Berbicara masalah Kota Magelang, yang terlintas di pikiran saat pertama kali memgingat kota itu adalah ke eksotisan dan kemegahan Candi Borobudur yang berada di Magelang. Julukan Kota Magelang sebgai kota sejuta bunga menjadi daya pikat bagi para wisatawan.

Kota ini tak selalu menawarkan tentang wisata nya yang memanjakan mata, namun lebih dari itu magelang memiliki olahan kuliner khas yang patut teman-teman coba dan bawa pulang saat berkunjung ke Kota Magelang ini, berbagai macam buah tangan dengan harga terjangkau siap di bawa pulang.

Untuk itu di sini akan di bahas berbagai oleh-oleh Khas Kota Magelang yang patut wisatawan bawa pulang saat berwisata ke Kota Sejuta Bunga ini.

 

Daftar Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Magelang yang paling Populer

 

1. Gethuk Trio

Ibarat kata oleh-oleh ini menjadi buruan wajib para wisatawan saat berkunjung ke Kota Magelang ini. Getuk Trio merupakan oleh-oleh khas Magelang yang patut untuk anda bawa pulang, rasanya yang enak dan dan tentu nya banyak di minati oleh banyak orang.

gethuk trio

Getuk khas Magelang ini menawarkan perpaduan rasa yang unik, Perpaduan dari rasa gula yang manis serta di padukan dengan siraman santan yang akan semakin membuat anda merasa ketagihan dan ingin mencoba nya terus menerus.

Getuk Trio di buat dengan bahan dasar singkong yang dalam proses pembentukan nya memiliki tiga lapisan berwarna coklat, putih, dan juga merah muda. Makanan ini mampu bertahan lama dan sangat cocok untuk anda bawa pulang dan jadikan oleh-oleh. Anda dapat menemukan getuk trio di pusat oleh-oleh yang tersebar di Magelang dengan harga satu box berkisar 11-14 ribu saja.

 

2. Tape Ketan

Oleh-oleh kedua saat anda berkunjung ke kota Magelang yang patut untuk anda bawa pulang adalah Tape Ketan. Buah tangan yang satu ini sangatlah khas Kota Magelang yang tidak bisa anda temui di kota manapun dengan memiliki ciri khas yang berbeda dari Tape Ketan yang lain.

tape ketan magelang

Perbedaan yang bisa anda lihat dan paling mencolok dari Tape Ketan ini adalah warna hijau yang di hasilkan dari sari/perasan daun katuk. Sehingga makanan ini sangat aman sekali untuk anda konsumsi dan bawa pulang. Wisatawan bisa mendapatkan Tape Ketan di sentra oleh-oleh sepanjang Kota Magelang.

 

3. Pothil

Makanan selanjutnya yang khas dari Kota Magelang bernama Pothil. Makanan khas Magelang yang satu ini juga merupakan salah camilan yang bisa anda jadikan rekomendasi oleh-oleh saat berkunjung ke Magelang.

pothil magelang

Pothil makanan khas yang  mempunyai bentuk seperti cincin  yang berwarna kecoklatan. Untuk cita rasa yang di tawarkan cemilan ini memiliki berbagai macam rasa seperti keju, pizza, hingga jagung bakar. Harga yang di banderol untuk satu bungkus Pothil ini biasanya di jual dengan harga 8 ribu hingga 14 ribu rupiah.

 

4. Kerupuk Slondok

Selanjutnya oleh-oleh khas Kota Magelang adalah keripik slondok. Ketika anda berkunjung dan berwisata ke Kota Magelang pastikan anda membeli keripik slondok sebagai sebagai salah satu bentuk oleh-oleh yang bisa anda beli dan bawa pulang untuk keluarga di rumah.

kerupuk slondok

Keripik ini adalah sebuah makanan / cemilan yang memiliki bahan dasar singkong. Dimana untuk rasanya memiliki berbagai macam varian rasa meliputi rasa pedas, manis dan original. Untuk harga nya sendiri biasanya di banderol berkisar sekitar 15 ribu rupiah dan bisa anda dapatkan di berbagai pusat oleh-oleh di Kota Magelang.

 

5. Gethuk Bolen

Hal selanjutnya perihal oleh-oleh yang bisa anda bawa untuk oleh-oleh adalah Gethuk Bolen, Gethuk Bolen menjadi oleh-oleh khas magelang.  Gethuk Bolen ini berbahan dasar singkong, Roti ini di balut dengan kulit pastry dan di bumbui dengan pasta yang memiliki tampilan yang sangat lezat dan sangat menggugah selera bagi siapa saja yang melihatnya.

gethuk bolen

Bentuk dari Gethuk Bolen ini adalah menyerupai dengan sebuah mangkok mini, gethuk bolen ini bisa anda temui di Fiory Bakery & Patisery atau anda bisa berburu nya di pusat roti & bakery di sepanjang jalan Diponegoro Magelang. Dimana di daerah tersebut merupakan sentra pembuat gethuk bolen & menjadi cikal bakal penemuan Gethuk Bolen ini. Harga untuk satu box gethuk bolen ini di banderol dengan harga Rp. 30.000.

