Kalau mendengar daerah Tegal , kita pasti langsung teringat dengan warteg atau warung Tegal. Tak hanya warteg yang menjadi ciri khas  ,  Kabupaten yang kaya akan hasil agraris ini  juga memiliki banyak tempat wisata dan kuliner yang unik .  Berikut ini adalah 8 wisata air di Tegal.

Membahas soal wisata daerah, Tegal terkenal dengan destinasinya berupa Pemandian Air Panas Guci . Namun, jika mau menelisik lebih jauh, masih banyak obyek wisata di daerah ini yang bisa Anda jadikan referensi mengisi liburan. Selain Pemandian Air Panas Guci , berikut obyek wisata Klaten apa saja yang bisa dikunjungi untuk menghilangkan penat.

Wisata Tegal Hitz

Obyek Wisata Guci Tegal

 

1. Curug Putri

Curug putri merupakan salah satu tempat wisata air yang indah di tegal . Curug putri cukup ramai dikunjungi para wisatawan . Curug atau air terjun ini memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 25 meter .

Selain keindahan air terjunnya  , pemandangan alam disekitar lokasi air terjun juga sangat indah , sehingga dijamin  akan memanjakan mata para pengunjung.

Untuk mencapai lokasi Curug Putri , Anda cukup berjalan kaki melwati beberapa jalan setapak yang dikelilingi pepohonan hijau. Ada dua rute yang bisa anda lalui untuk mencapai lokasi air terjun Putri , yaitu melalui SPBU Sakalibel, Kota Brebes dan Desa Benda ,Siramong Brebes .

Jika menggunakan jalur Desa Benda , Anda bisa naik kendaraan dari pertigaan Kalisalak Desa Benda  sampai Desa Mendala dan dilanjutkan berjalan kaki melewati Dukuh Padamana ,  Karena jalur ini tidak bisa dilalui kendaraan . Anda bisa tracking menyusuri pematang sawah dan jalan setapak sekitar 500 meter.

 

2. Waduk Cacaban 

 

 

 

Waduk yang terletak di Pangkah , Slawi , Kabupaten Tegal ini memilki pemandangan alam yang indah dan menarik . Anda bisa menyaksikan Gunung Semar, hamparan rumput hijau dan langit biru yang nikmat dipandang mata.

Jika anda datang bersama rombongan , ada sejumlah perahu yang bisa anda sewa untuk mengelilingi area peninggalan pemerintah kolonial Belanda ini. Fasilitas yang ada di waduk ini cukup lengkap , mulai dari toilet, musholla , area parkir , tempat bermain , panggung hiburan , bumi perkemahan , warung apung , hotel dan rumah makan. Waduk Cacaban bisa dicapai melalui 2 jalur yaitu Kramat Pangkah dan Slawi. Masing – masing jalur memiliki jarak tempuh 20 km dan 9 km.

 

3. Pantai Muara tegal

Pantai Muara Tegal merupakan salah satu pantai indah yang ada di Tegal . Pantai ini menyuguhlan lebatnya pohon bakau yang tumbuh di sepanjang pinggir pantai . Selain banyak nya kunjungan wisatawan , pantai Muara Tegal juga banyak dikunjungi oleh pemancing yang menghabiskan waktu di tempat ini.

Pohon-pohon cemara yang tumbuh di sepanjang pantai bisa membuat para pengunjung merasa betah. Deburan ombak dan pemandangan sunset akan menyegarkan pandangan mata. Anda bisa bermain pasir dan berenang . Jika lapar,  Anda  menikmati kelapa muda dan ikan bakar yang dijajakan sejumlah pedagang .

Wisata Guci Tegal

4 . Curug Cantel

 

Curug Cantel berada di kecamatan yang sama dengan Tempat Wisata Guci Tegal. Air Terjun ini berlokasi di Pedukuhan Kalipedes , Desa Sigedong  Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal .

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Percikan air akan langsung terasa membasahi wajah  saat anda sampai di lokasi ini. Karena air yang turu sangat kuat , Anda dilarang untuk mandi di bawah air terjun.

Sisi bukit di area Curug Cantel yang banyak ditumbuhi tumbuhan merambat dengan pohon besar yang adai di bagian atas , serta sebuah gundukan batu yang cukup tinggi membuat lokasi Curug Cantel menjadi tempat yang tepat untuk berfoto.  Curug Cantel bisa dicapai melalui jalur Bumijawa ke arah Desa Kalipedes.

