Temanggung akrab dikenal sebagai kota penghasil tembakau terbesar se-nusantara. Tak heran jika banyak perkebunan tembakau yang bisa dengan mudah Anda temui. Namun, tak banyak yang menyadari bahwa banyak destinasi wisata Temanggung yang bisa dijelajahi. Kota yang diapit lereng Sindoro dan Sumbing ini patut dijadikan tujuan wisata dalam list Anda.

Tempat Wisata Terbaik Temanggung 2019

Wisata terbaik Temanggung tak hanya berpusat pada panorama alamnya saja. Ada berbagai wisata sejarah nan edukatif untuk ditelaah lebih jauh. Hal ini membuat Temanggung menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan momen liburan sekolah yang cukup panjang. Apa saja obyek wisata terbaik Temanggung yang bisa Anda singgahi di 2019 ini?

 

1. Wisata Alam Posong, Spot Sunset dan Sunrise Terbaik

wisata posong

Wisata Alam Posong (Foto dari @indah_s_lestari30 From Instagram)

Seperti yang telah diduga, Temanggung memang menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan. Wisata Alam Posong adalah salah satunya. Destinasi ini terletak di lereng Gunung Sindoro, tepatnya Desa Tlahab, Kledung, Temanggung. Bagi pemburu senja, obyek wisata satu ini bisa menjadi spot terbaik untuk menikmati momen matahari terbenam. Atau, sunrise di waktu pagi.

Untuk memasuki area ini, tiket yang wajib dibayarkan hanya 4.000 per pengunjung. Wisata Alam Posong dibuka setiap hari sejak jam 04.00 sampai dengan 17.00 WIB.

 

2. Hutan Pinus dan Umbul Jumprit, Wisata Alam Penuh Sejarah

umbul jumprit

Umbul Umprit (Foto dari @adjiedkdyo From Instagram)

Dengan mengunjungi obyek wisata ini, Anda akan mendapati dua keindahan sekaligus. Pemandangan hutan pinus yang homogen dan seragam, dan sejuknya umbul dengan mata air alami. Dari segi pemandangan, keduanya memiliki nilai tersendiri yang cukup memuaskan mata. Jika ditelisik lebih jauh, ternyata kedua tempat ini juga berkaitan dengan sejarah Kerajaan Majapahit.

Dulunya, Umbul Umprit dipercaya menjadi tempat bagi Pangeran Singonegoro beserta para pengikutnya untuk mengasingkan diri. Hal ini sebagai bentuk penolakan atas kepemimpinan baru di bawah titah Raden Patah.

Tiap perayaan Waisak, terutama H-3, air Umbul Jumprit diambil untuk keperluan peribadatan. Sementara beberapa kalangan seringkali melakukan tradisi kungkum di umbul ini tiap Selasa maupun Jumat Kliwon.

 

3. Monumen Meteorit Wonotirto, Wisata Berbeda untuk Pecinta Sains

monumen meteorit monotirto

Monumen Meteorit Wonotirto (Foto dari @leadyaw From Instagram)

Keberadaan monumen atau tugu sangatlah umum terjadi, termasuk di Kota Temangggung. Namun, yang menjadikannya berbeda adalah monumen ini merupakan tugu meteorit. Destinasi ini memang sengaja dibangun untuk memperingati momen jatuhnya meteor yang pernah terjadi di desa Wonotirto. Peristiwa tersebut terjadi di tanggal 11 Mei 2001 silam, tepatnya pukul 09.00.

 

4. Wisata Kledung Pass, Surganya Kuliner Temanggung

kledung pass tegar

Wisata Kledung Pass (Foto dari @rezitiyo76 From Instagram)

Spot wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Parakan km 12, Temanggung. Awalnya destinasi ini hanyalah perkebunan teh dan tembakau biasa seperti lainnya. Seiring tahun yang berlalu, banyak investor yang mulai tergiur untuk menanamkan modal dan mengembangkan area ini.

Lokasinya yang berada di jalur Temanggung-Wonosobo dengan pemandangan indah dan akses yang mudah menjadikan spot ini ramai dikunjungi wisatawan. Anda pun bisa menyantap aneka jenis kuliner di sekitar area. Sekarang sudah banyak pedagang yang menjajakan kuliner di lokasi Kledung Pass ini.

 

5. Taman Kartini, Wisata Keluarga ala Temanggung

taman kartini temanggung

Taman Kartini (Foto dari @kurniaramdhan05 From Instagram)

Jika hanya ingin bersantai sejenak dengan keluarga, Anda bisa mengajak si kecil ke Taman Kartini. Lokasinya di Jalan Suwandi Suwardi, Kowangan, Temanggung. Wisata ini menyediakan berbagai fasilitas permainan yang seru untuk anak-anak. Ada pula spot yang mengijinkan pengunjung untuk menonton melalui Bioskop Multidimensi Andromedia.