 

6. Buntil

Kota Magelang bukan hanya menawarkan oleh-oleh yang bervarian atau berlabel kekinian saja, Bagi anda yang saat ini berada ataupun berniat pergi ke Kota Magelang taka da salah nya untuk mencicipi atau membawa makanan tradisional, Anda pun bisa membawa buntil yang memiliki rasa yang enak.

buntil

Anda pun nantinya pasti akan dibuat ketagihan dengan makanan satu ini. Berbahan dasar daun talas muda yang didalamnya berisi campuran ikan asin, udang, petai dan parutan kelapa ini dapat Anda temukan di pasar Tukangan yang berada di Magelang. Untuk membelinya Anda hanya perlu untuk mengeluarkan uang sebesar 2 ribu saja. Murah kan ?

 

7. Permen Tape

Selain rekomendasi oleh-oleh di atas anda juga bisa membawa oleh-oleh lainnya yang sangat khas dari kota Magelang yakni Permen Tape. Permen tape yang termasuk dalam kategori Kudapan ini adalah sebuah jenis kudapan yang berupa permen yang dalam proses pembuatan nya dicampur dengan gula putih dan juga parutan kelapa.

permen tape

Dahulu pada awal nya permen tape ini hanya bisa di nikamti pada saat hari besar semisal pada Hari raya Lebaran saja, tetapi untuk sekarang ini kudapan ini bisa anda nikmati kapan saja saat anda berkunjung ke Kota Magelang. Untuk menemukan kudapan ini anda hanya perlu datang ke pusat oleh-oleh yang berada di daerah Kota Magelang. Untuk harga permen tape ini di banderol dengan harga Rp. 20 ribu rupiah saja.

 

8. Gula Kacang atau Ampyang

Kudapan yang selanjutnya yang wajib anda bawa pulang dan sangat khas dari daerah Magelang adalah Gulai Kacang atau Ampyang. Kudapan ini biasanya sering kali untuk dibawa pulang sebagai buah tangan khas kota Magelang. Kesan pertama yang di timbulkan saat anda menyantap kudapan ini adalah rasa manis yang legit. Bagi Anda yang menyukai makanan manis, maka Anda pun wajib untuk membawa makanan ini untuk Anda jadikan teman selama perjalanan anda.

gula kacang magelang

Olahan ini sendiri memiliki bahan dasar utama yaitu Kacang Tanah, selanjutnya kacang tanah tersebut di guyur dengan siraman gula merah cair di atasnya dan langkah berikutnya di diamkan hingga bentuk nya menjadi keras.

Makanan satu ini pun sangat cocok sekali untuk Anda jadikan kudapan sehingga nantinya Anda pun akan bisa merasakan kudapan manis yang bisa dijadikan untuk oleh-oleh. Ketika Anda ingin membelinya, maka Anda pun bisa mencarinya di beberapa toko oleh-oleh yang tersebar di beberapa toko di Magelang. Harga yang dibanderol pun cukup murah yakni sekitar 15 ribu hingga 25 ribu per bungkus.

 

9. Grubi

Berkunjung ke Kota Magelang tak puas rasanya jika tidak membawa oleh-oleh dari kota tersebut. Setelah anda puas berwisata dan berkeliling di Kota Magelang maka hukum wajibnya adalah anda mencari oleh-oleh yang bertujuan untuk di berikan kepada keluarga yang sedang berada di rumah. Untuk pilihan oleh-oleh saat anda berada di Magelang adalah dengan membeli kudapan yang bernama Grubi yang merupakan jajanan khas kota Magelang. Jajanan ini terbuat dari ubi jalar dan memiliki bentuk yang mirip dan menyerupai bola-bola.

grubi magelang

Walaupun agaknya makanan ini sekarang sudah sangat jarang dan sulit di temui , namun anda para wisatawan jangan khawatir anda bisa membeli dan menemui makanan ini di sentra-sentra oleh-oleh di daerah Magelang. Selain di pusat oleh-oleh anda juga bisa membelinya di sentra UMKM yang memproduksi Grubi ini di daerah desa Jetis, Kota Magelang. Untuk harga per biji nya di banderol Rp. 500 dan untuk 1 box isi 10 biji di banderol dengan harga 10-50 ribu rupiah saja.

 

10. Wajik dan Jenang Ny.Week

wajik ketan magelang

Bagi Anda pecinta makanan manis, pastinya Anda akan menyukai hidangan satu ini. Makanan satu ini pun enak untuk Anda konsumsi sembari minum teh. Untuk itu, Anda pun bisa mengunjungi Wajik dan Jenang Ny. Week yang memang terkenal dengan kelezatannya. Wajik yang disediakan oleh toko ini pun mempunyai tekstur yang lembut dan memiliki dua varian rasa yang bisa Anda pilih.

jenang wajik magelang

Dua varian rasa tersebut diantaranya adalah gula kelapa yang memiliki warna coklat dan juga pandan yang mempunyai warna hijau. Selain itu, Anda pun bisa membeli wajik dan jenang ini langsung pada tempat produksinya yang berada di jalan Magelang – Purworejo. Untuk harganya sendiri, Anda bisa membelinya dengan harga sekitar 40 ribu hingga 50 riburupiah dengan ukuran 900 gram.

 

Itulah beberapa jenis oleh-oleh yang bisa Anda beli ketika Anda berkunjung ke kota Magelang. Oleh-oleh tersebut tentunya mempunyai cita rasa yang sangat khas dan akan Anda temui hanya di kota ini. Untuk itu, bagi Anda yang menginginkan buah tangan yang recommended, maka Anda pun bisa mengunjungi tempat tersebut dan membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Bagikan:

Fatha Alfiyan

Good Food , Good Mood , Good Traveling... Very Good

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.