Pesona Candi Gedung Songo Semarang

Bagi Anda yang tinggal di Jawa Tengah siapa yang tidak mengetahui dengan candi yang terletak di Bandunagn Jawa Tengah, Kawasan wisata Gedong Songo ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena selain peninggalan sejarah kerajaan yang memukau namun juga menyediakan pemandangan yang begitu indah yang tidak kalah dengan tempat wisata di daerah lain.

Kawasan Candi yang terletak di Bandungan, Semarang, Jawa Tengah ini banyak dimintai para wisatawan terutama bagi pecinta alam atau komunitas alam lainnya. Hal ini dibutikan dengan banyaknya para pelajar dari berbagai daerah yang melakukan kegiatan di Kawasan Candi.

Sejarah Candi Gedong Songo

candi songo

Gedong Songo itu sendiri di ambil dari Bahasa jawa, yaitu gedong dan songo, gedong memiliki arti bangunan maupun rumah dan songo berarti Sembilan atau berjumlah Sembilan. Jadi Candi Gedong Songo ini memiliki arti candi yang berjumlah Sembilan.

Candi ini merupakan peninggalan sejarah Hindu yang terletak di Gunung Ungaran. Di tempatkan oleh Raffles pada tahun 1804 dan diperkirakan dibangun pada Wang Syailendra pada abad ke 9.

Jika Anda pernah mengunjungi candi yang berada di Dieng yaitu candi Arjuna pasti Anda akan tahu jika semua arsitektur dari bangunan candi ini hampir sama dengan kawasan candi Dieng. Candi Gedong Songo terletak d ketinggian 1.200 diatas permukaan laut dengan suhu yang dingin yaitu 19 – 27 Celcius.

Gedung Songo ini pada awal mulanya dinamakan Gedong Pitoe oleh Raffles. Saat itu hanya ditemukan 7 candi saja, kemudian pada tahun 1825 Van Braam membuat publikasi akan temuannya itu.

Kemudian pada tahun 1865 Hoopermans dan Friederich membuat tulisan tentang kawasan Candi Songo. Pada tahun 1910 sampai 1911 pembangunan yang dipimpin oleh Knebel dengan melakukan inertarisasi air panas di Candi Gedong Songo tersebut.

Pada tahun 1916 pemerintah Belanda secara resmi meneliti beberapa bangunan dari candi ini. Di mana penelitian tersebut dilakukan oleh Dinas Purbakala Belanda, kemudian pada tahun 7928 hingga 1929 dilakukan pemugaran Candi Gedong 1 kemudian dilanjutkan dengan perbaikan pada Candi ke 2 pada tahun 1930 sampai 1932.

Pemerintah Indonesia mulai mengambil alih dan melakukan perbaikan pada tahun 1977 sampai 1983 dimana dilakukan perbaikan pada candi ke 3, 4, dan 5 yang dilakukan oleh SPSP (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) hingga tahun 2009 tempat ini mulai dirombak dan diperbaiki secara keseluruhan.

Lokasi Kawasan Candi Gedong Songo

Untuk menuju kawasan candi ini cukup mudah karena kawasan wisata ini terletak di lereng Gunung Ungaran. Jika Anda datang dari Ambarawa maka memerlukan waktu sekitar 40 menit kearah Bandungan, jika dari arah barat Anda bisa melewati Temanggung kemudian berjalan kearah Bandungan Semarang.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini Anda harus berhati – hati karena jalan yang berkelok dan tergolong sulit untuk pengendara, apalagi jika ditambah hujan turun membuat jalanan semakin licin, karena untuk menuju ke kawasan wisata ini diharuskan melewati tanjakan, banyak juga pemontor yang berhenti ditengah jalan karena tidak sanggup sampai di atas.

Keindahan Candi Gedong Songo

candi songo

Memang kawasan wisata Candi Gedung Songo ini memiliki suhu yang dingin. Tetapi tidak sedingin dengan dataran tinggi Dieng namun pemandangan yang diberikan tidak kalah dari tempat lain.

