Cilacap erat kaitannya dengan logat ngapak yang begitu kental. Kota di pesisir selatan pulau Jawa ini memiliki banyak spot wisata yang indah dan mempesona. Seperti kota pesisir pantai yang lain, Cilacap juga memiliki banyak pantai di wilayahnya. Selain pantai, apa destinasi wisata Cilacap yang worth it untuk dikunjungi? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Wisata Paling Recommended di Cilacap

Dibanding kota lain, Cilacap dinobatkan sebagai kabupaten terluas di Jawa Tengah. Meski telah banyak dikenal lantaran daerah Nusakambangan yang populer sebagai penjara buangan, Cilacap sebenarnya masih memiliki banyak destinasi wisata nan epik namun belum banyak dikenal. Apa saja wisata ala Cilacap yang bisa memuaskan hasrat berlibur Anda?

 

1. Pantai Teluk Penyu, Habitat Penyu Liar yang Makin Memudar

pantai teluk penyu

 

Andalan Cilacap dalam hal wisata kebanyakan memang bertumpu pada wisata pantai yang beragam. Pantai Teluk Penyu adalah salah satunya. Dinamai demikian dulunya karena kawasan ini memiliki habitat penyu liar yang sangat banyak. Sayangnya seiring berjalannya waktu, jumlah penyu yang ada semakin berkurang dan perlahan memudar. Lokasi Teluk Penyu berada di Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap.

Pantai Teluk Penyu dikenal dengan ombaknya yang ganas dan tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus hati-hati jika ingin menyeburkan diri ke pantai. Namun, di waktu biasa, pantai ini tetap aman sehingga Anda bisa mencoba berbagai wahana air yang tersedia. Anda bisa mencoba banana boat atau speed boat yang menantang. Selepas bermain air, ada beberapa spot wisata kuliner menanti di pinggiran.

 

2. Pulau Nusakambangan, Pusat Penjara dengan View Eksotis

pulau nusakambangan

Pulau Nusakambangan sangat terkenal lantaran sering disebut-sebut di pelajaran sejarah dan merupakan penjara khusus bagi narapidana dengan kejahatan tingkat tinggi. Namun, di balik sejarah tersebut, nyatanya Pulau Nusakambangan tak sepenuhnya bernuansa seram. Anda bisa menemukan berbagai spot yang menarik dan eksotis dan worth it untuk didatangi.

Pulau Nusakambangan memiliki pantai pasir putih yang indah menghampar. Ditambah, pulau ini dikelilingi oleh hutan yang makin menambah kesan rindang dan adem. Jika mau berkeliling, Anda juga bisa menemukan benteng peninggalan Belanda dan mempelajari sejarahnya. Untuk mencapai pulai ini, Anda hanya perlu menumpang perahu 5 menit saja dari Pantai Teluk Penyu.

 

3. Benteng Pendem, Wisata Sejarah Bukti Kokohnya Bangunan Belanda

benteng pendem

Situs wisata yang mengandung banyak nilai sejarah ini terletak di Dusun Jari, Desa Cilacap, Cilacap. Benteng Pendem merupakan salah satu benteng peninggalan Belanda yang masih bisa dijumpai sampai sekarang. Pembangunannya dilakukan sejak tahun 1861 silam di pesisir Pantai Teluk Penyu yang rupawan. Bangunan ini sangatlah kokoh dan tak tergerus usia hingga bisa tetap berdiri hingga saat ini.

 

4. Hutan Payau, Wisata Hutan Buatan di Pesisir Pantai

hutan payau cilacap

 

Hutan Payau (Mangrove) berada di kawasan Desa Karang Talun, Tritih Kulon, Cilacap. Wisata hutan buatan ini telah ada sejak tahun 1978 silam dengan luas tanaman mangrove yang mencapai 10 ha. Untuk mencapai Hutan Payau, ada dua alternatif jalur yang bisa dicoba. Pertama, dengan menyewa kapal nelayan di Pelauhan Seleko. Kedua, dengan menumpang kapal regular namun Anda harus menunggu kapal penuh dulu.

 

5. Waduk Kubang Kangkung, Wisata Tersembunyi di Balik Perkebunan Karet

waduk kubangkangkung

Area wisata Cilacap berupa Waduk Kubang Kangkung ini terletak di daerah Kubangkangkung, Kawunganten, Cilacap. Lokasinya agak tersembunyi di balik kebun karet Kawungaten. Dengan bertandang ke sini, Anda akan mendapati pemandangan waduk dengan air yang tenang dan rimbunnya pohon karet yang menyejukkan.

Jika lapar mendera, pengunjung bisa membeli makanan dan minuman segar di warung sekitar. Anda juga bisa menikmati wahana bebek kayuh, kapal dan kereta wisata, terapi ikan, hingga mandi bola.

 

Baca juga 11 Tempat Wisata Klaten Yang Wajib di Kunjungi

 

6. Gunung Srandil, Spot Petilasan Kaki Semar yang Tersembunyi

wisata gunung srandil

 

Gunung Srandil berwujud bukit karang terletak di pesisir pantai laut selatan, tepatnya daerah Glempang Pasir, Adipala, Cilacap. Anda bisa mencapai destinasi ini melalui kota Kroya maupun Adipala. Gunung Srandil dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai petilasan Kaki Semar yang terkenal dengan petuahnya. “Ojo dumeh, eling lan waspodo.”

Srandil disinyalir berasal dari perpaduan kata Suro lan Adil. Banyak peziarah yang datang ke tempat ini untuk menjalankan ritual mengitari bukit. Biasanya ritual ini dijalankan antara jam 12 malam sampai jam 3 dini hari. Para peziarah ini tak lupa membawa kembang-telon, dupa, serta minyak wangi untuk memohonkan doa. Namun, sebagai umat beragama yang taat, sebaiknya Anda tak mengikuti ritual ini.

 

7. Gunung Selok, Panorama Indah dari Ketinggian

gunung selok

Tempat wisata Gunung Selok berada di daerah Karangbenda, Adipala, Cilacap. Wisata kekinian ini menawarkan pemandangan yang indah dengan view hamparan laut biru berpadu hijaunya area persawahan di bawah. Dikelilingi pepohonan nan hijau dan rindang, Anda akan semakin bersemangat mengabadikan momen lewat bidikan kamera. Terlebih, ada spot selfie deck yang bisa Anda manfaatkan.

 

8. Kampung Laut, Mengintip Kehidupan Sekitar Laut Cilacap

kampung laut

Wisata Kampung Laut merupakan sebuah sebutan bagi seluruh pemukiman desa yang berada di kawasan Segara Anakan. Kawasan ini merupakan wilayah perairan yang diapit antara daratan barat Cilacap dan Pulau Nusakambangan. Terletak di Kampung Laut, Ujungalang, Cilacap, wisata ini memberikan Anda kesempatan untuk menelisik secara langsung kehidupan masyarakat di pesisir pantai.

 

9. Pantai Widara Payung, Pesona Andalan Cilacap Timur

pantai widarapayung

Dibandingkan pantai lainnya, obyek wisata Widara Payung tidaklah terlalu luas. Namun, penampakannya yng landai dengan pohon kelapa yang memagari sekeliling menyuguhkan suasana yang berbeda bagi wisatawan, sejuk namun tetap panas dan eksotis. Anda hanya perlu membayarkan tiket sebesar 2.500 saja untuk dapat memasuki area pantai andalan Cilacap bagian timur ini.

 

10. Pantai Permisan, Keindahan di Pesisir Nusakambangan

Pantai permisan

Pantai Permisan berada di lokasi yang tak jauh dari LP Permisan, Pulau Nusakambangan. Dengan hamparan pasir putih di sepanjang pesisir, beserta gundukan batu karang yang menjulang, pengunjung bisa menjadikan tempat ini sebagai latar foto yang apik. Beruntungnya suasana pantai ini masih sepi dan jauh dari hiruk-pikuk mengganggu lantaran memang tak banyak yang tau eksistensi Pantai Permisan.

Karena pengunjung yang datang belum terlalu banyak, suasana pantai masih sangat asri dan tak dipenuhi sampah yang berserakan. Untuk mencapai Pantai Permisan, Anda bisa menyeberang lewat Pelabuhan Lomanis atau Wijayakusuma.

 

11. Sedekah Laut, Wisata Adat khas Cilacap

sedekah laut

Di Cilacap Anda akan menemui prosesi adat yang unik. Masyarakat sesekali akan melakukan tradisi dengan memberikan seserahan untuk dihanyutkan di laut selatan. Seserahan ini merupakan agenda tahunan sebagai bagian dari ritual penghormatan Ratu Kidul.

Diharapkan pantai akan selalu aman dan tak menelan korban jiwa, terutama dari kalangan nelayang yang sering mengarungi samudera. Prosesi adat ini digelar dengan melakukan arak-arakan yang ramai dan menarik perhatian. Biasanya sedekah laut dilaksanakan ketika menjelang tahun baru Syuro.

 

Masih ada banyak spot destinasi wisata Cilacap yang bisa dikunjungi. Daripada penasaran, kemas barang-barang dan cobalah temukan spot terbaik versi Anda sendiri.

Bagikan:

Fatha Alfiyan

Good Food , Good Mood , Good Traveling... Very Good

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.