Keindahan Pesona Eling Bening Semarang

Ketika Anda berfikir untuk berwisata di sekitaran Semarang dan Jawa Tengah umumnya Anda akan terfikirkan wisata budaya. Kalau tidak waisata sejarah, ataupun wisata religus. Misalnya Lawang Sewu, Sam Poo Kong, hingga Masjid Agung Jawa Tengah. Termasuk diantaranya maka Wali ataupun masjid – masjid kuno lainnya.

Sekarang hal seperti itu tidak multlak benar. Ada sedikit perubahan dalam peta pariwisata Semarang. Semarang sudah menyesuaikan diri untuk menyediakan tempat wisata dengan rasa kekinian.

Sebuah wisata yang memiliki fasilita yang dikelola secara modern, untuk menimbulkan kenikmatan berwisata seperti halnya yang diinginkan oleh anak muda. Namun tetap menyatu dengan lingkungan Alam, dengan keinndahannya. Tanpa melakukan kerusakan terhadap alam. Fasilitas wisata ini merupakan wisata Eling Bening di perbukitan Ngrawan.

Eling Bening merupakan sebuah Restoran yang mengusung konsep wisata keluarga. Eling bening menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan pemandangan utama Rawa Pening. Keindahan itu disempurnakan dengan adanya background Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo, yang terlihat berdiri berbari dengan gagah.

Eling Bening dibuka sejak tahun 2015 ini menarik banyak wisatawan dengan keindahan panorama yang dimiliki. Tidak hanya makanan saja, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Eling Bening, mulai dari bermain outbond, trekking, hunting foto, hingga bermain di kolam renang. Dengan berbagai macam fasilitas yang tersedia, Eling Bening kini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Semarang.

Lokasinya yang terletak di dataran tinggi menjadikan udara di Kawasan Eling Bening menjadi sejuk, terutama di pagi dan sore hari. Setiap harinya Eling bening tidak pernah sepi dari wisatawan , terutama kalangan anak muda yang mencari pemandangan alam yang indah sebagai bacjground fotonya.

Lokasi Eling Bening

Eling Bening Ambarawa berada di wilayah Jawa Tengah. Alamat lengkapnnya di Jalan Sarjono, Bawen, Semarang. Beberapa orang ada yang mengatakan lokasi ini berada I perbukitan Ungaran.

Rute Menuju Eling Bening

Bagi wisatawan yang akan berwisata ke Eling Bening dapat menuju ke alamat Jalan Sarjono, Bawen Semarang, Jawa Tengah. Lokasi wisata Eling Bening berjarak kurang lebil 36 kilometer dai pusat Kota Semarang dengan melalui Jalan Semarang – Suarakarta hanya membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit. Sedangkan dari pusat kota Salatiga berjarak 16 kilometer dan membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit melalui Jalan Nasioanal 16.

Tiket Masuk Eling Bening

wisata eling bening

Harga tiket masuk sekiar Rp. 20.000 per orang. Tiket masuk tersebut dapat ditukarkan dengan minuman softdrink.

Selain uang tiket, sebaiknya disiapkan juga uang untuk makan dan minum. Harga makanan di Eling Bening bervarisai dengan kisaran dari Rp. 20.000 hingga paling mahal Rp. 50.000 Harga makanan menyesuaikan dengan makanan dan minuman yang dipesan. Menunya pun beragam seperti berbagai menu western, roti bakar, nasi goreng, tempe mendoan, dan steak daging.

Jam Buka Eling Bening

Mengenai jam buka Eling Bening Ambarawa. Eling bening buka pukul 08.00 – 22.00 saat weekday dan 07.30 – 22.00 Weekend/Holiday.

Fasilitas Di Eling Bening

1. Restaurant

wisata eling bening

Restauran utama di Eling Bening ini punya pemandangan paling indah. Terletak menghadap ke Rawa Pening, dari resto ini tamu yang sedang makan bisa melihat drematisnya perbykitan yang membentang persawahan dengan Rawa Pening sebagai penghujung.

Menu menu utama nusantara menjadi andalan di Eling Bening ini. Berbagai macam menu seperti soup, ayam goreng, ikan bakar, ca sayur, pecel, asem asem, mie lontong, dan masih banyak lagi.

Untuk harga makanan juga tergolong normal, sama seperti di warung makanan di perkotaan. Harganya bersekitar Rp. 20.000 sampau Rp. 50.00 rupiah.

