Bagi kamu yang suka ke luar kota dan suka pergi ke berbagai tempat wisata serta sajian kuliner di berbagai daerah, kamu bisa mengunjungi Kota Purwodadi. Ibukota kabupaten Grobogan ini berlokasikan tepat di bagian pusat Jawa Tengah, Terletak di jalur lalu lintas Semarang – Surabaya.

Di Kota Purwodadi banyak yang menawarkan kuliner khas yang wajib kamu coba. Sembari beristirahat, tidak ada salahnya untuk coba makanan khas Kabupaten Grobogan ini yang pastinya akan membuat kamu betah untuk tinggal.

Purwodadi dikenal sebagai kota dengan berbagai sajian kulinernya. Jika kamu berkunjung, jangan lupa membawa beberapa buah tangan khas Purwodadi yang didominasi dengan makanan khas yang lezat. Lalu apa sajakah kuliner khas yang wajib kamu coba? Cek daftarnya di bawah ini.

1. Ayam Pencok

cookpad.com

Olahan daging ayam sering kita temukan di penjuru nusantara, namun beda lagi dengan Ayam pencok khas Purwodadi. Kuliner khas Grobogan ini sering juga disebut dengan Ayam Panggang Bledug, karena dulu dibuat dengan tujuan untuk sesaji Mbah Bledug yang berada di kawasan objek wisata Bledug Kuwu.

Cara pembuatannya sendiri sangat unik. Yaitu, ayam kampung yang sudah disembelih dibersihkan, kemudian dipanggang di atas api. Api dengan ayam diberi jarak sekitar 25 – 30 cm dan dipanggang dalam waktu mencapai 3 jam.

Proses pemanggangan ayam harus dijaga agar api tidak terlalu besar dan saat memanggang tidak dikipasi. Proses inilah yang membuat daging ayam matang sempurna. Kenapa disebut ayam pencok? Karena ayam panggang ini biasa dimakan bersama Sambal Pencok. Sambal Pencok terbuat dari kelapa muda yang diparut, terasi, cabai, kencur, dan bawang. Rasa sambal pencok inilah yang menjadi pembeda dengan ayam sambal lainnya.

Untuk menjaga agar sambal pencok tahan lama, maka perpaduan bahan tersebut dikukus terlebih dulu hingga matang. Setelah matang, ayam pencok atau ayam panggang bledug pun siap dihidangkan. 

Rasa yang unik dan bumbu sedap yang khas seakan tidak sepadan dengan tampilan sederhananya. Harganya sendiri sekitar Rp35.000-Rp45.000 ribuan saja, Terjangkau bukan?

2. Sayur Becek

Jika ke Purbalingga jangan sampai kamu melewatkan jenis kuliner satu ini. Karena sayur becek hanya ditemukan di Kota Purwodadi saja. Becek yang berarti berair kerap mengundang rasa penasaran wisatawan yang mampir di Purwodadi. 

Rasa kuah becek ini memberikan cita rasa gurih, segar, pedas dan unik di lidah yang tercampur dengan sempurna. Semua rasa tersebut muncul dari bahan iga sapi dan kerbau yang dicampur dengan bawang putih, bawang merah, cabai, dan ketumbar. Salah satu hal yang membuatnya khas adalah Sayur becek ini biasa dihidangkan langsung dengan nasi. 

Sekilas, hidangan ini mirip dengan soto atau kari. Karena kuah sayur becek berwarna keruh dengan aroma rempah yang berisi potongan daging, sumsum sapi, dan tulang iga. 

Proses pembuatan sayur becek ini cukup mudah. Pertama bumbu yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, dan cabai ditumbuk menjadi satu. Bumbu yang sudah ditumbuk kemudian dimasukkan ke dalam rebusan tulang iga. Dan daging yang dipakai pun harus direbus lama sehingga mendapat tekstur yang empuk.

Untuk menyempurnakan aromanya, rebusan tulang dan bumbu dicampur dengan daun dayakan dan daun kedondong. Penambahan daun dayakan dan kedondong inilah yang membuat sayur becek memiliki kombinasi rasa unik dengan asam kecut yang segar. Sayur becek ini biasanya disajikan bersama sepiring nasi putih hangat, kering tempe, dan kacang tolo sebagai lalapan.

Harga disini sangat terjangkau kamu cukup membayar mulai dari 25 ribu rupiah per porsinya.

3. Nasi Pager Godong

Nasi pager merupakan kuliner khas kabupaten Grobogan tepatnya di kecamatan Godong. Masyarakat setempat biasa menjadikannya sebagai menu sarapan pagi. Nasi pager dikatakan sama dengan urap sayur seperti daerah lain. Bedanya adalah tambahan bumbu pecel dan serundeng, yang membuat perpaduan cita rasa yang unik dan berbeda. Masakan ini biasanya dihidangkan dengan mendoan, bakwan, peyek, tahu bacem, dan teh hangat. 

