Kalau mendengar daerah Tegal , kita pasti langsung teringat dengan warteg atau warung Tegal. Tak hanya warteg yang menjadi ciri khas  ,  Kabupaten yang kaya akan hasil agraris ini  juga memiliki banyak tempat wisata dan kuliner yang unik .

Ada banyak kuliner yang bisa dicoba saat berkunjung di Kota Tegal . Kuliner khas Tegal ada yang berbentuk camilan , makanan berat sampai oleh-oleh yang bisa . Berikut ini 11 Kuliner khas Tegal yang bisa anda coba.

Kuliner  Legendaris Tegal  

 

Soto Tauco Khas Tegal           

soto tauco

Soto yang ada di kota Tegal berbeda dengan soto yang ada di daerah lain . Soto Tauco memiliki ciri khas yaitu tauconya , Tauco terbuat dari gula merah, garam dan kedelai lalu difermentasi.

Daging yang digunakan adalah daging ayam , sapi dan jeroan . Soto Tauco terdiri dari nasi , taoge, daun bawang  , bawang  goreng dan daging , kemudian disiram kuah santan yang kental  dan ditambahkan dengan tauco . Aroma tauco yang khas dan kuah menambah rasa gurih pada kuliner satu ini

 

Tahu Aci Khas Tegal

tahu aci

Tahu aci merupakan  tahu khas daerah Slawi, Kabupaten Tegal. Tahu aci dibuat  dari tahu kuning yang dibelah menjadi dua dan di isi aci . Aci adalah adonan yang terdiri dari tepung kanji , potongan daun bawang dan bumbu.

Tahu aci biasanya dijadikan camilan sebagai teman minum teh atau kopi . Anda juga bisa membeli tahu aci yang mentah atau matang sebagai oleh-oleh.

 

Olos Khas Tegal

kuliner olos tegal

Olos adalah jajanan yang terbuat dari aci , kol , tepung terigu ,cabai rawit dan bumbu yang digoreng . Olos berisi sayuran dan cabai tiap bulatannya .  Namun , kini olos sudah memiliki banyak variasi isian seperti ayam , sosis ,  bakso  , telur , daging sapi  hingga keju .

Jajanan khas Tegal ini digemari oleh para remaja karena rasa pedasnya yang menggigit.Olos bisa anda beli sebagai oleh-oleh untuk keluarga . Jajanan ini dapat anda temukan dengan mudah di pinggir jalan hingga sekolahan sepanjang Kabupaten Tegal.

Kupat Blengong Khas Tegal

kupat glabed

Kupat Blengong merupakan olahan ketupat yang ada di Tegal. Blengong adalah sejenis unggas persilangan antara itik betina dan entok jantan , yang dikenal juga dengan sebutan mentok.

Kupat Blengong terdiri dari perpaduan ketupat dengan daging sate mentok yang empuk dan disiram kuah kental. Kupat Blengong sudah menjadi kuliner khas Tegal dari 50 tahun silam. Kupat Blengong biasa dijajakan memakai gerobak khas berwarna hijau dan biru dengan meja lesehan.

Sate Tegal Khas Tegal

sate tegal

Sate Tegal adalah sate yang terdiri dari daging kambing atau domba yang ditusuk dengan tusukan bambu . Sate Tegal di kombinasikan dengan lemak, hati atau ginjal  .

Sate Tegal dimasak dengan cara dibakar tanpa dicelup kecap manis seperti sate kambing . Sate Tega biasanya disajikan  bersama bumbu kecam atau kacang . Rasa daging yang gurih dan empuk  berpadu dengan manisnya bumbu kacang akan menggoyang lidah anda.

Kupat Glabed Khas Tegal

kupat blengong

Kupat Glabed adalah olahan berupa  ketupat sayur lengkap dengan kuahnya yang berwarna kuning dan kental yang mirip dengan kuah opor . Nama Glabed yang memiliki arti  kuah yang kental dan keruh.

Kupat Glabed terdiri dari potongan ketupat, tempe goreng, suwiran ayam , sayuran, dan disiram kuah santan kental berwarna kuning yang kental . Kupat Glabed biasa ditaburi bawang goreng dan remukan kerupuk mi kuning.

Rasa gurih dan pedas akan menggoyang lidah anda saat menyantap Kupat Glabed. Kupat Glabed biasa dijual di gerobak atau warung lesehan kaki lima.

