5 Wisata Dieng Wonosobo Keren dan Harga Tiket Masuknya

Wisata Dieng – Siapa yang tidak kenal dengan keindahan dataran tinggi Dieng Wonosobo. Dieng memiliki alam yang sangat mempesona. Jika kita ingin melihat keindahan dunia atas awan di dienglah salah satu tempat terbaik.

Kita bisa melihat bagaimana indahnya ciptaan Allah Yang Maha Kuasa dari atas awan. Kita bisa melihat betapa indahnya saat matahari terbit. Keindahan dunia atas awan di dataran tinggi Dieng tidak bisa dibuktikan dengan kata-kata.

Selain itu, terdapat banyak telaga di Dieng yang mempunyai keindahan yang tiada tara. Kali ini Dosen Wisata akan mengajak kamu berkeliling ke tempat wisata Dieng yang wajib dikunjungi jika kamu berniat atau sedang dalam berwisata di Dieng.

Selain itu, wisata di Dieng juga terdapat komplek candi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Okay, langsung saja berikut wisata alam di Dieng yang indah dan mempesona. Cekidot !

1. Wisata Dieng :

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang
Kawah Sikidang
  • Kawah Sikidang
  • Harga Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Operasional : Pukul 08.00 pagi sampai pukul 16.00 sore WIB

Apabila kamu mengunjungi Dieng Plateau maka Kawah Sikidang adalah satu tempat yang wajib kamu kunjungi. Letak kawah belerang ini tak terlalu jauh dari Sikunir, sehingga setelah memperhatikan golden sunrise yang mempesona, tak ada salahnya kamu memperhatikan kawah panas dengan bau belerang yang menyengat.

Apabila kamu tak tahan dengan aroma belerang, karenanya direkomendasikan untuk membawa masker saat berada di Kawah Sikidang.

Lokasi dari Kawah Sikidang ini terletak di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara. Sedangkan begitu, jalan masuk yang lebih kencang dan gampang untuk menuju kawah ini yaitu jalan dari Wonosobo.

Selain menyaksikan keindahan kawah dengan legenda Pangeran Kidang Garungan ini pengunjung juga dapat melihat berbagai kerajinan tradisional yang dibuat di tempat tersebut.

Untuk biaya masuk terbilang cukup murah ialah sekitar lima belas ribu rupiah kamu dapat menikmati kawah cantik ini dan sekaligus menjadi tiket untuk masuk ke kawasan Candi Arjuna. Destinasi wisata Kawah Sikidang ini dibuka mulai dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 16.00 sore WIB tiap harinya.

2. Wisata Dieng :

Candi Arjuna

Candi Arjuna
Candi Arjuna
  • Candi Arjuna
  • Harga Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Operasional : Pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 sore WIB

Sesudah mengunjungi Kawah Sikidang, karenanya tak komplit rasanya seandainya tak sekalian menjambangi Candi Arjuna yang berada di Dieng Kulon, Banjarnegara ini. Hal ini dikarenakan tiket masuk Candi Arjuna satu paket dengan kawah tersebut sehingga dengan lima belas ribu rupiah kamu dapat memasuki dua wilayah liburan sekalian.

Dalam sejarahnya, Candi Arjuna merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno dan dibuat untuk menyembah Dewa Syiwa. Ketinggianya yang berada lebih dari dua ribu mdpl membuat candi ini tanpak mempesona dengan suasana penggunungan Dieng yang dingin.

Selain daripada merasakan keindahan alam, kamu juga bisa mengabadikan liburannya dengan kebudayaan yang kental dalam komplek candi yang ditemukan oleh orang Inggris pada tahun 1814 ini.

Dalam kawasan Candi Arjuna, terdapat lima buah candi yang saling berderet lurus. Selain itu taman yang berada di sekitar candi pun terlihat bersih sehingga pengunjung dapat bersantai sambil bencengkarama di atas rerumputan.

Dan uniknya lagi, Dieng Culture Festival yang diadakan tiap tahun akan selalu diadakan di Candi Arjuna yang merupakan komplek candi terbesar yang ada di Dieng ini.

3. Wisata Dieng :

Telaga Warna

Telaga Warna Dieng
Telaga Warna
  • Telaga Warna
  • Harga Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Operasional : Pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.30 sore WIB

Salah satu objek wisata andalan yang dapat kamu jumpai ketika mengunjungi Dieng Platue adalah Telaga Warna. Objek wisata ini lokasinya berada di Kejajar, Wonosobo.

Destinasi wisata ini akan memanjakan mata pengunjung dengan danau kecil yang memiliki berbagai warna akibat dari belerang yang banyak terdapat di Dataran Tinggi Dieng.

Bagi kamu yang memiliki ketertarikan untuk mengunjungi tempat ini, maka sempatkan waktu untuk berfoto-foto terlebih dahulu karena pemandangan yang ditawarkan sangat berkesan dan mempesona.