Nasi pager disajikan dengan dipincuk daun pisang yang sederhana. Satu porsi kuliner ini akan disajikan dengan berbagai lauk. Jika menurut cerita sekitar, nasi pager ini sudah ada sejak 70 tahun lalu dimana komponennya menggunakan sayuran.

Kenapa disebut dengan Nasi Pager? Karena bahan pelengkap dari makanan ini adalah sayuran yang biasanya ditanam di pekarangan rumah, dan juga berfungsi sebagai pagar.

4. Nasi Jagung

Dikenal juga dengan nama sego jagung, kuliner ini merupakan salah satu makanan pokok warga sekitar. Seperti namanya, masakan ini menggunakan tepung jagung yang dikukus sebagai ganti nasi. Karbohidrat pada jagung dapat menjadikannya layak sebagai pengganti nasi, bahkan rasanya pun tidak kalah enak.

Sebagai salah satu daerah produsen jagung terbesar di Jawa Tengah, Kabupaten Grobogan terus menciptakan perubahan atau pembaruan berbagai makanan olahan dari hasil produk pertanian lokal tersebut.

Di pasar, olahan makanan jagung banyak dijumpai, seperti emping, marning, hingga dodol. Pilihan kuliner lain yang patut dicoba wisatawan saat berkunjung ke kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah adalah nasi jagung.

Selain komponen bahan utama yang unik, nasi jagung yang lembut dan gurih ini akan dipadukan dengan lauk pauk yang berbagai macam. Mulai dari sayuran seperti daun talas, lauk lengkap seperti daging sapi, gorengan, ayam goreng atau telur balado. Menu sarapan ini akan membuat perut kenyang. Harga nasi jagung ini sangat terjangkau yakni hanya Rp7.000-an saja.

5. Garang Asem

Bingung cari menu enak di Purwodadi? Coba deh datang ke Rumah Makan Raharjo. Dan kamu wajib memesan garang asem karena salah satu makanan khas Purwodadi yang jadi andalan di rumah makan ini. 

Garang asem merupakan kuliner terkenal Purwodadi yang berbahan utama daging ayam kampung. Bumbu yang digunakan untuk membuat garang asem yaitu tomat sayur, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan cabai merah yang diiris tipis.

Selanjutnya, diperlukan juga bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, lengkuas, garam, dan gula. Bumbu halus ini kemudian dicampur dengan asam jawa, air, dan sedikit santan. Cara memasak makanan khas Purwodadi ini sangat mudah, tetapi butuh keterampilan dan ketelatenan dalam membungkusnya.

Potongan ayam ditempatkan di atas daun pisang, lalu tambahkan bumbu-bumbu dan kuah serta daun kedondong, kemudian dibungkus dengan cara khusus, lalu digarang (dikukus). Selain jadi makanan khas Purwodadi, garang asem juga dikenal sebagai makanan khas Solo dan Kudus.

Bedanya, rasa asam pada garang asem Purwodadi bukan berasal dari belimbing wuluh tetapi dari daun kedondong muda. Inilah rahasia kenapa garang asem Purwodadi rasanya benar-benar bkin nagih!

6. Yangko

Jajanan ini sudah populer di berbagai kota lainnya tetapi Purwodadi juga mempunyai jajanan khas ini yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Jajanan yangko terbuat dari ketan yang dibaluri dengan tepung terigu sangrai.

Beberapa orang mungkin keliru dalam membedakan wingko dan yangko. Secara fisik saja sudah terlihat sebenarnya kedua jenis makanan ini berbeda. Bahan dasarnya pun yangko juga terbuat dari gula dan tepung ketan, tetapi tidak ada tambahan kelapanya.

Bentuk yangko dibuat lonjong memanjang dan teksturnya cenderung kenyal, mirip kue mochi. Isiannya sendiri berupa gula merah dan kacang sehingga dijamin kamu pasti menyukai perpaduan rasa legit dan manis nya.

Cemilan satu ini sangat digemari, namun produksinya masih terbatas. Kamu bisa menemukan yangko di beberapa pasar tradisional Purwodadi dengan harga yang relatif terjangkau.

Baca juga: 11 Kuliner Khas Purbalingga dan Yang WAJIB Dicoba

7. Kue Semprong

Kue semprong termasuk kue kering yang sering dijadikan sebagai camilan, dan sudah terkenal di beberapa wilayah Indonesia. Purwodadi Kabupaten Grobogan juga mempunyai produk kue semprong yang khas.

Kue semprong sangat terkenal di daerah Jawa Tengah termasuk Kota Purwodadi. Teksturnya yang renyah dengan rasa gurih dan aroma harum membuat orang tidak bosan untuk mencicipi kue ini. Rasa manisnya juga sangat pas tidak terlalu kemanisan, sehingga sangat cocok disantap ketika sedang bersantai.