Nasi Ponggol Khas Tegal

nasi ponggol

bagi orang Tegal , Nasi Ponggol identik sebagai menu saat sarapan. Nasi ponggol berupa nasi dengan lauk sambal goreng tempe yang dibungkus menggunakan  daun pisang. Ponggol sendiri menurut masyarakat asli Tegal artinya adalah wadah yan g terbuat dari daun dan pucuknya dikunci dengan dua lidi dibagian kanan dan kiri.Nasi Ponggol sangat cocok  dinikmati saat kondisi masih  hangat.

Rasa sambal goreng tempe yang manis, gurih, dan pedas menambah nikmat rasa nasi putih yang pulen. Selain dengan lauk sambal goreng tempe, Nasi Ponggol Setan juga bisa disantap dengan sayuran seperti urap atau masakan lain seperti tumis labu siam, tumis kangkung, ataupun bihun goreng.

Glotak Khas Tegal

klotak tegal

Glotak adalah kuliner khas Tegal yang dibuat  dari olahan tempe gembus dengan tulang ayam atau sapi. Makanan ini dinamakan glotak karena pada waktu  proses pengolahannya menghasilkan suara “glotak-glotak” saat tulang beradu dengan wajan .

Glotak memiliki cita rasa manis ,pedas dan gurih,. Tempe gembus yang dihaluskan dan dicampurkan dengan bumbu dan kaldu beserta tulangnya. Gembus kemudian di masak hingga mengental. Glotak biasa dinikmati bersama  kerupuk antor.

Glotak memang tampak cukup sederhana, tapi rasanya jangan ditanya.  Saat berkunjung ke Tegal, Anda harus menyempatkan waktu berburu masakan ini supaya lengkap liburan anda.

 

 

 

Kerupuk Antor Khas Tegal

krupuk antor

Kuliner khas Tegal yang satu ini bernama  Kerupuk antor. Kerupuk Antor dibuat dari dari singkong yang digoreng menggunakan pasir. Kerupuk ini memiliki warna warna putih kecokelatan yang berasal dari bumbu setelah kerupuk digoreng. Kerupuk ini memiliki cita rasa gurih dengan bawang putih yang cukup kuat.

Kerupuk antor memang tidak terkenal seperti tahu aci , tahu aci yang terbuat dari bahan dasar tahu dan tepung kanji sudah lebih dahulu terkenal sebagai salah satu ikon kuliner Kota Tegal . Namun sebagai kota pesisir, makanan ringan kerupuk tak bisa diabaikan. Kerupuk menjadi bagian tak terpisahkan bagi masyarakat pesisir.Kerupuk Antor biasanya menjadi menjadi camilan saat menyantap kuliner Glotak.

Kacang Bogares Khas Tegal

kacang bogares

Kuliner khas Tegal yang populer lainnya adalah Kacang bogares. Kacang ini merupakan produk yang berasal dari desa Bogares, Kabupaten Tegal. Sebagian besar warga desa Bogares memang dikenal sebagai penghasil kacang dan produk olahannya.

Kacang dari Bogares memiliki rasa gurih, manis, dengan aroma yang harum. Dalam pengolahannya, kacang bogares direndam dalam air bumbu semalaman,  kemudian di jemur, dan kemudian disanggrai dengan pasir selama sekitar 20 sampai 30 menit.

Rujak Teplak Khas Tegal

rujak teplak kuliner tegal

Kuliner yang satu ini bisa anda temukan di daerah Slawi , Kabupaten Tegal  . Rujak Teplak terdiri dari  berbagai jenis sayur seperti kangkung, daun ubi, daun pepaya, daun singkong, kecambah, pare, timun, dan lainnya.

Rujak Teplak memang lebih mirip dengan pecel. Yang membedakan Rujak Teplak dengan pecel biasa adalah sambalnya yang terbuat dari singkong yang dihaluskan , kemudian dicampur dengan bumbu yang dilarutkan dengan air , sambal ini bernama sambal gaul .

Rujak Teplak juga bisa anda temukan di daerah Desa Guci Tegal .  Rujak Teplak biasanya disajikan dengan cara dibungkus daun pisang kemudian di pincuk ata di takar sesuai selera , diletakan sayuran dan disiram dengan sambal gaul .

Obyek Wisata Guci Tegal

itulah 11 Kuliner Khas Tegal yang bisa anda cicipi saat berkunjung ke Kota Tegal.

Bagikan:

Emanuel Suryajaya

Hus Jangan Liat , Hayuk Liburan ajah .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.