Brebes adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dengan julukan sebagai kota bawang. Kota ini memang telah menjadi penyedia stok bawang terbesar di Indonesia. Terlepas dari kaitannya dengan bawang, Brebes memiliki banyak wisata unggulan yang belum terekspos di khalayak umum. Penasaran apa saja wisata Brebes yang mempesona? Simak ringkasan berikut ini.

Destinasi Wisata Brebes Terbaru dan Terpopuler

Daripada bingung memilih destinasi yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba sesekali menjelajahi Brebes dengan segala keragaman wisatanya. Beberapa spot wisata anyar juga banyak bermunculan dan menjadi primadona baru di kota yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat ini. Berikut beberapa daftar wisata terbaru dan terpopuler di Brebes yang bisa Anda sambangi.

 

1. Ranto Canyon, Wisata Air Terjun yang Menantang

 

ranto canyon

Destinasi wisata Ranto Canyon berada di lereng pegunungan, di kawasan Brebes bagian selatan, tepatnya Desa Windusari, Salem, Brebes. Daya tarik utama Ranto Canyon adalah pemandangan alamnya yang menawan. Lokasi ini tak hanya memiliki air terjun saja, namun juga pemandian yang mengundang adrenalin.

Sebelum mencapai titik keindahan sesuai yang ditawarkan, Anda harus berjalan setidaknya 750 m. Pengunjung yang hendak melalui jalur trekking dianjurkan untuk selalu menyewa jasa pemandu wisata. Hanya dengan membayarkan biaya sebesar 30.000 saja, Anda bisa sampai di tujuan tanpa khawatir tersesat. Anda pun sudah mendapatkan fasilitas untuk keamanan berupa pelampung dan helm pelindung.

 

2. Agrowisata Besaran, Wisata Lengkap Hemat Biaya

 

agrowisata besaran

Berlibur tak harus selalu menguras kantong. Agrowisata Besaran merupakan salah satu contoh nyata akan pernyataan ini. Terletak di Desa Jatibarang Lor, Jatibarang, Brebes, ada berbagai spot bagus dalam satu destinasi ini. Ada pula bangunan klasik yang akan menjadi spot ikonik untuk diabadikan dalam foto.

Agrowisata Besaran juga memiliki daya tarik berwujud wisata air. Ada kolam renang, perahu hotel, dan spot khusus untuk terapi ikan. Bagi yang suka tantangan, ada flying fox dan kereta wisata yang bisa dijajal. Meski kaya akan destinasi yang beragam, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 3.000 per orang.

 

3. Agrowisata Kebun Teh Kali Gua, Puncaknya Brebes

 

kebun teh kaligua

Mirip dengan hijau dan sejuknya Wisata Puncak Bogor, Agrowisata Kebun Teh Kali Gua digadang-gadang menjadi wisata puncak versi Brebes. Pemandangan yang disuguhkan juga tak kalah indahnya dibanding Puncak Bogor. Sejuk udara yang menyegarkan dipadukan dengan hijaunya penampakan di sepanjang jalan membuat agrowisata ini makin diminati pengunjung.

Untuk mengunjunginya, Anda bisa langsung datang ke daerah Pandansari, Paguyangan, Brebes. Pengunjung akan dimanjakan dengan fasilitas yang memadai, mulai dari café, spot warung makan pinggir jalan, villa, area perkemahan, lapangan olahraga hingga area untuk outbond. Anda bisa mengunjunginya dengan membayar 8.000 rupiah kapan pun karena wisata ini dibuka selama 24 jam.

 

4. Candi Pangkuan, Wisata Candi dengan Banyak Monyet Berkeliaran

 

candi pangkuan

Lokasi Candi Pangkuan berada di daerah Ciliburm Paguyangan, Brebes.  Candi ini tertutup di tengah hutan dengan berbagai jenis pepohonan besar. Karenanya, tak aneh jika banyak monyet berkeliaran lantaran memang hutan tersebut adalah habitatnya. Situs bersejarah Candi Pangkuan pertama kali ditemukan pada tahun 1965 silam oleh warga sekitar.

Tak ada aturan yang membatasi kapan waktu kunjungan yang hendak Anda ambil. Tak ada larangan untuk berfoto dan memberi makan pada kawanan monyet pula. Yang jelas, sampahnya jangan lupa dibawa ya. Tak hanya itu, pengunjung tak dikenakan biaya apapun untuk memasuki area candi ini.

 

Baca juga 10 Wisata Magelang yang Pas Buat Kamu Kunjungi

 

5. Curug Putri, Wisata Asri di Balik Jalanan Terjal

 

curug putri

Salah satu obyek wisata Brebes yang paling terkenal dan banyak direkomendasikan adalah Curug Putri. Berada di Desa Mandala, Sirampong, Brebes, curug ini menyuguhkan pemandangan alam yang asri. Memiliki ketinggian mencapai 35 m, aliran air di Curug Asri sangatlah jernih.

Sayangnya, perjalanan Anda ke tempat ini tak akan berjalan mulus. Anda harus menaklukkan medan yang terjal dan menantang agar sampai di ssana. Maklum saja, pesonanya masih terhitung alami tanpa banyak campur tangan manusia.

 

6. Desa Wisata Cisereun, Wisata Budaya dan Tradisi Khas Brebes

 

desa wisata

Jika Anda lebih condong menyukai wisata budaya untuk mengenal adat sekitar, Desa Wisata Cisereun adalah opsi paling tepat. Di sini Anda bisa terjun langsung mempelajari aneka budaya dan tradisi masyarakat Brebes. Untuk menemukan lokasi desa ini, Anda bisa menelusuri kawasan lereng Gunung Kumbang, Ketanggung, Brebes.

Brebes memang memiliki keunikan tersendiri, terbukti dengan adanya tradisi Ngasa. Masyarakat Cisereun biasa menyelenggarakannya sebagai wujud syukur akan karunia Tuhan YME. Tradisi Ngasa dilakukan secara kontinyu tiap malam Selasa Kliwon.

 

7. Pemandian Air Panas Tirta Husada, Cocok untuk Relaksasi dan Wisata Keluarga

 

pemandian air panas

Pemandian air hangat adalah pilihan tepat untuk menghilangkan penat. Di Brebes, Anda bisa menemukan Pemandian Air Panas Tirta Husada untuk menyalurkan hasrat berendam di air hangat. Lokasinya berada di daerah Kedungolengg, Bantarkawung, Brebes. Berendam di pemandian ini dipercaya bisa menyembuhkan aneka macam penyakit kulit.

 

8. Ciblon Waterboom, Wahana Wisata Air untuk Liburan Keluarga

 

ciblon waterboom

Siapa yang tak suka air? Tentu mayoritas orang suka berbasah-basahan, terutama anak kecil. Untuk mewujudkan keinginan bermain air yang menggebu, Anda bisa memboyong keluarga ke Ciblon Waterboom. Seperti namanya, Anda bebas ciblon (berenang) sepuasnya. Destinasi ini terletak di Jalan Yos Sudarso, Brebes,

Ada berbagai wahana pendukung yang bisa Anda pergunakan, yakni kolam renang, seluncuran, ember tumpah, serta silinder dengan ketinggian 12 m. Harga tiket yang dipatok hanya 13.000 per orang, tak terlalu mahal, kan.

 

9. Pantai Randusongo, Menikmati Senja yang Eksotis

 

pantai randusongo

Pantai Randusongo dan eksotis berada di Desa Randusongo Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Pantai ini merupakan spot terbaik untuk menikmati senja yang eksotis. Karenanya, banyak kawula muda yang datang dan nongkrong di sekitar sini. Ombak Pantai Randusongo tidaklah begitu besar. Walau begitu, Anda tetap harus hati-hati dan menjaga keselamatan dengan tak berenang terlalu jauh ke tengah ya.

Bicara soal fasilitas, Randusongo menawarkan aneka wahana yang bisa dicoba. Mulai dari restoran seafood yang beragam, area perkemahan, hingga arena balap motor. Lokasi ini juga menjadi tempat pembudidayaan rumput laut dan ikan bandeng.

 

10. Kalibaya Park, surga Brebes di Puncak Malio

 

kalibaya

Taman wisata yang satu ini berada di daerah dataran tinggi Puncak Malio, tepatnya di Desa Pasir Panjang, Salem, Brebes. Karena berada di ketinggian, pengunjung bisa merasakan sejuk dan indahnya pemamndangan Brebes. Terlebih, Anda bisa memandang Waduk Mahalayu dari kejauhan. Akses jalan untuk menuju puncak ini bisa dibilang mudah dijangkau dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Selain pemandangan yang asri dan indah, Kalibaya Park juga menyuguhkan berbagai wahana untuk memanjakan wisatawan yang datang/. Sebut saja fasilitas penunjang seperti padang savana, area outbond, flying fox, Gardu Pandang, ATV Track, dan lainnya.

 

Tertarik untuk mencoba aneka wisata Brebes di atas? Catat kapan hari libur Anda dan sempatkan waktu untuk menjelajahnya. Selamat berlibur.

 

Bagikan:

Fatha Alfiyan

Good Food , Good Mood , Good Traveling... Very Good

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.