Blora merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki kondisi geografis apik. Kota ini juga dikenal sebagai pengekspor kayu jati terbesar di Indonesia lantaran produksi jatinya yang berlimpah. Blora juga terkenal akan Cepu sebagai penghasil migas terbesar. Namun, tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya banyak destinasi wisata Blora yang bisa dinikmati oleh para wisatawan.

Destinasi Wisata Blora Paling Terkenal

Blora memiliki relief permukaan berupa dataran rendah hingga perbukitan dengan ketinggian antara 20-280 mdpl. Keadaan alam seperti ini memang sangat mendukung untuk pertumbuhan pohon jati. Meski begitu, masyarakat Blora kebanyakan menggantungkan hidupnya pada hasil tani. Padahal jika terolah dengan baik, wisata Blora bisa begitu mempesona dan menjadi sumber pasokan pendapatan yang besar.

Walau belum terekspos dan dikelola dengan benar, ada beberapa destinasi wisata yang memang epik dan tak boleh Anda lewatkan.

Baca Juga : 5 Wisata Dieng Wonosobo Keren dan Harga Tiket Masuknya

1. Goa Terawang Todanan, Menerawang Surga dari Sudut Blora

 

Goa Terawang Todanan

 

Mendengar nama Goa Terawang mungkin tidaklah asing di telinga. Goa ini memang cukup terkenal karena keindahannya, terutama bagi masyarakat Blora dan karasidenan sekitarnya. Goa ini bisa Anda temukan di Kedungwungu, Todanan, Blora. Seperti goa yang lain, Goa Terawang juga menyajikan panorama stalagtit dan stalagmit yang indah, begitu pula sendang, dan beberapa goa kecil di sekitarnya.

Tak mengherankan memang, kawasan ini menyebar dan memakan lahan hingga 13 hektar dengan 1 goa induk, 5 goa kecil, dan 1 sendang. Agar bisa lebih menggaet wisatawan, pengelola mulai membangun wahana permainan untuk anak-anak.

Goa Terawang versi sekarang benar-benar bisa menjadi wisata andalan Blora karena keindahannya yang unik. Di dalamnya Anda akan mengalami sensasi tersendiri melihat cahaya yang menembus celah atap goa.

 

2. Kracakan Watu Gong, Serupa Niagara Tapi Tak Sama

 

Kracakan Watu Gong

 

Tak perlu jauh-jauh ke negeri seberang untuk melihat keindahan Niagara. Di Blora, Anda bisa menikmati pemandangan yang nyaris sama, meskipun tak sefenomenal Niagara. Ya, Anda bisa mengunjungi Kracakan Watu Gong di Jalan Lap. Terbang, Ngloram, Kapuan, Cepu, Blora. Sugguh, pemandangan air terjun mini yang mengair akan membius Anda saking terkesannya.

 

3. Museum Mahameru, Wisata Edukasi Sejarah Sembari Berjelajah

 

mahameru

 

Belajar tak harus selalu dilakukan di kelas atau perpustakaan, Anda pun bisa melakukannya seraya berjalan-jalan. Museum Mahameru adalah museum lokal Blora yang berlokasi di Dusun Jenar, Kedung Jenar, Blora. Nama Mahameru diambil dari yayasan yang menaungi museum ini lantaran pengelolaannya dilakukan secara mandiri.

Wisata edukasi ini cenderung menggaet siswa-siswi sekolah. Tak jarang, beberapa sekolah sengaja menggelar study tour ke Museum Mahameru. Namun, bukan berarti museum ini tak diperuntukkan bagi Anda, semua orang bisa mengunjunginya kok. Anda bisa belajar banyak hal mengenai sejarah dari literatur dan koleksi benda sejarah yang terdapat di sini.

 

4. Waduk Bentolo

 

waduk greneng bentolo

 

Lokasi Waduk Bentolo berada di Tonadan, dekat dengan Goa Terawang. Jika sedang singgah ke sini, tak ada salahnya untuk mampir ke tempat wisata sekitarnya juga. Pembangunan Waduk Bentolo ditujukan sebagai penampungan air yang nantinya akan dialirkan ke sawah warga sekitar ketika dibutuhkan. Seiring berjalannya waktu, banyak masyarakat yang berdatangan menikmati visualnya yang mengesankan.

