5 Wisata Bandungan Semarang dan Tiket Masuknya

Satu hal yang mungkin terbesit ketika mendengar kata “Semarang” adalah makanan lumpia dan cuacanya yang lumayan terik dan panas. Sebenarnya ada wisata Bandungan Semarang yang bikin suasana jadi adem juga lho? Nggak percaya?

Meskipun memang suasana dan cuaca di Semarang cenderung panas karena letaknya berada di dekat laut. Kalau itu di kotanya, sebenarnya Semarang lebih dari hal itu, lho. Bahkan di Semarang juga ada bagian yang suasanya adem juga.

Dengan sedikit keluar dari pusat Kota Semarang menawarkan kawasan wisata berhawa sejuk yang nggak kalah dengan daerah Puncak atau Lembang di Jawa Barat.

Salah satu wisata yang terkenal berada di daerah Bandungan, yang secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Semarang dan berjarak sekitar satu jam dari pusat Kota Semarang.

Wisata Bandungan Semarang

Berikut 5 pilihan wisata Bandungan Semarang yang terkenal dengan suasana sejuk dan membuat hati menjadi adem.

1. Wisata Bandungan Semarang

Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia
Taman Bunga Celosia
  • Lokasi: Jalan Wisata Gedong Songo KM 05, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Google Maps: Klik tautan ini
  • Jam Operasional: Pukul 08.00 pagi hari sampai pukul 18.00 petang hari
  • Harga Tiket Masuk: Rp 10.000 untuk dewasa Rp 5.000 untuk anak – anak

Objek wisata Bandungan Semarang yang pertama adalah Taman Bunga Celosia. Taman Bunga Celosia lokasinya berada di kawasan wisata Candi Gedong Songo, tepatnya di Jalan Wisata Gedong Songo KM 05, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Taman Bunga Celosia merupakan salah satu destinasi wisata baru di Bandungan, Kabupaten Semarang. Tidak hanya menawarkan hamparan Bunga Celosia, tempat ini juga memiliki replika landmark terkenal dari berbagai negara.

Dilansir dari Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Taman Bunga Celosia ini mampu membuat kamu seolah-olah sedang berwisata ke Eropa. Apalagi, di taman ini didesain lengkap dengan kincir angin dan beraneka ragam jenis bunga asli Eropa yang didatangkan langsung dari tanah asalnya.

Jika kamu sedang mencari inspirasi untuk feed baru di Instagram? Taman Bunga Celosia di kawasan Bandungan ini tampaknya bisa menjadi alternatif tepat untuk mengisi warna – warni baru di Instagram kamu.

Beberapa spot foto yang ditawarkan seolah – olah di taman bunga ini mewakili keinginan kamu yang ingin berkeliling dunia.

Mulai dari replika Patung Merlion di Singapura, Menara Eiffel di Paris, Kincir Angin di Belanda, hingga beraneka ragam warna – warni bunga cantik yang ditawarkan di sini.

Dan jangan salah, meskipun taman bunga ini tidak berada lereng kaki pegunungan, kamu masih bisa menghirup udara segar di sini.

Mau berlibur bersama keluarga, teman, maupun traveling sendiri sangat cocok untuk mengisi waktu di akhir pekan. Nah, yang paling penting jangan lupa siapkan kamera terbaik kamu untuk berfoto – foto ya!

2. Wisata Bandungan Semarang

Mawar Camp Area

Mawar Camp Area
Mawar Camp Area

 

  • Lokasi: Dusun Kluwihan, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Google Maps: Klik tautan ini
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Harga Sewa: Sewa tenda : Rp 45.000 per malam |  Sleeping bag : Rp 8.000 per malam |  Matras : Rp5.000 per malam

Objek wisata Bandungan Semarang yang kedua adalah Mawar Camp Area. Destinasi wisata ini lokasinya berada di Dusun Kluwihan, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Ungaran, Mawar Camp Area menawarkan pemukiman dengan udara sejuk yang pas untuk dikunjungi bersama teman – teman maupun bersama keluarga kamu.

Camping Ground di sini menjadi salah satu andalan alternatif wisata alam masyarakat Semarang di akhir pekan atau weekends.  Fasilitasnya pun lengkap, mulai dari Taman Mini, warung kelontong, masjid, kamar mandi, hingga persewaan alat tenda untuk bermalam. Namun, kamu juga bisa lho bawa peralatan camping sendiri.

Biaya untuk bermalam di sini terbilang cukup murah. Mulai dari kisaran harga Rp 7.000 per orang yaitu untuk dua hari satu malam hingga Rp 12.000 per orang yaitu untuk lima hari empat malam.

Rute untuk menuju lokasi ini pun sudah membaik dan tidak perlu takut terkena lumpur. Namun, masih tetap harus berhati – hati ya.

Nah, jika kamu yang membawa kendaraan pribadi juga tidak perlu khawatir untuk memarkirkan kendaraan, karena sudah ada tempat parkir khusus. Jadi gimana, kamu tertarik menghabiskan weekends bermalam di alam terbuka?