Di sebelah pinggiran danau disediakan jembatan kecil dari kayu yang dapat digunakan sebagai spot foto yang menarik. Selain itu, kamu juga dapat melihat beberapa gua yang memiliki akar sejarah yang kental bagi masyarakat setempat dan berada di satu komplek dengan Telaga Warna tersebut.

Telaga Warna buka mulai jam 08.00 setiap harinya dan tutup hingga pukul 17.30 WIB, sedangkan untuk tiket masuk, pengunjung dikenakan biaya sepuluh ribu rupiah per orangnya.

4. Telaga Merdada

Telaga Merdada Dieng
Telaga Merdada
  • Telaga Merdada
  • Harga Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Operasional : Pukul 07.00 pagi sampai pukul 16.00 sore WIB

Telaga Merdada yaitu danau terluas yang ada di Dieng hingga menempuh 21 hektare. Pemandangan yang ditawarkan oleh telaga ini amat cantik sebab berada di antara dua buah bukit curam yaitu Pangonan dan Sumurup.

Sisi menariknya, di sekitar danau banyak ditemukan lahan – lahan berundak yang merupakan tempat pertanian kentang sehingga menambah eksotisme Telaga Merdada hal yang demikian.

Daerah tamasya ini sesuai bagi kau yang berharap merasakan kawasan sepi pengunjung dikala berada di Dieng sebab masih jarang dikenal. Selain itu lingkungan dan penduduk yang berada di sekitar objek tamasya Telaga Merdada juga tergolong ramah.

Bagi para pengunjung yang ingin memasuki tempat wisata ini cukup membayar tiket masuk sekitar lima ribu rupiah saja per orangnya.

5. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir
Bukit Sikunir
  • Bukit Sikunir
  • Harga Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Operasional : Pukul 02.00 pagi sampai pukul 18.00 petang WIB

Kawasan wisata dataran tinggi dieng atau Dieng Planteau tidak hanya terkenal dengan objek wisata telaga warna atau komplek percandiannya saja. Lebih dari itu, di dalam kawasan ini juga masih ditemukan beberapa objek wisata lain yang tak kalah memukau sebagi tempat berlibur mengusir kepenatan.

Salah satu objek wisata yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berada di Dieng Planteau selain kedua objek wisata di atas adalah puncak Sikunir. Terutama bagi kamu yang gemar berburu sunrise, maka puncak Sikunir adalah lokasi yang paling tepat untuk menyaksikan detik-detik menakjubkan tersebut.

Puncak Sikunir memang sudah lama dikenal sebagai pemilik spot terbaik untuk menikmati kemegahan prosesi kemuculan matahari di waktu pagi. Malah, daerah ini juga diklaim sebagai spot sunrise terbaik yang ada di Asia Tenggara.

Lokasi Puncak Bukit Sikunir

Adalah Desa Sembungan yang menjadi lokasi puncak Bukit Sikunir. Berada di kawasan dataran tinggi dieng, desa ini tercatat sebagai desa tertinggi di pulau jawa. Dia berada di ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Untuk hingga di desa ini, dibutuhkan setidaknya 20 menit perjalanan mengaplikasikan kendaraan dari lokasi telaga warna.
Selain puncak Sikunir, di desa sembungan juga terdapat satu objek tamasya lain yang kerap dibuat sebagai lokasi transit bagi para pelancong yang akan dan sudah mendaki puncak Sikunir. Obyek tamasya ini bernama telaga cebong. Letaknya persis di bawah lereng puncak Sikunir.

Air telaga ini betul-betul bersih, letaknya juga nampak betul-betul alami. Di sinilah biasanya para pendaki puncak Bukit Sikunir, menggelar tenda untuk beristirahat sebelum dan sesudah pendakian.

Fasilitas di Puncak Bukit Sikunir

Sebagai lokasi wisata, puncak Sikunir yang permulaan pendakiannya dimulai dari Desa Sembungan, sudah dilengkapi dengan sebagian fasilitas penyokong untuk memudahkan dan memberi kenyamanan bagi para wisatawan.

Seumpama bagi wisatawan yang datang membawa kendaraan pribadi, di sekitar kawasan telaga warna sudah tersedia area parkir yang cukup luas dengan metode pengamanan yang memadai.

Jadi selama pelaksanaan pendakian, para wisatawan hal yang demikian tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan mereka.

Selain area parkir, fasilitas lain seperti toilet, musholla dan warung makan juga telah tersedia. Jadi tidak perlu khawatir kehabisan bekal, karena kamu bisa mengisi perut dengan makanan khas Dieng di warung-warung ini.

Sementara itu bagi wisatawan yang tidak ingin bermalam di dalam tenda. Beberapa homstay dengan biaya sewa antara Rp. 75.000 – Rp. 100.000 juga telah tersedia, tinggal dipilih sesuai selera dan kemampuan.

Demikian, info mengenai 5 Wisata di Dieng dan harga tiketnya yang sejuk, indah, dan mempesona. Terima kasih kepada kamu yang sudah mengulangkan waktunya untuk membaca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar