Meski tak banyak dikenal di kalangan wisatawan, Grobogan ternyata memiliki aneka destinasi pilihan untuk liburan. Salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki berbagai spot wisata alam dan kekinian yang patut disambangi. Nah, penasaran dengan wisata Grobogan yang menakjubkan? Simak ulasan berikut ini.

Rekomendasi Wisata Grobogan Paling Banyak Dikunjungi

Menilik sejarahnya, Grobogan dipercaya merupakan salah satu area Kerajaan Majapahit di jaman dulu. Ketika keruntuhannya, Sunan Ngundung masuk ke istana dan menemukan berbagai benda pusaka untuk diusung ke Kerajaan Demak dalam sebuah grobog. Tanpa alasan yang jelas grobog ini hilang dan akhirnya ditemukan di suatu tempat yang akhirnya diberi nama Grobogan.

Karena sejarahnya itu, Grobogan memiliki berbagai wisata edukasi yang patut untuk disinggahi. Selain itu, ada beberapa spot wisata alam yang tak kalah menarik untuk didatangi. Apa saja rekomendasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Grobogan ini?

 

1. Waduk Kedung Ombo, Wisata Air Terkenal ala Grobogan

kedung ombo

Foto Waduk Kedung Ombo (Foto dari @marianata_ From Instagram)

Destinasi satu ini sangatlah terkenal di Grobogan dan selalu menjadi pilihan pertama untuk dikunjungi wisatawan. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, Waduk Kedung Ombo memiliki luas yang cukup lebar, mencapai 6.576 hektar. Bahkan luasnya mencakup tiga kabupaten di dalamnya, Grobogan menjadi salah satunya.

Awalnya waduk ini dibangun sebagai penopang kebutuhan irigasi lahan di sekitarnya. Namun seiring berjalannya waktu, waduk ini menjelma menjadi salah satu obyek wisata yang cukup ternama di Grobogan. Anda bisa bersantai sejenak, memancing, atau berkeliling dengan kapal motor sembari menikmati pemandangan alam sekitar. Jika lapar, banyak warung ikan bakar yang bisa Anda jajal.

 

2. Makam Ki Ageng Selo, Bukti Sejarah yang Menjadi Obyek Wisata Spiritual

makam kiageng selo

Foto Makam Ki Ageng Selo (Foto dari @maiyahgrobokan From Instagram)

Lokasi makam ini terletak di Desa Selo, Tawangharjo, tepatnya 10 km timur Purwodadi, Grobogan. Dalam sejarah, Kyai Ageng Selo dikenal sebagai tokoh spiritual yang memiliki pengaruh besar di masyarakat. Beliau juga merupakan kakek buyut raja-raja Kesultanan Mataram. Kisah hidupnya banyak yang menjadi legenda dan termuat dalam naskah babad Jawa.

Anda bisa mengunjungi makam ini untuk melakukan wisata spiritual. Meski tak dianjurkan, banyak kalangan yang percaya dan meminta berkah pada keturunan langsung Brawijaya, raja terakhir Majapahit ini. Sebaiknya luruskan niat Anda sebelum datang ke sini. Toh semua kebberkahan dan apa pun kejadian di dunia ini bersumber dari Tuhan YME.

 

3. Api Abadi Mrapen, Tak Akan Pernah Padam Sekalipun Diguyur Hujan

api abadi

Foto Api Abadi Mrapen (Foto dari @adhifajaya From Instagram)

Salah satu destinasi wisata unik yang tak boleh Anda lewatkan adalah Api Abadi Mrapen. Destinasi ini terletak di sebuah kompleks di Kawasan Manggarmas, Godong, Grobogan, tepatnya 26 km dari Purwodadi. Api Abdai Mrapen merupakan salah satu bukti fenomena geologi alam yakni keluarnya gas alam dari tanah dan tersulut api hingga menghasilkan api yang tak akan pernah padam.

Setiap tahunnya obor upacara pada peringatan Hari Raya Waisak bagi pemeluk Budha diambil dari lokasi ini. Selain itu, banyak pula event besar yang menggunakan api ini sebagai sumber obor, salah satunya pada pagelaran Asian Games di tahun 2018 silam.

 

4. Gulingan Jungle Park, Wisata Air Terjun Andalan Grobogan

jugle park

Foto Gulingan Jungle Park (Foto dari @dayat5525 From Instagram)

Terletak di dataran tinggi daerah Sedayu, Grobogan, Gulingan Jungle Park menawarkan pamandangan indah yang sejuk dan asri. Anda akan dimanjakan dengan suasana sejuk berbalut hijau dedaunan di samping kiri-kanan. Sebagai menu utama, Anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang menenangkan.

Dibandingkan spot air terjun lainnya, Gulingan Jungle Park menawarkan konsep wisata alam yang lengkap. Jika ingin hal yang berbeda, Anda bisa pula mengikuti outbond, camping ground, atau menjelajah kawasan agrowisata di daerah ini.