3. Pondok Wisata Umbul Sidomukti

Pondok Wisata Umbul Sidomukti
Wisata Semarang
  • Lokasi wisata: Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Google Maps: Klik tautan ini
  • Jam Operasional:  24 jam
  • Harga Tiket Masuk: Hari biasa : Rp 8.000 | Akhir pekan/hari libur: Rp 10.000 | Tiket wahana : Rp 15.000 sampai Rp50.000

Objek wisata Bandungan Semarang yang ketiga adalah  Pondok Wisata Umbul Sidomukti. Wisata alam ini terletak di Desa Sidomukti, Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Sejuknya udara dan hawa segar dari perbukitan di kawasan yang berada pada ketinggian kurang lebih 1.200 mdpl ini di bagian selatan Gunung Ungaran ini membuat siapa pun yang berkunjung di sini betah berlama-lama.

Wisata alam Umbul Sidomukti ini sangat pas untuk tempat wisata rekreasi keluarga karena tempat wisata ini sangat asik dan menarik untuk mengisi libur akhir pekan.

Umbul sidomukti semarang
Umbul Sidomukti Semarang

Di tempat ini, terdapat tiga kolam pemandian yang letaknya berada di antara jurang. Menikmati kesejukan alam sembari berendam di kolam air bebatuan tidak hanya menyegarkan pandangan tetapi juga dapat menyejukkan jiwa.

Akses jalan ke lokasi ini cukup mudah karena terletak searah dengan kawasan wisata Bandungan.

Sesampainya di lokasi kamu akan melihat ada empat buah kolam renang yang disusun bertingkat dan berbeda kedalamannya yang airnya dingin, jernih dan menyegarkan.

Area lembah hijau membentang juga dapat digunakan untuk lokasi permainan outdoor atau outbond bersama teman maupun keluarga kamu.

Sisi yang menarik, di sini kamu bisa menikmati permainan flying fox yang cukup menantang dengan menyeberangi lembah! Ada juga permainan Marine Bridge atau jembatan jaring, Rapeling, dan All Terrain Vehicle (ATV).

Selain itu kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan seperti camping , sekadar duduk – duduk santai sambil minum kopi, ataupun berenang di kolam yang langsung menghadap ke pemandangan di atas dataran tinggi.

Karena lokasinya yang berada di atas ketinggian 1.200 mdpl membuat cuaca dan suasananya sejuk dan menyegarkan kamu. Cobain deh !

4. I’AMpelgading Homeland

I’AMpelgading Homeland
I’AMpelgading Homeland
  • Lokasi wisata: Dusun Ampelgading, Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Google Maps: Klik tautan ini
  • Jam Operasional:  pukul 09.00 sampai 17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp 5.000 | camping : Rp 10.000

Objek wisata Bandungan Semarang yang selanjutnya adalah I’AMpelgading Homeland. Lokasi wisata ini berada di Dusun Ampelgading, Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Kawasan wisata ini berada pada ketinggian 1.300 meter dari atas permukaan laut (1.300 mdpl), jadi kamu sudah pasti suhu udara yang sejuk siap menyambut kedatangan kamu di sini.

Banyak spot atau area yang keren dan menarik untuk berswafoto di sini. Untuk itu, siapkan kamera terbaik kamu untuk hasil maksimal sesuai keinginan.

Selain Berswafoto, kamu juga bisa bermalam atau camping di tempat ini dan kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 nantinya.

Rute menuju lokasi ini yaitu jika mulai dari Ambarawa menuju lokasi jaraknya sekitar 35 km. Nah, kamu bisa menyusuri dari kawasan Pasar Bandungan lalu langsung lanjut saja ke Jalan Pangeran Diponegoro.

Setelah tiba di kantor Polsek Bandungan, 200 meter dari kantor tersebut lalu belok ke kanan sampai mendapati sebuah sekolah dasar. Dari situ akan ada berbagai petunjuk menuju kawasan wisata Ampelgading.

Jadi gimana, kamu tertarik menghabiskan camping sekaligus bermalam di I’AMpelgading Homeland?

5. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo
  • Lokasi wisata: Dusun Darum, DesaCandi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Google Maps: Klik tautan ini
  • Jam Operasional: pukul 06.30 sampai 18.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp 10.000

Objek wisata Bandungan Semarang yang terakhir adalah Candi Gedong Songo. Candi Gedong Songo adalah salah satu tempat yang menjadi magnet bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah.

Tempat wisata Candi Gedong Songo ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Gedong Songo sendiri mempunyai makna yaitu sembilan bangunan candi. Sembilan candi ini menyebar ke kawasan wisata dengan panorama yang sangat indah dan mempesona.

Candi Gedong Songo merupakan peninggalan sejarah yang harus kita jaga kelestariannya. Tempat ini harus selalu dirawat dan dikembangkan dengan baik karena sangat berguna sebagai bahan belajar para sejarawan atau arkeolog di masa yang akan datang.

Jarak dari satu candi ke candi lainnya lokasinya lumayan jauh, oleh karena itu butuh energi lebih untuk melakukan perjalanan untuk melalui semuanya. Pastikan kamu dalam kondisi sedang fit agar maksimal mengunjungi candi satu sampai sembilan.

Area pegunungan dengan pemandangan alam yang memukau dan udara yang bersih menjadikan tempat ini menjadi favorit banyak pengunjung terutama masyarakat Semarang dan sekitarnya. Mereka biasanya hanya sekadar refreshing ataupun hunting foto Instagram.

Demikian, info mengenai 5 Wisata Bandungan Semarang yang terkenal dengan suasana sejuknya. Terima kasih kepada kamu yang sudah mengulangkan waktunya untuk membaca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar