Dosenwisata – Ambon dikenal masyarakat luas sebagai ibukota provinsi Maluku Utara. Namun sejatinya, bukan hanya itu saja sesuatu yang terkenal dari kota Ambon.

Ambon dijuluki sebagai kota manise. Tentu kamu pernah mendengar lagu Ambon Manise bukan? Lagu tersebut sering dinyanyikan oleh masyarakat Maluku sehingga Ambon mendapatkan julukan kota manise.

Ambon adalah surga dunia, di tempat ini ada beragam objek wisata indah yang membuat siapapun betah dan ingin berlama-lama berlibur di sini. Nggak kalah bagus tentunya dengan tempat-tempat wisata yang ada di daerah lain seperti Bali, Nusa Tenggara, Jogja, maupun yang lainnya.

 

Rekomendasi Destinasi Wisata di Ambon

Bila kamu sedang berkunjung ke Ambon, belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi beragam objek wisata yang ada di sini.

Ada wisata darat, wisata laut, wisata sejarah, wisata buatan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semuanya indah dan sayang jika kamu lewatkan.

Apa sajakah itu?

 

Nusa Pombo

Nusa Pombo itu adalah pulau yang sangat cantik. Dan yang membuat pulau ini layak dijadikan sebagai tempat wisata karena pulaunya tak berpenghuni sehingga masih asri dan belum terjamah.

Dari tempat inilah kamu bisa melihat hewan endemik Maluku yaitu Pombo secara jelas dan mendetail. Bukan hanya Pombo saja, di sini juga tersimpan kekayaan laut yang melimpah ruah.

Air laut yang masih sangat jernih dapat membuatmu merasa nyaman dan betah terus menerus ada di tempat ini.

Untuk bisa sampai ke Nusa Pambo, kamu harus terlebih dahulu menggunakan kendaraan bermotor menuju ke Tulehu dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Dari Tulehu dilanjutkan menggunakan speedboat menuju Pulau Pombo selama sekitar 20 menit perjalanan.

Cukup memakan waktu juga, tapi rasa lelah akan terbayar setelah kamu melihat pemandangan laut yang begitu mempesona.

 

Pantai Namalatu

Pantai Namalatu merupakan salah satu tempat wisata pantai di Ambon. Pantainya hadir dengan batu karang yang sangat indah nan mempesona.

Di pantai ini, kamu bisa menemukan jajaran batu karang yang berwarna kecoklatan. Tak hanya batu karang saja, kamu juga bisa menikmati keindahan Laut Banda

Di Pantai Namalatu banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara terutama pada hari sabtu dan minggu. Ada juga kios-kios wisata yang dapat memberdayakan UMKM untuk mendapatkan penghasilan dari destinasi wisata ini.

Dengan jarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota Ambon, kamu membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk bisa sampai ke Pantai Namalatu. Sesampainya di pantai, kamu cukup membayar retribusi Rp 10.000 saja.

 

Pantai Santai

Destinasi wisata di Ambon selanjutnya adalah Pantai Santai. Sesuai dengan namanya, di pantai ini kamu bisa bersantai menikmati deburan dan indahnya ombak pantai yang begitu tenang.

Pantai yang satu ini berjarak sekitar 13 km dari pusat kota Ambon. Salah satu daya tarik dari Pantai Santai adalah pasirnya yang putih dengan kondisi yang sangta bersih dan asri.

Di pantai ini, kamu dapat berenang, snorkeling, menyelam. hingga menikmati sunset dan sunrise di pagi dan juga sore hari. Air lautnya sangat jernih, membuat kamu bisa dengan mudah melihat keindahan dasar laut yang begitu mempesona.

Untuk bisa tiba di Pantai Santai, kamu bisa naik kendaraan pribadi atau naik angkot. Kalau naik angkot, kamu bisa mulai naik dari terminal terminal Mardika, Ambon dan ambil jurusan Latulahat, pastikan naik angkot yang berwarna hijau tua ya.

Sesampainya di sana, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 saja.

 

Benteng Amsterdam

Benteng Amsterdam merupakan salah satu tempat bersejarah di Ambon. Benteng ini sudah ada sejak zaman penjajahan Portugis.

Kini Benteng Amsterdam dijadikan sebagai objek wisata yang mana bangunan ini terdiri atas tiga lantai. Bukan hanya berwisata saja, dengan berkunjung ke Benteng Amsterdam ini, kamu bisa menambah wawasan dan pengetahuan sejarah perjualan pahlawan di masa lampau.

Lokasi Benteng Amsterdam lebih tepatnya berada di Kecamatan Hila. Berjarak sekitar 47 km dari pusat kota Ambon.

Apabila kamu naik kendaraan pribadi seperti mobil dari Ambon, membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai ke tempat tersebut.

 Baca juga: Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Ke Bali

Pantai Pintu Kota

Rekomendasi tempat wisata di Ambon selanjutnya adalah Pantai Pintu Kota. Lokasinya nggak terlalu jauh dengan pusat kota Ambon, hanya berjarak 45 menit perjalanan saja.

Salah satu hal unik yang ada di pantai ini adalah adanya tebing yang menjorok ke laut dan berlubang di tengahnya. Tebing tersebut menjadi ikon Pantai Pintu Kota.

Memang pantai ini tak begitu luas seperti pantai-pantai lainnya, akan tetapi kamu tetap bakalan puas datang karena karena bisa menikmati spot-spot menarik lainnya, termasuk juga bisa melakukan penyelaman sehingga dapat melihat pemandagan laut yang begitu indah.

Akses menuju ke Pantai Pintu Kota sangat mudah karena jalannya yang sudah beraspal. Jadi, apabila kamu naik kendaraan pribadi pasti bisa sampai lebih cepat.

 

Itulah dia berbagai rekomendasi destinasi wisata yang di Ambon Maluku. Karena masih dalam masa pandemi, jangan lupa selalu ikuti protokol kesehatan apabila kamu berkunjung ke sana.

 

imgae:

tripzilla.id

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.