Guci  adalah nama sebuah sumber air panas yang berada di Kabupaten Tegal Jawa Tengah . Wisata Guci Tegal adalah salah satu ikon Kota Tegal yang terkenal selain Warung Tegal atau warteg.

Di area desa wisata Guci terdapat beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi saat berlibur ke kota Tegal . Selain obyek wisata , Guci juga biasanya dijadikan obyek ziarah atau religi karena berhubungan dengan penyebaran agama islam di pulau jawa khususnya kota Tegal.

Permandian air panas  adalah sumber air yang dihasilkan karena proses keluarnya air tanah dari kerak bumi yang  memiliki suhu panas akibat dari panas bumi atau geotermal .Lebih baik lagi dengan adanya kandungan belerang di dalamnya yang dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kulit dan penyakit lain .

Provinsi Jawa Tengah mempunyai sejumlah sumber air panas  yang menjadi pemandian air panas. Pemandian air panas biasanya menjadi tempat untuk  merilekskan tubuh dan membersihkan kulit  . Air panas bisa membuat tubuh  lebih segar dan pikiran menjadi lebih tenang.

Asal Usul Nama Guci

wali songo asal usul guci

Menurut mitos yang telah beredar selama ratusan tahun, air panas Guci adalah air yang diberikan Walisongo kepada orang yang mereka utus untuk menyiarkan agama Islam ke Jawa Tengah bagian barat di sekitar Tegal. Karena air itu ditempatkan di sebuah guci (poci), dan berkhasiat mendatangkan berkat, masyarakat menyebut lokasi pemberian air itu dengan nama Guci.

 

 

 

Kolam Yang Ada Di Tempat Wisata Guci Tegal

wisata guci tegal pancuran 13 asal usul guci pemandian air panas jawa tengah

Ada sekitar 10 air terjun yang terdapat di daerah Guci. Di bagian atas pemandian umum disebut pancuran 13 dan pancuran 7 . Air panas yang ada di pancuran 13 dan pancuran 7 dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Air panas mengalir mulai dari kolam pemandian  sampai sungai yang ada di tengah area wisata Guci.

 

 

Pemandian pancuran 13 adalah lokasi yang paling banyak dikunjungi orang. Disebut begitu karena memiliki pancuran berjumlah tigabelas buah. Pemandian ini bisa dinikmati siapa saja alias tak bayar. Selain itu, berendam di pancuran 7 merupakan alternatif pemandian  lainnnya. Di pancuran 7, penduduk desa Guci juga sering mandi entah untuk keperluan mencari berkat maupun untuk menyembuhkan penyakit seperti rematik, koreng atau penyakit kulit lain.

Tiket masuk sepenuhnya dikelola oleh BKSDA Provinsi Jawa Tengah . Jika anda tidak ingin kelelahan , Anda juga bisa menyewa fasilitas kuda dengan harga yang terjangkau.

Agak jauh sekitar satu kilometer, terdapat air terjun dengan air dingin bernama Air Terjun Jedor. Dinamai begitu karena dulu tempat di sekitar air terjun yang indah setinggi 15 meter itu adalah milik seorang Lurah yang bernama Lurah Jedor.

 

 

1. Pancuran Pengasih

curug jedor wisata guci tegal

Pancuran Pengasih menjadi salah satu favorit di wisata pemandian Guci. Terutama bagi wisatawan yang belum menikah. Banyak yang percaya jika mandi di pancuran ini dapat memberi tuah mendekatkan jodoh.

 

2. Sungai di Tengah-Tengah Area Wisata

curug pengantin

Selain berendam di pemandian, pengunjung juga dapat berendam di sungai yang mengalir di tengah area wisata menuju curug pengantin . Air sungai tersebut juga air panas yang memiliki kandungan sama dengan kolam, sebab sumber airnya sama.

Ketika pertama kali menyentuh airnya, pengunjung akan langsung merasakan panas. Tetapi, lambat laun, kulit akan beradaptasi dengan panasnya air sehingga berubah menjadi terasa hangat. Dan suasana relaksasi pun akan tercipta dengan segera.

Ada juga bermacam kolam yang bisa dipilih di sini. Ada kolam alami dengan banyak pancuran, kolam renang jernih kebiruan dan sungai alami dangkal dengan bebatuan.

