Tidak hanya dikenal dengan kawasan industrinya, Kota Semarang juga punya sejumlah aneka makanan atau oleh oleh khas Semarang yang menggugah selera.

Selain lumpia, masih ada banyak oleh oleh khas Semarang yang beraneka macam, yang tak kalah enak dan harus dicoba oleh kamu semua saat berkunjung ke daerah ini.

Oleh Oleh Khas Semarang

Nah, penasaran kan apa saja oleh – oleh khas Semarang lainnya? Tenang saja, karena pada artikel kali ini dosen wisata akan membahas satu per satu. Lets Go !

1. Lumpia

Oleh Oleh Khas Semarang lumpia
Lumpia
  • Nama oleh – oleh : Lumpia
  • Harga : Rp 11.000 sampai Rp 13.000 per biji

Dikenal dengan kota lumpia, kamu sudah tahu kan apa nama oleh oleh khas Semarang pertama yang wajib kamu coba?

Yap, Lumpia atau Lunpia adalah makanan paling wajib buat kamu coba. Mengapa? karena kudapan enak berupa cemilan ringan ini komposisi teksturnya sangat renyah dan kandungan gizinya juga cukup tinggi jadi akan banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Menurut penjelasan dari Wikipedia, Lumpia adalah lembaran tipis berbahan dasar tepung gandum yang dijadikan sebagai pembungkus isian seperti daging, sayuran segar, telur atau makanan laut.

Selain cocok untuk dijadikan cemilan setiap saat baik pagi, siang ataupun malam hari, jajanan tradisional ini juga awet dan tahan lama sehingga cocok buat dijadikan oleh oleh untuk teman, kerabat, ataupun keluarga di rumah.

Dan Lumpia Toko Oen yang berada di Jln.Pemuda Nomor 52, Bangunharjo adalah tempat paling terkenal di Semarang. Soalnya harga Lumpia di sini bisa dibilang cukup murah yaitu hanya berkisar Rp 11.000 sampai Rp 13.000 per bijinya.

2. Bandeng Presto

Oleh Oleh Khas Semarang bandeng presto
Bandeng Presto
  • Nama oleh – oleh : Bandeng Presto
  • Harga : Rp 57.000 sampai Rp 106.000 per kg

Bandeng Presto juga merupakan salah satu kuliner terbaik sekaligus menjadi oleh oleh khas di Kota Semarang yang wajib buat dicicipi oleh kamu semua.

Penganan ini terbuat dari ikan bandeng yang diolah dengan cara dipresto yang tujuannya untuk melunakkan serta menghilangkan duri dari ikannya.

Presto adalah salah satu teknik memasak dengan cara menggunakan tekanan uap air tinggi di mana panci akan ditutup rapat sehingga airnya tidak meluap ketika sedang dimasak.

Untuk berburu kuliner atau oleh oleh khas Semarang ini, kamu cukup datang saja ke Bandeng Bonafide, yang alamatnya berada di Jalan Pandanaran Nomor 53, Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Jawa Tengah. Soal harga, Bandeng Presto biasanya dipatok mulai dari Rp 57.000 sampai Rp 106.000 per kg, tergantung jenisnya.

3. Wingko Babat

Oleh Oleh Khas Semarang wingko babat
Wisata Semarang
  • Nama oleh – oleh : Wingko Babat
  • Harga : mulai Rp 2.400 sampai Rp 3.200 per biji dan Rp 26.500 sampai Rp 39.000 per dus

Oleh oleh khas Semarang berikutnya adalah Wingko Babat. Wingko Babat merupakan sejenis kue berbahan dasar kelapa muda, tepung ketan serta gula. Ciri dari wingko tersebut berbentuk bundar dan bungkusnya biasanya menggunakan kertas.

Menurut asal-usul, wingko adalah penganan asli dari Babat yakni salah satu desa di Kabupaten Lamongan Jawa Timur, namun dikembangkan dan lebih terkenal di Kota Semarang.

Dan Wingko Babat merek Cap Kereta Api adalah salah satu merek paling banyak diburu baik itu masyarakat lokal maupun wisatawan dari luar kota.

Lokasi untuk berburu Wingko Babat merek Cap Kereta Api ini berada di Jalan Cendrawasih Nomor 14, Semarang. Soal harganya, biasanya dibanderol mulai Rp 2.400 sampai Rp 3.200 per biji dan Rp 26.500 sampai Rp 39.000 per dus.

4. Roti Ganjal Rel

Roti Ganjal Rel
Roti Ganjal Rel
  • Nama oleh – oleh : Roti Ganjal Rel
  • Harga : Rp 20.000 per kotak

Oleh oleh khas Semarang berikutnya adalah Roti Ganjal Rel. Mendengar dari namanya, mungkin kamu akan tertawa. Namun setelah mencicipinya, mungkin bisa menjadi ketagihan.

Dinamakan demikian karena bentuknya yang memang sangat mirip dengan bantalan rel kereta api. Dan jika kita lihat dari gambar ataupun fotonya, ciri dari kudapan tersebut juga terlihat seperti roti gambang, padat serta agak keras dan tidak mudah putus.

Menurut sejarah, roti ini merupakan peninggalan zaman Hindia Belanda tempo dulu. Kudapan tersebut biasanya disajikan saat acara pawai sebelum memasuki bulan Ramadan tiba.