 

6. Candi Pringapus, Wisata Edukasi Sejarah Arkeologi

candi pringapus

candi Pringapus (Foto dari @temanggungku From Instagram)

Wisata Temanggung Candi Pringapus merupakan wisata budaya yang sangat edukatif, terutama dalam sejarah arkeologi. Candi Pringapus terletak di Desa Pringapus, Ngadirejo, Temanggung. Dibangun sejak 850 Masehi silam, candi ini memiliki corak Hindu Siwaistis. Hal ini sangat terlihat dari corak arca yang dipahat, yakni berhubungan dengan Dewa Siwa.

Candi Pringapus memang kental dengan nuansa dewa dalam kepercayaan Hindu. Bentuk bangunannya dipercaya merupakan perwujudan Mahameru yang merupakan tempat tinggal dewa. Selain itu, terdapat banyak relief dan hiasan antefik dengan gambaran makhluk setengah dewa. Candi induknya bernama Candi Pewara dengan arca nandi di dalamnya.

 

7. Embung Kledung, Wisata Danau Buatan yang Menawan

wisata embung kledung

Embung Kledung (Foto dari @wisata_embung_kledung From Instagram)

Berwisata ke Temanggung tak lengkap rasanya jika tak mampir sejenak ke Embung Kledung. Danau buatan yang satu ini sangatlah memikat lantaran bisa dijadikan spot foto yang epik dengan background Gunung Sindoro. Berlokasi di Tlahap, Kledung, Temanggung, embung Kledung sebenarnya dibangun untuk tujuan irigasi. Namun berkat keelokannya, banyak wisatawan berdatangan meramaikan.

 

8. Curug Lawe, Wisata Air Terjun yang Indah

curuk lawe

Curug Lawe (Foto dari @kholisa_id From Instagram)

Wisata air terjun selalu memiliki peminat tersendiri. Nah, Anda bisa mengunjungi wisata alam Curug Lawe untuk menyambangi air terjun yang menenangkan. Tempat wisata ini terletak di Kawasan Muncar, Gemawang, Temanggung. Di dekat area ini, Anda juga bisa memanjakan diri dengan berendam di mata air hangat.

Nama Curug Lawe menggambarkan percikan air terjun yang kecil. Hal tersebut terlihat dari penggunaan kata Lawe dari bahasa Jawa yang berarti benang-benang halus. Di lokasi Curug Lawe, Anda dapat dengan leluasa memetik buah cendrul yang tumbuh secara liar.

 

9. Pikatan Waterpark, Momen Berendam yang Mengasyikkan

pikata water park

Pikatan Waterpark (Foto dari @temanggung24jam From Instagram)

Selain pemandangan dan destinasi wisata alam yang menakjubkan, Anda bisa pula menikmati wisata modern bersama keluarga. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Pikatan Waterpark. Letaknya berada di Jalan Raya Pikatan, Mudal, Temanggung, tepatnya 2,5 km dari pusat kota. Anda tak perlu ragu untuk berendam lantaran air yang disediakan terjamin kebersihannya.

Situs wisara ini cocok digunakan untuk momen berlibur bersama keluarga, dengan memboyong serta anak Anda. Untuk masuk pengunjung dikenakan biaya sebesar 10.000 saja.

 

10. Gunung Prau, Spot Terbaik Menyaksikan Matahari Terbit

gunung lawu

Gunung Lawu (Foto dari @luluceper_ From Instagram)

Salah satu ikon wisata unggulan di Temanggung adalah Gunung Prau. Tempat wisata ini sangat terkenal di kalangan pendaki dan menjadi spot andalan yang selalu menjadi incaran. Terlebih puncak gunung Prau disinyalir merupakan titik terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di Asia Tenggara.

Lokasi Gunung Prau berada di Jalan Canditoro, Kejajar, km 11, Gejungan, Wates, Wonoboyo, Temanggung. Dengan perjalanan yang tak terlalu terjal, Gunung Prau bisa menjadi alternatif pilihan untuk pendaki pemula. Anda pun hanya membutuhkan waktu 3-4 jam untuk sampai ke puncak.

 

11. Candi Gedong Songo, Peninggalan Sejarah yang Tak Ternilai

candi gedung songo

Candi Gedung Songo (Foto dari @duwi.ratnasari From Instagram)

Di perbatasan Kabupaten Semarang dan Temanggung, Anda akan menemukan situs wisata candi Gedong Songo. Liburan ke Temanggung memang terasa kurang jika tak menyempatkan waktu singgah di situs peninggalan sejarah ini. Berada di area pegunungan menjadikan Candi Gedong Songo makin enak dipandang. Udara yang sejuk dan segar juga akan membuat Anda makin betah berlama-lama.

 

Dari 11 daftar wisata Temanggung di atas, mana yang paling cocok dengan selera Anda? Jika bosan dengan situs yang itu-itu saja, Anda pun bisa menjelajahi destinasi lain di Temanggung yang tak kalah serunya.

Bagikan:

Luqman Afi

Kurang Piknik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.