2. Kolam Renang

wisata eling bening

Anda tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan memukau saja. Kolam rengan yang satu ini langsung menghadap pegunungan. Sungguhan lokasi yang tepat untuk menghilangkan penat dan sejenak menjauhkan dari kesibukan sehari – hari.

Berenang di kolam renang luar ruangan bisa menjadi piihan yang tepat untuk merefresh pikiran dan tubuh. Untuk menikmati fasilitas berenang di atas awan ini, Anda dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 20.000 rupiah.

3. Outbond

wisata eling bening

Pada area outbond, dibagi menjadi beberapa tempat. Tempat itu yaitu archery untuk olahraga panahan, hill tarcking area untuk menikmati pemandangan punggung bukit, serta flying fox untuk meluncur dari ketinggian dengan menggunakan sling.

Dilihat dari tipe permainan dan ukuran peralatan yang disediakan, fasilitas outbond di Eling Bening ini tampaknya memang di desain hanya untuk anak – anak. Orang dewasa cukup menjadi penonton dan mengantar saja ke fasilitas outbond ini.

4. Play Ground

wisata eling bening

Di salah satu sudut halaman restoran terdapat halaman terbuka yang berumput hijau. Halaman yang inilah digunakan sebagai area permainan play ground. Fasilitas play ground in bisa dinikmati oleh berbagi usia, baik anak – anak, maupun orang dewasa. Bahkan juga cocok untuk kegiatan gathering organisasi, baik itu perusahaan, Lembaga pemerintahan, maupun sekolah.

5. Garden Resto

wisata eling bening

Selain restoran utama di bawah atap Gedung, Eling Bening juga punya restoran kedua yang berkonsep Garden Resto. Garden Resto ini maksutnya adalah deratan meja meja dan kursi yang diletakkan berserakan di halaman dan taman. Penempatan meja dan kursi ini di desain sedemikian rupa sehingga ketika menimati makanan para pengunjung akan bisa dengan leluasa menikmati keindahan panorama. Suasana makan yang dirasakan di garden resto ini, bagaikan party di acara oernikahan selebritis ibu kota.

6. Taman Bunga

wisata eling bening

Pada beberapa bagian halaman Eling Bening juga dihiasi dengan taman bunga yang cantik. Taman bunga di Eling Bening memang tidak luas, apalagi jika dibandingkan dengan taman bunga matahari di tempat lain. Namun demikian bukan berarti kalah indah.

Taman dibuat berbentuk petak petak kecil. Di setiap petak ditanami dengan bunga sejenis. Bunga dikelompokan berdasarkan warna. Ada kelompok warna biru, warna kuning, warna putih dan juga kelompok warna maerah.

Satu hal yang pasti, keindahan taman bunga ini didukung oleh tempatnya. Walaupun taman bunga ini relative kecil, tapi didukung dengan latar belakang pemandangan Rawa Pening dan jajaran pegunungan yang demikian luas, taman bunga ini serasa taman bunga nurwana di atas awan.

7. Menikmati Sunset

wisata eling bening

Sembari menikmati sejuknya angin di sore hari, secara perlahan sinar matahari mulai redup. Seja di Eling Bening sungguh eksotis, semburat warna ungu kehitam hitaman terlihat jelas ketika sang surya berangkat menuju peraduan. Pada beberapa sudut pelantaran tempat duduk, sengaja tak dipasang lampu penerangan. Hal ini membuat suasana menjadi syahdu dan roamtis.

8. Spot Selfie

wisata eling bening

Seperti umumnya trend perkembangan tempat wisata, salah satu hal terpenting yang harus dimiliki tempat wisata adalah loadi berfoto yang Instagrameble. Tempat untuk megambil foto cantik dengan foto pose maupun foto selfie.

Dari segi ini, Eling Bening bisa membanggakan diri. Seandainya harus diberikan nilai, angka 8 atau 9 bukan angka yang berlebikan untuk menggambarkan kualitas tempat berfoto. Ada banyak pilihan lokasi foto yang indah, baik itu dengan latar belakang panorama alam yang sulas ataupun dengan lata bangunan yang memang di desain dengan sangat cantik. Pengunjung dapat juga berfoto dengan latar belakang taman bunga.

Sangat banyak pilihan di tempat ini. Bahkan pengelola sengaja menambah fasilitas berfoto, dengan membuat wahana perahu yang dipasang menjorok ketebing. Katika berfoto diatas perahu ini, efek yang ditimbulkan adalah berperahu diatas awan.

Baca juga Wisata Saloka Park

Tinggalkan komentar