 

5. Monumen Arjuna Wiwaha, Patung Kuda Sebagai Ikon Kota Blora

 

monumen arjuna

 

Situs wisata yang terkenal dan menjadi simbol kota Blora adalah Monumen Arjuna Wiwaha. Bagunan bersejarah ini dibangun kokoh di Jalan Ronggolawe, Cepu, Blora. Di jaman dulu, bangunan ini menyandang nama Monumen Ronggolawe/ Tugu Kuda, namun karena berbagai alasan, nama ini lantas digantikan dengan Arjuna Wiwaha.

Walau jika dilihat sekilas, bangunan ini tak berlapis emas atau memiliki hal lain yang istimewa, tapi jika ditelaah lebih jauh gambaran patung kuda menyandang arti yang sangat mendalam. Patung kuda yang dipahat di Arjuna Wiwaha merupakan kuda sembrani. Kuda ini terkenal dengan lakonnya yang gagah berani layaknya Adipati Tuban.

 

6. Taman Mustika, Wisata Asri Tempat Nongkkrong Anak Muda

 

Taman Mustika

 

Salah satu spot wisata di Blora yang sering dijadikan tongkrongan bagi muda-mudi adalah Taman Mustika. Taman ini didirikan di kawasan Jenar, Kedung Jenar, Blora. Lantaran pengunjungnya didominasi oleh anak muda, jangan kaget saat menemukan pasangan remaja yang tengah berduaan. Lokasi sekitar yang sejuk tentu akan semakin membuat betah.

 

7. Goa Maria Sendang Harjo, Wisata Religi yang Menentramkan Hati

 

goa maria

 

Ingin mengunjungi wisata religi yang bisa menentramkan hati? Cobalah datang ke Goa AMaria Sendang Harjo. Bagi pemeluk agama kristiani, wisata Blora yang satu ini bisa menjadi jawaban dari segala kegundahan hati. Lokasinya ada di Sendang Harjo, Blora. Pengurus Goa biasanya mengadakan misa tiap malam Jumat Kliwon. Akan sangat pas jika Anda bisa mengikuti misa ini agar lebih khusuk.

 

8. Relief Jembatan Merah, Wisata Kekinian Hasil dari Erosi

 

jembatan merah

 

Ternyata erosi tak selalu mengakibatkan hal yang buruk. Hal tersebut terbukti dengan munculnya destinasi wisata Relief Jembatan Merah di daerah Kali Nanas, Japah, Blora. Pemandangan yang indah dan dapat dijadikan latar foto yang menarik ini ternyata merupakan hasil dari proses erupsi.

Namun, dibutuhkan perjuangan ekstra untuk mencapai spot cantik nan instagenik ini. Jalur menuju ke Relief Jembatan Merah tidaklah mulus. Walau begitu, usaha Anda akan terbayar ketika sampai di lokasi tujuan. Sebenarnya, salah satu yang paling strategis untuk memandang indahnya relief adalah dari jembatan yang ada di sana. Sayangnya kondisi jembatan telah rapuh dan tak layak untuk ditumpangi.

 

9. Waduk Tempuran, Jantungnya Kota Blora

 

waduk tempuran

 

Tempat wisata Waduk Tempuran memgang peranan yang sangat vital bagi Kota Blora. Bahkan, bisa dibilang Waduk Tempuran merupakan jantungnya Blora. Hal tersebut dikarenakan fungsi utama waduk tak hanya diperuntukkan untuk irigasi saja.

Lebih dari itu, Waduk Tempuran juga memegang kendali air agar Blora tak mengalami banjir, serta digunakan pula sebagai sentral pembudidayaan ikan.Waduk yang sangat penting ini berada di Juwet, Tempuran, Blora Kota, Blora. Selain peranan krusial yang dimainkannya.

Waduk Tempuran juga memiliki beragam fasilitas yang bisa bebas digunakan. Mulai dari perahu motor, area pemancingan, hingga kuliner di warung-warung sekitar. Anda pun tak perlu membayar tiket masuk, kecuali parkir. Makanya, waduk ini selalu ramai, terutama di akhir pekan.

 

10. Kampoeng Bluron, Wisata Air Murah Meriah

 

kampung bluron

 

Tak seperti namanya, Kampoeng Bluron bukanlah berwujud desa wisata. Kampoeng Bluron merupakan nama sebuah water boom di Blora yang menyajikan berbagai wahana untuk bermain air. Ada seluncuran, kolam renang, ember tumpah dan sebagainya. Lokasinya berada di Desa Tempuran, Blora Kota, Blora. Dibuka setiap hari dari jam 7.30-17.00, wisata air ini mematok tiket 10.000 hingga 15.000 saja.

Bagikan:

Fatha Alfiyan

Good Food , Good Mood , Good Traveling... Very Good

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.