Kendal merupakan sebuah Kabupaten dengan berbagai magnet tersembunyi di dalamnya. Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki panorama alam yang masih asri dan menakjubkan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum menjamah tempat ini sehingga banyak wisata Kendal yang belum dikenal secara luas. Sebenarnya, apa saja obyek wisata yang terkenal di daerah ini?

Pesona Wisata Kendal yang Menakjubkan

Tak hanya soal letaknya yang strategis, Kendal juga memiliki aset kekayaan alam yang menakjubkan. Hamparan pantai yang berbatasan langsung dengan laut Jawa membuatnya sangat eksotis. Terlebih di beberapa bagian, Kendal memiliki pemandangan alam pegunungan yang menenangkan.

 

1. Pantai Ngebum, Spot Terbaik untuk Melihat Dermaga Kota

pantai ngebum

Pantai Ngebum Kendal ( Foto dari @jihanayulrs From Instagram.com)

Pantai Ngebum terletak di daerah Mororejo, Kaliwungu, Kendal. Cukup hanya membayarkan tiket senilai 3000 rupiah, Anda bisa leluasa menikmati pemandangan di sepanjang pantai yang membentang dari sebelah timur hingga berbatasan dengan pabrik kayu lapis.

Anda pun bisa leluasa untuk berenang di tepi pantai, asalkan tak terlalu jauh menyusuri laut. Disarankan untuk tetap memakai pelampung demi keamanan, terutama jika masih di bawah umur. Lokasinya yang strategis di perlintasan jalur Pantura-Semarang-Kendal membuatnya kerap menjadi persinggahan bagi para pelancong dan mereka yang tengah jenuh dengan perjalanan.

 

2. Desa Wisata Kartika Beach, Wisata Kendal yang Kaya Destinasi

Berlokasi di Kecamatan Patebon, Kendal, Desa Wisata Kartika Jaya menawarkan berbagai atraksi dan panorama yang tak kalah seru dibanding destinasi lainnya. Anda bisa menikmati suasana pantai Kartika yang cantik berpadukan mangrove di sekitarnya. Jika lapar, tempat ini juga menyediakan berbagai olahan ikan segar yang menyehatkan.

Selain pantai, Anda bisa pula menyusuri potensi wisata lainnya, yakni sungai Linen. Di Kawasan ini, Anda bisa menyalurkan hobi memancing dengan lebih leluasa. Butuh wisata yang memacu adrenalin? Anda bisa mencoba outbond bersama keluarga atau kerabat.

 

3. Perkebunan The Medini, Wisata Hijau yang Menyejukkan Mata

kebun teh medini

Kebun Teh Mendini Kendal ( Foto dari @cecaa16_ From Instagram.com)

Jika Anda menginginkan nuansa yang segar dan hijau, tak ada salahnya pergi mengunjungi perkebunan The Medini. Kawasan hijau yang eksentrik ini terletak di Gunung Ungaran, tepatnya Desa Ngresep Balong, Limbangan, Kendal. Menawarkan nuansa asri alam pedesaan, Anda bisa menghilangkan penat yang mendera.

 

4. River Walk Boja, Wisata Kendal dengan Nuansa yang Berbeda

river walk kendal

River Walk Kendal ( Foto dari @friscayuanita From Instagram.com)

Ingin nuansa yang berbeda? Coba saja untuk mendatangi River Walk Boja. Destinasi anyar di Jalan Veteran, Nagadibolo, Boja, Kendal ini menyajikan pemandangan apik yang berbeda dengan destinasi lainnya. Anda bisa menikmati akulturasi beragam bangunan berbagai gaya, dari Eropa, China, serta modern tropis. Anda pun bisa bermalam di penginapan ala urban dengan konsep camping di sekitarnya.

 

5. Tubing Bumi Parikesit, Wisata Alam Kendal untuk Memacu Adrenalin

tubing bumi parikesit kendal

Tubing Bumi Parikesit Kendal ( Foto dari @aliefwib From Instagram.com)

Lokasi wisata yang satu ini terletak di kawasan Desa Blimbing, Boja, Kendal. Anda bisa merasakan sensasi bermain tubing dalam lajur persawahan yang jernih dan bersih. Anda bisa memacu adrenalin dengan jalur 200 hingga 500 m. temukan kejutan berupa jeram di penghujung aliran. Tubing ini semakin memikat karena dilakukan dari ketinggian 3 m.

