Membahas soal wisata daerah, Klaten terkenal dengan destinasinya berupa Umbul Ponggok. Namun, jika mau menelisik lebih jauh, masih banyak obyek wisata di daerah ini yang bisa Anda jadikan referensi mengisi liburan. Selain Umbul Ponggok, berikut obyek wisata Klaten apa saja yang bisa dikunjungi untuk menghilangkan penat.

 

Sebagai salah satu daerah di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta, Klaten tentu memiliki keunikan tersendiri, terutama dalam hal destinasi wisata. Klaten memiliki peninggalan sejarah yang banyak jumlahnya. Begitupun soal wisata alam dan buatan, Klaten banyak menyuguhkan pilihan. Apa saja?

 Dosen Wisata

 11 Wisata Hitz Klaten

 

1. Umbul Ponggok, Wisata Bunaken Ala Klaten

Lokasi wisata yang paling terkenal di Klaten ini berada di Jalan Delanggu-Polanharjo, Jeblogan, Ponggok, Polanharjo, Klaten. Destinasi wisata yang satu ini disebut-sebut sebagai Bunaken versi Klaten.

Destinasi wisata yang satu ini disebut-sebut sebagai Bunaken versi Klaten. Memang pemandangan bawah air di Umbul Ponggok patut untuk diabadikan lewat jepretan. Konsep underwater yang diusung memberikan nuansa yang berbeda dan unik untuk koleksi foto Anda.

 

2. Candi Prambanan, Bukti Kejayaan Hindu di Masanya

candi prambanan

Candi Prambanan tentu tak asing di telinga. Candi ini memiliki ciri khas bangunan Hindu dengan arsitektur bertingkat yang tinggi.

Kompleks wisata Candi Prambanan dapat Anda kunjungi di daerah Prambanan, Kecamatan Prambanan, Klaten, tepat di perbatasan Surakarta dan Yogyakarta. Anda bisa menikmati pemandangan dan arsitektur kuno dan mengambil beberapa foto untuk diabadikan.

 

3. Wahana Liburan Galuh Tirto Nirmolo, Wisata Air Penuh Permainan

 

Salah satu destinasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan ketika bertandang ke Klaten adalah Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo. Wahana air yang terkenal ini berlokasi di Jalan Manisrenggo km 1, Tlogo Prambanan, Klaten. Ada berbagai permainan yang bisa dijajal, antara lain kolam seluncur, kolam mandi bola, kolam laba-laba, kolam arus, kolam sonsong gora, kolam kuda laut, dan sebagainya.

 

Selain berbagai jenis kolam dengan masing-masing fungsi yang berbeda, ada berbagai jenis permainan yang menanti untuk dicoba. Antara lain kereta wisata, mobil elektrik dan motor elektrik, moter trek, ATV, boom boom boat, bianglala, dll. Untuk Anda yang suka tantangan, juga ada wahana flying fox yang bisa memuaskan hasrat.

 

4. Warung Apung Rowo Jombor, Wisata Kuliner di Atas Air

rawa jombor
Setelah berkeliling dan menjajal aneka wahana, Anda tentu butuh asupan tenaga. Untuk mengisi energi, Anda dapat memesan makanan di obyek wisata Warung Apung Rowo Jombor.

 

Destinasi yang berada di Desa Jombor, Krakitan, Bayat, Klaten ini menyajikan berbagai kuliner yang menggugah selera. Menu andalannya adalah olahan dengan menggunakan bahan dasar ikan tawar.

 

Jaraknya sekitar 6-8 km dari pusat Kota Klaten. Anda bisa memilih sendiri rute yang ingin dilalui, lewat jalur barat maupun timur. Dengan menikmati kuliner di sini, Anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda karena tempatnya yang terapung di atas air.

 

5. Museum Gula Gondang Winangoen, Wisata Sejarah Bukti Kejayaan Pabrik Gula

 

pabrik gula gondang

Jika ingin menikmati wisata sejarah yang berbeda, Anda bisa mencoba berkunjung ke Museum Gula Gondang Winangoen. Museum yang ada di pinggir Jalan Raya Solo-Yogyakarta km 25, Karang Asem, Plawikan, Jonogalan, Klaten ini diyakini sebagai satu-satunya pabrik gula peninggalan Belanda.

 

Museum Gula Gondang Winangoen menempati area seluas 100 hektar. Anda bisa berkeliling untuk menemukan spot-spot tertentu yang menarik. Di dalam museum terdapat beberapa replika peralatan pembuatan gula, potret bersejarah, peralatan komunikasi jadul, diaorama pabrik dan perkebunan, hingga lokomotif kereta tebu. Jika lelah, Anda bisa istirahat sejenak di perpustakaan gula atau kafe yang ada.