 

5. Sendang Keongan, Kolam Alami yang Menenangkan

sendang keongan

Foto Sendang Keongan (Foto dari @seputarpurwodadi From Instagram)

Destinasi ini terletak di daerah Penganten, Klambu, Grobogan. Letaknya di pinggiran hutan Pegunungan Kendeng Utara membuat Sendang Keongan menyajikan pemandangan alam yang mempesona. Sayangnya, Anda akan merasakan nuansa mistis di tempat ini seperti pada kebanyakan sendang lainnya. Terlepas dari hal itu, Sendang Keongan bisa menjadi pilihan untuk Anda yang butuh ketenangan.

 

6. Bledug Kuwu, Obyek Wisata Lumpur yang Berbeda

bledug kuwu

Foto Bledug Kuwu (Foto dari @iamyesy From Instagram)

Obyek wisata Grobogan yang anti-mainstream ini terdapat di Desa Kuwu, Kradenan, Grobogan. Destinasi ini akan meletupkan luapan lumpur tiap 2-3 menit sekali, nyaris seperti fenomena Lumpur Lapindo. Secara ilmiah, letupan ini diyakini merupakan hasil dari proses pelepasan gas dalam teras bumi yang mengandung metana, mineral, dan garam.

 

7. Gua Macan dan Gua Lowo, Wisata Gua yang Patut Dicoba

gua lowo

Foto Gua Lowo (Foto dari @ary_377 From Instagram)

Kedua gua ini sebenarnya merupakan dua destinasi yang berbeda, namun karena lokasi yang berdekatan keduanya sering direkomendasikan bersamaan. Terletak di Dusun Watu Song, Sedayu, Grobogan, gua ini dikenal sebagai tempat tinggal kawanan macan dan kelelawar. Seperti gua pada umumnya, stalagtit dan stalagmit merupakan pemandangan yang bisa Anda nikmati ketika memasuki destinasi ini.

 

8. White Canyon, Kembaran Grand Canyon dengan Kearifan Lokal

white canyon

Foto White Canyon (Foto dari @monichapril From Instagram)

Jika negeri Paman Sam terkenal dengan Grand Canyon, Grobogan juga punya destinasi wisata White Canyon yang tak kalah indahnya. Destinasi ini berada di Desa Mrisi, Tanggungharjo, Grobogan. White Canyon dulunya berasal dari lokasi penambangan kapur yang telah dihentikan. Lambat laun masyarakat banyak yang mengunjungi destinasi ini untuk melihat canyon putih keemasan.

 

9. Kalibiru, Telaga Alami nan Membiru

kalibiru

Foto Kalibiru (Foto dari @vinoshin_06 From Instagram)

Jangan salah sangka dulu, tak hanya di Kulon Progo, Kalibiru juga ada di Grobogan. Mengusung nama yang sama, Kalibiru Grobogan memanjakan Anda dengan airnya yang jernih dan kebiruan. Anda bisa leluasa berenang sepuasnya di obyek wisata yang terletak di Desa Pandan Harum, Gabung, Grobogan ini. Dengan membayarkan tiket sebesar 10.000, Anda bisa berenang, berfoto dan bersantai dengan leluasa.

 

10. Kolam Renang Ayodya, Bebas Bermain Air Sepuasnya

ayodoya

Foto Kolam Renang Ayodoya (Foto dari @artha.kislan From Instagram)

Kolam renang lengkap dengan berbagai wahana permainan anak ini terletak di kompleks SPBU Ngejlok, Purwodadi, Porong, Kuripan, Grobogan. Anda bisa membiarkan anak bermain dengan leluasa dengan wahana splash bucket, twin slide, family side, jacuzzi hingga tower slider dengan ketinggian 7 m. Kolam Renang Ayodya dibuka tiap Selasa hingga Minngu dengan tiket 18.000 per kepala.

 

11. Desa Wisata Bajarejo, Spot Terbaik dengan Berbagai Pagelaran Festival

wisata banjarejo

Foto Desa Wisata Banjarero (Foto dari @groboganwisata From Instagram)

Ingin nuansa yang sedikit berbeda ketika berkunjung ke Grobogan? Coba saja kunjungi Desa Wisata Banjarejo. Letaknya di Kecamatan Gabus, Grobogan. Desa ini menawarkan berbagai spot yang menarik untuk dikunjungi, utamanya yang berkaitan dengan fosil dan sejarah peradaban. Selain itu, Anda bisa menikmati pagelaran festival jerami yang memang kerap diselenggarakan untuk menarik wisatawan.

 

Selain beberapa daftar destinasi wisata Grobogan di atas, Anda bisa pula mengunjungi obyek wisata yang lain seperti Bendungan Klambu, Waduk Gambringan, Cindelaras, Taman Remaja Pungkruk, dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bisa menambah referensi liburan Anda. Selamat berakhir pekan, selamat berlibur.

Bagikan:

Luqman Afi

Kurang Piknik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.