Meskipun sudah langka dan hampir punah, tetapi Roti Ganjal Rel ini masih bisa kita jumpai di toko oleh oleh khas Semarang. Mengenai harga, hanya Rp 20.000 per kotaknya.

5. Oleh oleh khas Semarang : Torakur

Torakur
Torakur
  • Nama oleh – oleh : Torakur
  • Harga : Rp 17.000 sampai Rp 35.000 per kemasan

Oleh oleh khas Semarang berikutnya adalah  Torakur. Nah, jika kamu bertandang atau mampir ke Bandungan, Semarang maka jangan sampai lupa apalagi terlewatkan untuk mencicipi kuliner bernama Torakur(Tomat rasa kurma) ya.

Torakur adalah sejenis manisan yang komposisi atau bahan utamanya terbuat dari tomat kemudian diawetkan dengan menggunakan gula dan memiliki hasil menyerupai kurma.

Jika ingin mendapatkan Torakur ini, outlet Bu Ngesti  di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 51, KM 1,7, Bandungan, Semarang adalah spot paling pas buat dituju untuk oleh oleh ini. Untuk harga Torakur di sini dijual sekitar Rp 17.000 sampai Rp 35.000 per kemasannya.

6. Tahu Pong

Tahu Pong
Tahu Pong
  • Nama oleh – oleh : Tahu Pong
  • Harga : sekitar Rp 16.000

Oleh oleh khas Semarang berikutnya adalah Tahu Pong. Dinamakan Tahu Pong karena tahu ini di dalamnya kopong atau tidak ada isinya. Namun agar cita rasanya semakin nikmat, kuliner tersebut biasanya ditambahkan gimbal udang dan cabai rawit sebagai pelengkapnya.

Rasanya yang gurih dan empuk membuat oleh oleh khas Semarang ini banyak diminati, terutama dari kalangan wisatawan. Dan penganan tersebut paling nikmat jika ditemani dengan minuman minuman yang segar.

Dan tempat yang paling legendaris serta sudah sangat terkenal untuk berburu oleh oleh adalah Tahu Pong Karangsaru yang berada di Jalan Pringgading Raya Nomor 11D, Semarang. Soal harganya di sini dijual hanya sekitar Rp.16.000 saja.

7. Kue Moaci

kue mochi
Kue Moaci
  • Nama oleh – oleh : Kue Moaci
  • Harga : sekitar Rp 18.000 per kemasan

Kue Moaci atau Mochi merupakan kue khas Semarang dengan bentuk bulat berbahan dasar tepung ketan untuk luarannya dan ada gula karamelnya yang bercampur kacang sebagai isi kuenya.

Tepung ketan yang terkenal lengket, membuat jajanan ini dilapisi dengan bubuk tepung serta diberi alas dari kertas roti.

Karena bentuknya yang bulat, bisa membuat Agan dan Sista salah mengira, bisa-bisa menyebutnya dengan Mochi Jepang atau onde-onde ataupun klepon. Namun karena biasanya Kue Moaci dijual dengan kemasan terdapat label nama makanan tersebut pada kemasannya.

Dari dulu hingga kini Kue Moaci mulai berkembang dengan adanya berbagai pilihan warna mulai dari warna putih yang original, merah, kuning, hijau, hingga cokelat seperti onde-onde.

Tidak hanya warna, karena isiannya yang juga telah berkembang seperti rasa original dengan isian kacang dan gula, durian, stroberi, cokelat, hingga pandan. Ada juga Kue Moaci yang ada tambahan wijennya di sekelilingnya agar memiliki rasa lebih beragam.

Kue Moaci yang populer adalah Kue Moaci gemini yang terletak di Jalan Kentangan Barat 101, Semarang. Harga satu kemasan mini dengan isi 4 moaci mini, cukup dengan membayar tiga ribu rupiah (Rp 3.000) saja.

Sedangkan kemasan besar isi 10 moaci besar harganya mulai dari delapan belas ribu rupiah (Rp 18.000). Namun karena dibuat dengan bahan alami tanpa satupun pengawet kimia, jadinya kue ini hanya bertahan 1 minggu.

8. Oleh oleh khas Semarang : Tumpi

Tumpi
Tumpi
  • Nama oleh – oleh : Tumpi
  • Harga : sekitar Rp 11.000

Oleh oleh khas Semarang berikutnya adalah Tumpi. Bagi kamu yang sedang mencari oleh oleh makanan kering khas Semarang, Tumpi adalah pilihan paling tepat untuk diburu.

Tumpi ini adalah sejenis peyek dengan topping kacang hijau dan memiliki rasa gurih, renyah, juga lezat. Cemilan ini awet dan bisa bertahan lama meski tidak menggunakan bahan pengawet.

Soal harga hanya dengan bujet Rp.11.000, kita sudah bisa mendapatkan satu bungkus Tumpi di pusat oleh-oleh ataupun toko online di sekitar daerah Karangbolo, Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Demikian, info mengenai 8 oleh oleh khas Semarang untuk keluarga maupun kerabat dekat di rumah. Terima kasih kepada kamu yang sudah mengulangkan waktunya untuk membaca. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Dosen Wisata

Portal informasi wisata Lengkap, Update dan Kekinian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.