 

 

Fasilitas Wisata Guci Tegal

Sejarah Asal usul Guci wisata guci tegal

Selain fasilitas berupa Kuda yang dapat disewa , Guci juga memiliki beberapa fasilitas lain untuk menunjang kenyamanan wisatawan dalam kunjungan . Di tempat wisata Guci tersedia loker untuk menunjang kenyamanan dan keamanan. Jika anda berwisata bersama rombongan dan memiliki rencana untuk menginap , pihak pengelola wisata Guci juga menawarkan wisma untuk tempat penginapan yang jaraknya berdekatan dengan kolam renang.

Wisma yang tersedia  memiliki kapasitas 3 sampai 4 kamar dengan fasilitas bath up , shower , air panas dan spring bed. Jika anda ingin mencari wisma lain , ada berbagai macam penginapan yang dikelola oleh warga setempat yang bisa anda sewa di sekitar jalanan Guci

Tempat bersantap makan dan minum pun tersebar di kawasan. Oleh- oleh Kuliner yang ada di wisata guci tegal

Ada juga kebun strawberry , kebun wortel  dan kebun kubis yang digunakan untuk agro wisata

Terdapat musholla untuk beribadah , serta Wc dan toilet yang tersebar di dalam area wisata Guci. Untuk fasilitas parkir terdapat 3 tempat parkir yang tersedia , yaitu :

  1. Pasar (khusus kendaraan besar)
  2. Terminal atas (tempat parkir khusus kendaraan kecil)
  3. Terminal bawah ( tempat parkir khusus Bus)

 

 

 

 

 

Kuliner Yang Ada Di Wisata Guci Tegal

Ada berbagai macam kuliner dan oleh-oleh yang bisa anda temukan di dalam area wisata Guci maupun di luar area wisata Guci . Sajiannya terutama teh poci khas tegal dan makanan tradisional lainnya.

 

1. Rujak Teplak

rujak teplak

Kuliner yang satu ini  terdiri dari  berbagai jenis sayur seperti kangkung, daun ubi, daun pepaya, daun singkong, kecambah, pare, timun, dan lainnya.

Rujak Teplak memang lebih mirip dengan pecel. Yang membedakan Rujak Teplak dengan pecel biasa adalah sambalnya yang terbuat dari singkong yang dihaluskan , kemudian dicampur dengan bumbu yang dilarutkan dengan air , sambal ini bernama sambal gaul .

Rujak Teplak juga bisa anda temukan di daerah Desa Guci Tegal .  Rujak Teplak biasanya disajikan dengan cara dibungkus daun pisang kemudian di pincuk ata di takar sesuai selera , diletakan sayuran dan disiram dengan sambal gaul  .

 

Jika anda ingin merencanakan liburan ke obyek Wisata Guci Tegal . Berikut ini informasi tentang lokasi , rute  dan harga tiket masuk Obyek Wisata Guci Tegal.

Lokasi Wisata Guci Tegal

wisata guci tegal guciku hot waterboom

Pemandian air panas Guci terletak di desa Guci , kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal . Pemandian ini terletak di bagian utara kaki Gunung Slamet di ketinggian sekitar 1050 meter dari permukaan laut ini memiliki luas 210 Hektar . Dari Kota Slawi berjarak sekitar 30 Km dan dari Kota Tegal berjarak sekitar 40 Km.

Tiket Masuk Wisata Guci Tegal

bumijawa park tempat wisata guci tegal

Tiket masuk  ke area Wisata Guci  pada hari biasa sebesar Rp 5000 rupiah untuk dewasa dan Rp 4500 rupiah untuk anak-anak . sedangkan pada saat hari libur atau weekend , tiket dijual dengan harga Rp 7000 rupiah untuk dewasa dan Rp 6500 rupiah untuk anak-anak. Harga tiket tersebut sudah termasuk dengan asuransi.

Untuk masuk ke dalam area pemandian air panas pancuran 13 , Anda perlu membei tiket masuk sebesar Rp 4000 rupiah . Untuk penyewaan kuda anda dikenakan biaya sewa sebesar Rp 15000 rupiah sampai Rp 30000 rupiah , harga tersebut tergolong murah karena anda bisa menikmati wisata yang ada di Guci tanpa harus merasakan lelah .

Rute Menuju Wisata Guci Tegal

Rute menuju Wisata Guci Tegal terbilang cukup mudah . Sepanjang Jalan menuju tempat wisata , terdapat papan penunjuk arah . Anda bisa menuju Tempat Wisata Guci menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum

 

Beranda

Bagikan:

Emanuel Suryajaya

Hus Jangan Liat , Hayuk Liburan ajah .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.