Dilihat sekilas kue semprong ini mirip dengan egg roll. Sama-sama gurih, renyah, manis, dan bentuknya pun mirip. Tetapi begitu kamu mencicipi, kamu pasti bisa langsung membedakannya. Harga kue semprong ini sangat terjangkau, tidak akan menguras kantong kamu jika ingin membelinya sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman dirumah.

8. Emping Jagung

Purwodadi mempunyai banyak makanan khas yang terbuat dari jagung karena pertumbuhan jagung di tanah Purwodadi sangat baik sehingga bisa diolah menjadi makanan pokok ataupun cemilan seperti emping jagung.

Camilan emping ini mengenyangkan karena terbuat dari jagung asli yang ditumbuk sampai berbentuk pipih. Camilan khas Purwodadi ini sangat populer dan banyak dicari oleh para wisatawan. Emping jagung memiliki rasa gurih dan manis tapi sekarang varian rasanya beraneka macam jadi kalian bisa memilih sesuka hati masing-masing.

Di Purwodadi ada daerah yang terkenal dengan sentra pembuatan emping jagung yaitu Kecamatan Wirosari, Dusun Jatitengah, Desa Tembakselo, jadi jika kalian mampir ke daerah tersebut akan menemukan emping jagung dengan berbagai macam varian rasa.

9. Marning Jagung

Sudah menjadi informasi umum bahwa Purwodadi merupakan daerah penghasil jagung terbesar di nusantara. Terdapat olahan jagung yang juga cukup populer di daerah Purwodadi, yaitu marning jagung. Camilan satu ini memiliki cara pembuatan yang mudah. Hanya dengan menjemur lalu menyangrai dan diberi bumbu.

Setelah mencicipi cemilan ini, dapat dipastikan kamu akan ketagihan. Selain warga lokal, para wisatawan juga sering mencari camilan ini untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Terdapat dua varian yaitu rasa original yang gurih dan rasa pedas. 

Apakah kamu berminat membeli camilan renyah ini? Jika berminat kamu bisa menemukannya di Dusun Jatitengah Tamanbakselo dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp11.000 saja. Marning jagung juga termasuk oleh-oleh yang bisa kamu temui di berbagai supermarket Kota Purwodadi dengan mudah. Camilan ini sangat cocok untuk menemani waktu santai.

10. Sale Pisang

Pisang dapat dinikmati dalam berbagai bentuk. Olahan yang memiliki rasa khas berbeda ini selalu bisa memuaskan lidah kita. Salah satu olahan buah pisang yang favorit bagi masyarakat adalah sale pisang.

Sale pisang memiliki bentuk yang sangat panjang dan pipih lebar. Rasanya yang sangat manis dan renyah, membuat siapapun akan ketagihan. Terkadang ada juga sale pisang yang diberi topping bubuk cokelat atau pun parutan keju, hingga membuat rasanya semakin nikmat.

Pembuatannya sama dengan pembuatan sale pada umumnya, pertama  pisang dijemur terlebih dahulu baru kita digoreng atau dioven. Ada dua varian yang ditawarkan sale pisang yaitu kering dan juga basah. Keduanya sama-sama enak sekali dan menjadi camilan yang  menjadi favorit banyak orang.

Sebab pisang yang sudah dijemur akan berkurang kadar airnya dan tekstur sale akan menjadi lebih kenyal dan manisnya juga semakin legit. Inilah yang membuat sale pisang semakin mantap saat digoreng. Kamu akan menemukan berbagai macam varian sale pisang saat mengunjungi toko oleh-oleh di daerah Purwodadi.

11. Wedang Blung

Di Kabupaten Grobogan, ada minuman tradisional yang bernama wedang blung. Wedang Blung ini termasuk minuman tradisional yang kaya akan rempah-rempah. Minuman ini dikenal masyarakat Desa Kronggen, Kecamatan Brati. Wedang adalah istilah dalam bahasa jawa yang berarti ‘‘minuman panas’’.

Wedang ini sudah dikenal oleh seluruh kalangan. Mulai dari warga biasa hingga pejabat di Kabupaten Grobogan. Sebagian besar warga di Desa Kronggen ini memanfaatkan bahan-bahan di sekitaran rumah untuk membuat wedang blung.

Rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan wedang blung ini antara lain, jahe, merica, daun serai , daun pandan, gula merah, gula pasir dan kelapa. Kemudian rempah-rempah itu dicampur dalam satu kuali dan dimasak di atas perapian. Setelah itu, disaring dan diminum selagi hangat. Untuk rasa, wedang blung saat dikonsumsi sedikit pedas. Tetapi warga percaya minuman ini bisa menangkal virus. 

Demikianlah rekomendasi makanan khas purwodadi, semoga wisata kamu sekeluarga menyenangkan ya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.