Pesona Wisata Dusun Semilir Semarang

Dusun Semilir

Dusun Semilir yang berada di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah saat ini sedang viral. Arsitektur unik yang menyerupai Candi Borobudur ini sukses membuat banyak orang penasaran dan berbondong – bondong untuk mengunjungi Dusun Semilir. Foto objek wisata yang satu ini dalam sekejab sudah menghiasi dunia maya.

Viral Dalam Sekeja

Wisata Dusun Semilir mulai dibangun selesai Hari Raya Idul Fitri tahun 2018. Selanjutnya uji coba pembukaan dilaksanakan pada hari selata (28/05/2019). Tidak membutuhkan waktu yang lama, Dusun Semilir langsung di datangi banyak wisatawan.

Rute Jalan Menuju Dusun Semilir

Menuju Dusun Semilir bukanlah suatu hal yang sulit untuk di kununjungi. Lokasi Wisata Dusun Semilir sangat strategis banget, karena berada di samping jalan utama Semarang – Surakarta / Yogyakarta.

Jarak Dusun Semilir tidak jauh dari kota – kota besar yang berada di sekitaranya. Jara dari Kota Semarang berjarah kurang lebih 37 kilometer dengan jarrah tempuh kurang lebih 40 menit. Dari kota Surakarta berjarak 77 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebig 1 jam 15 menit. Waktu tempuh dari Kota Semarang dan Surakarta cenderung cepat karena adanya jalan tol trans Jawa.

Jika Anda dari Kota Yogyakarta waktu tempuhnya kurang lebih 2 – 3 jam dengan jarak kurang lebih 87 kilometer jika Anda lewat Magelang. Waktu tempuh lebih lama karena tidak ada jalan tol di area tersebut.

Harga Tiket Masuk Dusun Semilir

Meski bentuk arsitekturnya unit, Anda tidak perlu menghawatirkan soal harga tiket masuknya. Anda bisa masuk dengan membeli tiket masuk sebesar Rp. 5.000 ribu rupiah saja. Dengan harga segitu, Anda sudah bisa berfoto di spot – spot yang sangat instagramable.

Walaupun Dusun Semilir sudah sering dikunjungi banyak wisatawan. Tetapi ternyata pembangunan tempat wisata ini baru sampai di tahap satu sehingga masih ada beberapa pengerjaan yang belum selesai. Area jelajah pengunjung juga masih terbatas. Anda hanya bisa menjelajah bangunan dengan arsitektur stupa, Jembatan Senggong, Lorodan Pelangi, dan resto Sepoi – sepoi. Tetapi Anda harus menggunakan transaksi cashless.

Jika Anda ingin embeli makanan , Anda harus mendapatkan tiket khusus dengan harga Rp. 50.000 dengan rincian sebesar Rp. 10.000 untuk deposit da Rp. 40.000 untuk saldo. Anda juga bisa menggunakan saldo tersebut untuk membeli makanan.

Sementara itu, tarif parkir di Dusun Semilir adalah sebesar Rp. 2.000 ribu untuk montor dan Rp 5.000 ribu untuk mobil, sedangkan untuk bus dikenakan biaya Rp. 20.000 ribu rupiah. Tarif parkir yang di kenakan dibilang standart dan tidak begitu mahal.

Baca Juga Wisata Sakloka Park

Jam Buka Dusun Semilir

Dusun Semilir Semarang ini buka setiap hari, jam buka di hari senin hingga jumat, buka mulai pukul 10.00 WIB sampai 19.00 WIB. Untuk hari sabtu buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB, sedangkan untuk hari minggu Dusun Semilir buka dari ukul 07.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Merasakan Nuansa Pedesaan

wisata dusun semilir

Objek wisata keluarga ini mencoba memadukan konsep alam pegunungan, nuansa pedesaan, warisan asli Indonesia, kuliner, dan wisata edukasi dalam satu tempat. Anda akan menemukan sebuah kebutuhan untuk berlibur di sini. Dijamin Anda tidak akan menyesal untuk menghabiskan liburan ada ke Dusun Semilir.

Warisan Indonesia

wisata dusun semilir

Memasuki pintu utama Anda bakal melewati pintu pemerikasaan tiket. Ruagan besar ini juga sekaligus merupakan bagian dalam bangunan kubah stupa. Dibagian sebelah kiri pintu masuk, Anda akan nelihat berbagai warisan budaya asli Indonesia. Beragam jenis oleh – oleh batik dan kerajinan tradisional ditawarkan dengan begitu menarik di sebuah took khusus. Anda tidak perlu bingung lagi jika mencari oleh – oleh ketika di Dusun Semilir.