 

5. Waterboom Yogya

 

Bernama Waterboom Yogya bukan berarti kolam renang yang satu ini berada di Kota Yogyakarta. Waterboom berada di depan terminal Slawi sebelumnya bernama Waterboom Dedy Jaya , namun karna ada pergantian manajemen namanya pun ikut berubah .

Waterboom ini menjadi tempat wisata yang cocok untuk lliburan anak dan keluarga. Waterboom ini buka mulai pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore. Harga tiket masuknyapun cukup murah yaitu Rp 12.500 di hari biasa dan Rp 15.000 saat weekend.

 

6. Curug Luhur

 

 

Curug Luhr merupakan salah satu air terjun yang inda di Kabupaten Tegal . Curug ini berada di antara Desa Sokasari , Kecamatan Bumijawa dan Desa Tuwei , Kecamatan Bojong. Curug Luhur memiliki ketinggian sekitar 25 meter .

Udara sejuk dan segar akan menyambut anda ketika sampai di lokasi air terjun. Ditambah lagi Pohon merambat yang ada di tebing dan Air jernih yang mengalir jatuh ke bawah semakin menambah kesan eksotis.

 

7. Curug Kembar  

 

 

Air terjun yang satu ini dinamai Curug Kembar , karena terdapat dua buah air terjun yang letaknya berdekatan. Kedua curug ini memiliki arus yang berbeda , yang satu deras dan yang satunya tidak terlalu deras.

Lokasi Curug Kembar berada di dekat Guciku Hot Waterboom , tepat di sebelah Villa Syariah yang masih satu area di dalam Desa Guci , Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Jalan menuju Curug Kembar hanya beberapa meter saja melewati persawahan ,Anda harus berhati-hati karena jalan yang menurun dan cukup licin.

Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 5 meter ini memiliki air yang hangat . Di beberapa sisi curug terdapat pipa-pipa milik warga untuk mengalirkan air . Curug Kembar merupakan salah satu tempat wisata air  Tegal yang tersembunyi .

Jika anda ingin berwisata menikmati suasana Hening dan Tenang , maka Curug Kembar merupakanan tempat yang cocok untuk anda . Jika anda ingin berkunjung ke Curug Kembar , Anda juga harus memperhatikan kondisi cuaca karena , lokasi ini terkadang menjadi tempat kabut turun.

 

 

8. Guciku Hot Waterboom

 

 

Guciku Hot Waterboom merupakan obyek wisata air Tegal yang baru . Terletak di dekat loket tiket masuk Guci , berlokasi tepat sebelum Pasar Guci , Kecamatan Bumijawa , Kabupaten Tegal.

Guciku Hot  Waterboom memiliki empat area kolam yaitu:

  1. Kolam Utama , memiliki lebar 30 x 40 m dengan wahana spiral dan seluncuran .
  2. Kolam Rendam , memiliki 8 pancuran air panas yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan .
  3. Kolam Badan Guci , memilki lebar 15 m x 30 m dengan kedalaman 1 m sampai 2 m dan dilengkapi dengan prosotan .
  4. Kolam Opal , memiliki lebar 12m x 25m dilengkapi dengan prosotan dan ember tumpah .

 

Guciku Hot Waterboom juga memiliki wahana arus jeram dengan panjang  200 m dan lebar 3 m dengan kedalaman 1 m . Pengunjung bisa menikmati arus jeram ini menggunakan palampung yang bisa disewa.

Jika anda lelah setelah bermain air , terdapat beberapa gazeboo yang bisa anda gunakan untuk beristirahat . Fasilitas lain berupa restoran dan villa yang bisa dipesan apabila anda ingin menginap , posisi villa yang strategis menghadap kolam utama .

Disebelah Gucik u Hot Waterboom  , terdapat aliran sungai hangat yang menuju ke Curug Kembar , aliran sungai ini bisa anda lihat dari gazeboo yang ada di pinggir Guciku Hot Waterboom  . Jika anda ingin berkunjung ke Guciku Hot Waterboom lebih baik datang lebih pagi , karena pada hari libur biasanya ramai pengunjung .

itulah wisata air yang ada di Tegal. masih banyak obyek wisata lain yang ada di Kota Tegal yang bisa anda kunjungi , pastikan dana anda cukup untuk berkeliling menikmati wisata yang ada di Kota Tegal

Bagikan:

Emanuel Suryajaya

Hus Jangan Liat , Hayuk Liburan ajah .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.