjalanan.

Rutenya yang masih berupa jalan setapak bahkan ada yang hanya muat 1 orang saja. Karena memang akses kesana baru dibuat untuk umum oleh warga sekitar.

Ditambah rumput dan pepohonan liar yang cukup rimbun. Sesekali melewati jalan kecil disamping tebing curam dan ada jalan bebatuan terjal sedikit.

Agak memacu adrenalin memang dan butuh fisik ditambah stamina yang sangatlah kuat. Curugnya tidak terlalu tinggi. Curug ini masih satu jalur sungai dengan curug Gomblang dan antara curug lima dan curug gomblang juga terdapat beberapa curug tapi belum ada akses yang mudah. Lokasi ini juga bisa diakses dengan jalan kaki dari Baturagung ( Bendungan PLTA Baturagung ).

Harga Tiket Masuk : Rp 7.000 per orang

Alamat : Dusun II, Karangsalam, Baturaden, Banyumas, Central Java 5315

itula  6 Wisata Air Terjun di Jawa Tengah.

Tinggalkan komentar