 

6. Makam Sunan Pandanaran, Wisata Sejarah Sekaligus Berziarah


Makam Sunan Pandaran kerap kali dikunjungi wisatawan yang ingin mengetahui sejarah perkembangan Islam di daerah Klaten. Anda juga bisa mengunjungi area pemakaman yang terdapat di puncak Gunung Jabalkat di Paseban Bayat, Bayat, Klaten ini untuk ziarah makam.

 

Area Pemakaman Sunan Pandanaran merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi beberapa tokoh terkenal seperti Sunan Bayat, Susuhunan Tembayat, Sunan Pandanaran (II), Pangeran Mangkubumi, hingga Wahyu Hidayat. Kesemua tokoh di atas memiliki andil yang cukup besar dalam menyebarkan ajaran Islam, meski tak tercatat dalam jajaran Wali Songo.

 

7. Keprabon, Wisata Belanja untuk Berburu Oleh-oleh Kerajinan

 

desa keprabon

Keprabon mungkin belum banyak dikenal layaknya Umbul Ponggok atau Candi Prambanan. Namun, berkunjung ke destinasi desa wisata Klaten yang satu ini bisa memberikan nuansa yang berbeda.

Desa Keprabon dikenal akan kerajinan tanduk kerbau yang unik dan menarik. Anda dapat melihat dan mempelajari secara langsung proses pembuatannya pada pengrajin yang ada di sana.

Selain pengolahan tanduk kerbau, Keprabon juga terkenal akan kerajinan wayang kulit dan walang kayu. Tak hanya itu, beberapa olahan kerajinan lain juga banyak dikerjakan oleh masyarakat sekitar.

Mulai dari kerajinan payung bermotif, mebel ukiran, lurik, cangkang penyu, manik, hingga batik. Nah, jika ingin berbelanja oleh-oleh dan souvenir, Keprabon adalah pilihan yang tepat.

 

8. Arung Jeram Sungai Tubing Pusur, Wisata Air yang Menantang

 

tubing sungaii pusur

 

Anda senang dengan wisata yang menantang? Tak ada salahnya mencoba wisata Arung Jeram Sungai Tubing Pusur. Tapi, jangan berkspektasi mendapati arung jeram seperti pada umumnya.

Di obyek wisata ini, rafting dilakukan dengan memanfaatkan bagian dalam mobil sebagai penopangnya. Jadi, Anda akan memiliki boat pribadi yang saling terpisah dengan yang lain.

Jika ingin memacu adrenalin dengan beralaskan ban ini, Anda bisa mendatangi lokasi di Jalan Keprabon -Polanharjo, Klaten. Cukup dengan membayarkan biaya 40.000-60.000 saja, Anda bisa leluasa mengarungi Sungai Tubing Pusur. Meski hanya menggunakan ban, kemanan Anda tetap terjamin lantaran gelombang sungai tidak terlalu deras dan tiap orang dipakaikan jaket pelampung.

9. Bukit Cinta Gunung Gajah, Spot Kekinian untuk Feed Instagram

bukit cinta klaten
Destinasi ini merupakan obyek wisata baru yang dibuka pada bulan Maret lalu. Bukit ini juga dikenal dengan Bukit Cinta Bayar Cawas. Lokasinya berada di Gunung Gajah, Bayat, Klaten.

Tempat wisata Gunung Gajah banyak dikunjungi wisatawan milenial karena view yang menawan untuk diabadikan. Bukit ini juga dipercaya memiliki legenda watu prau hingga sekarang.

 

10. Waduk Rowo Jombor, Waduk Buatan Sekaligus Wisata Pemancingan

 

waduk rowo jombor

 

Waduk ini berada di Jalan Rawa Jimung, Krakitan, Bayat, Klaten. Sebenarnya Waduk Roro Jombor hampir sama dengan waduk buatan lainnya. Tujuan pembangunannya adalah untuk kebutuhan irigasi.

Namun, waduk ini memiliki karakteristik khas dengan banyaknya warung makan terapung di pinggiran area. Selain itu, banyak pula masyarakat yang memanfaatkannya untuk menyalurkan hobi memancing.

 

11. Bukit Sidoguro, Menikmati Panorama di Ketinggian

 

bukit sido guro

Spot wisata ini cocok bagi Anda yang tak memiliki phobia ketinggian. Anda bisa menikmati pemandangan Rowo Jombor dari atas Bukit Sidoguro nan eksotis dan menggoda.

Karena ketinggiannya, tempat ini memiliki udara segar nan menyejukkan. Cocok untuk berburu foto sambil ngadem. Jika penasaran, Anda bisa langsung datang ke Desa Krakitan, Bayat, Klaten.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi berbagai spot wisata Klaten di atas?

Bagikan:

Emanuel Suryajaya

Hus Jangan Liat , Hayuk Liburan ajah .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.