Karena di tempat ini Anda dapat melihat berbagai pemandangan Kota dari ketinggian. Pemandangan inilah yang banyak diburu oleh wisatawan.

Walaupun berada di ketinggian dan susah signal di tempat ini, namun bagi Anda yang hobi fotografi dan edit foto untuk di masukkan ke social media tempat ini sangat cocok untuk Anda. Banyak spot keindahan yang disediakan di tempat ini. Tidak sedikit wisatawan yang melakukan camping ditempat ini karena memang dari dulu tempat ini menjadi tempat favorit untuk camping.

Daya Tarik Candi Gedong Songo

candi songo

Perlu Anda ketahui , kawasan candi ini memiliki Bio energy terbesar dan terbaik di Asia. Bahkan, Bio energi yang berada di kawasan pegunungan Tibet saja kalah. Sungguh sesuatu hal yang membanggakan dan juga mengesankan.

Satu hal lagi yang bakal membuat Anda terkesan yaitu dengan ditemukannya sebuah emas dan juga perah di kawasan candi Gedong keempat. Emas – emas ini asli dan menjadi sebuah penemuan yang mengesankan.

Seperti halnya Candi Cetho yang berada di Karang anyar, candi yang satu ini pun juga digunakan sebagai salah satu titik pendakian, Ada sebuah bumi perkemahan yang tersedia untuk para pendaki yang ingin mendirikan tenda dan menginap menikmati indahnya alam Lereng Gunung Ungaran.

Anda juga bisa mengelilingi candi yang berjumlah 9 ini dengan track yang cukup menguras tenaga. Dimana candi yang satu dengan yang lain memiliki jarak sekitar 200 hingga 300 meter. Cukup melelahkan memang, tetapi keindahan alam Gedong Songo dan nuansa yang sejuk mampu menghilangkan rasa Lelah dan mengubahnya menjadi sebuah semangat yang membara.

Jika kalian tidak ingin Lelah berjalan saat mengelilingi Candi Gedung Songo, Anda bisa menyewa kuda yang memang sengaja di siapkan. Harga sewa kuda mulai dari Rp. 25.000 ribuan, tergantung seberapa jauh Anda ingin mengelilinginya.[ Semakin jauh akan semakin mahal.

Saat menyewa kuda, Anda akan didampingi oleh seorang guid yang akan menjelaskan bagaimana sejarah lengkap dan keindahan dari kawasan ini. Ada hal yang menarik disini, yaitu pemisahan jalur antara jalur kuda dengan jalur pejalan kaki.

Berjalan mengelilingi Candi Gedung Songo ini biasa dilakukan oleh para pendaki yang ingin melakukan pemanasan sebelum mendaki gunung yang memiliki ketinggian  2050 mdpl. Sungguh kawasan yang super lengkap dengan panorama yang disungguhkan yang bisa dinikmati olah Anda.

Candi kelima adalah candi paling puncak dari perjalanan anda mengelilingi Gedong Songo. Anda akan menikmati keindahan karya Tuhan yang membuat Lelah menjadi hilang.

Fungsi Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo ini berfungsi sCandi Gedong Songo diyakini merupakan candi yang dibangun umat Hindu. Ditemukan beberapa arca – arca Hindu yang terletak di dalam dan disekitar lokasi candi.

Diantaranya adalah arca Ciwa Mahadewa, Ciwa Mahaguru, Geneca, Durga Mahisasura Mardhini, Nandi Swara, Mahakala dan Yoni yang ada di bilik candi. Selain arca, terdapat juga sebuah arca gajah dalam keadaan posisi jongkok di kaki Candi Geding III, dan Yoni dalam bentuk persegi panjang di bilik Candi Gedong I.

Candi Gedong Songo ini berfungsi sebagai tempat pemujaan para pemeluk agama Hindu. Konon, telah dipercaya oleh umat Hindu bahwa gunung merupakan tempat pera dewa alias khayangan atau surgenya para dewa. Sehingga dapat dikatakan bahwa candi ini dijadikan sepagai tepat pemujaan bagi para pemeluk agama Hindu.

Tinggalkan komentar