Kubah Mempesona

kubah dusun semilir

Total kubah stupa ini berjumlah lima buah, kubah stupa di Dusu Semilir jadi salah satu daya Tarik utama bagi wisatawan ketika sampai diarea parkir. Di desain menggunakan rangga coklat tua dengan lapisa kaca bening, deretan kubah tersebut menjadi tampak megah tetapi masih terkesan tradisional.

Ditambah lagi teras luarnya di desain menggunakan rangkaian bamboo dan kayu. Kesan uni dan estetisnya jadi semakin terasa. Ini benar – benar unik ketika dilihat langsung.

Camilan Indonesia

Sementara itu di bagian sisi kanan pintu masuk Anda akan menemui beragam makanan khas Semarang dan sejumlah daerah lain yang berada di Indonesia. Anda juga bisa memborong bandeng presto, intip, lanting, aneka kopi, bakpia, gulali, rambut nenek, hingga sampai beragam jenis buah – buahan.

Suasana Hutan Tropis

Mengusung konsep alam dan indah, di antara took warisan Indonesia dan cemilan Indonesia, Anda akan di suguhi uniknya suasana hutan tropis dalam ruangan. Areanya memang tidak begitu luas, tetapi sentuhan ini cukup berhasil menjadikan ruangan kubah stupa ini menjadi tampak hijau dan rindang.

Jembatan Senggol

wisata dusun semilir

Memasuki area belakan, Anda akan mendapati senuah jembatan Panjang dari bamboo, kayu dan jerami. Di tempat ini dinamakan Jembatan Senggol. Terlepas dari Namanya, jalur untuk berjalan di sini cukup luas. Anda bisa melintas dengan leluasa, tanpa perlu berdesak – desakan.

Yang unik dai Jembatan Senggol ini adalah kalian balak menemukan sederet stan jajanan dan pernak Pernik lucu. Semuanya dilengkapi dengan menggunakan atap jerami, membuat suasana tradisional menjadi semakin terasa.

Selain itu ada sederet bangku yang disediakan untuk Anda beristirahat. Anda bisa bersantai disini jika sudah Lelah menjelajah tempat di sekitaran area ini.

Sepoi Sepoi Food Garden

wisata dusun semilir

Di ujung Jembatan Senggol, Anda akan menemukan sebuah resto berkonsep tradisional modern yang diberi nama Sepoi sepoi Food Garden. Sunggu sebutan yang sangat sesuai, karena suasana si sini terasa begitu segar dengan belaian lembutnya angin yang sejuk. Cocok sekai untuk Anda bersantai sejenak sebelum menjelajadi diarea lain di Dusun Semilir.

Seperti resto pada umumnya, disis Anda bisa memesan anake menu makanan dan minuman yang disediakan. Tetapi jika ingin sekedar duduk bersanti sambal menikmati panorama sekeliling juga bole. Harap sedikit bersabar jika Anda belum kebaian tempat, karena kawasan ini umumnya dipadati pengunjung.

Spot Foto Tak Terbatas

wisata dusun semilir

Dengan arsitektur yang begitu spektakuler, Dusun semilir seolah menghadirkan berbagai spot keren yang tidak terbatas. Anda bisa memanfaatkan setiap sudutnya untuk berpose dan berfoto. Hampir di setiap sudutnya terlihat cantik. Benar – benar layak untuk diabadikan.

Suasananya akan menjadi bagus jika Anda dating pada sore hari. Sinar matahari yang akan mulai hilan, membuat atmosfer yang tercipta semakin indah. Dijamin, sepulang dari Dusun Semilir Anda akan mempunyai foto – foto yang keren.

Fasilitas Pengunjung

Baik musala maupun toile sudah tersedia dengan baik di Dusun Semilir. Pengelola juga sudah menyediakan tempat sampah yang tersebar di beberapa sudut ruangan. Oleh karena itu, jangan lupa unuk menjaga kebersihan selama ada di Dusun Semilir. Tidak hanya itu, jalan di jembatan senggol merupakan jalan yang nauk turun, pengelola sudah menyediakan fasilitas kursi rota untuk difabel dan lansia.

Tinggalkan komentar