 

6. Hutan dan Pemandian Air Hangat Nglimut, Perpaduan Hangat dan Dingin yang Pas

pemandian air panas nglimut

Hutan dan Pemandian Air Panas Nglimut ( Foto dari @explorekendal From Instagram.com)

Kedua destinasi wisata Kendal ini cukup ngehits di kalangan masyarakat, khususnya millennial. Anda bisa mengunjungi hutan pinus yang menyejukkan di daerah Promas Greenland, tepatnya di kaki Gunung Ungaran, Nglimut, Gonogarjo, Limbangan, Kendal. Nah, jika lelah berkeliling, Anda bisa rehat sejenak dengan memanjakan diri di pemandian air hangat yang letaknya berdekatan.

 

7. Curug Sewu, Destinasi Wisata Terkenal di Kendal

curuk sewu kendal

Curuk Sewu ( Foto dari @eny_santi From Instagram.com)

Membicarakan soal obyek wisata terkenal di kenal akan terasa kurang tanpa menyertakan Curug Sewu. Terletak di desa bernama sama, di Kecamatan Patean, Anda bisa menikmati pemandangan alam menakjubkan. Total ketinggian curug ini mencapai 80 m. Curug Sewu terdiri dari tiga tingkatan, yakni 45 m, 15 m, dan 20 m.

 

8. Taman Sayur, Wisata Edukasi yang Kian Diminati

taman edukasi sayuran

Taman Sayur ( Foto dari @fitrihidayah.01 From Instagram.com)

Destinasi wisata Taman Sayur cocok untuk Anda yang ingin berwisata sekaligus mengedukasi soal tanaman. Di agrowisata satu ini, Anda akan berkesampatan untuk belajar mengenai tanaman sayur dan berfoto untuk mengabadikan momen. Datang saja ke Dusun Nambang, Gondang, Limbangan, Kendal. Anda pun bisa membawa beberapa jenis tanaman untuk dijadikan oleh-oleh.

 

9. Kampoeng Djowo Sekatul, Liburan Santai untuk Berburu Buah Tangan

Kampoeng Djawa ( Foto dari @aprillia_put From Instagram.com)

Konsep wisata di Kendal menjadi semakin lengkap dengan hadirnya Kampoeng Djowo Sekatul. Di obyek wisata ini Anda bisa bermain di kolam renang, mengikuti outbond, bersantai di vila, hingga berkeliling desa menikmati panorama. Temukan beberapa spot menarik untuk diabadikan, toko souvenir untuk mencari buah tangan, dan restoran yang menyajikan panganan lezat.

 

10. Wisata Kali Bladon, Spot Pemancingan yang Beralih Fungsi

wisata kali bladon

Kali Bladon ( Foto dari @restidwisa From Instagram.com)

Destinasi wisata yang satu ini dulunya sempat menjadi viral lantaran spot foto ciamik yang disuguhkan. Wisata Kali Blandon terletak di daerah Krayapan, Purwokerto, Brangsong, Kendal. Awalnya kali eksotis ini menyajikan konsep pemancingan untuk menarik minat pengunjung. Lambat laun, obyek wisata ini berkembang dan makin dikenal lantaran pemandangan yang indah untuk difoto.

 

11. Sekartama Waterland

sekartama waterland

Sekartama Waterland ( Foto dari @waterlandsekartama From Instagram.com)

Sedang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dengan bermain air? Anda bisa datang ke Sekartama Waterland. Tempat ini menyediakan wisata pemandian dengan aneka ragam wahana permainan. Wisata air yang berlokasi di Nawangsari, Weleri, Kendal ini memang sengaja hadir untuk mengakomodir kebutuhan wisata keluarga. Tiket masuk dipatok 10.000 di week days, dan 15.000 di week end.

 

12. Desa Wisata Sembrani, Belajar Berkuda dan Bertani

desa sembrani

Sekartama Waterland ( Foto dari @trizaalvina1303 From Instagram.com)

Desa wisata memang erat hubungannya dengan belajar bercocok tanam. Begitu pula di Desa Sembrani ini. Nama Sembrani bahkan merupakan sebuah singkatan dari frasa ‘Semangat Berkuda dan Bertani’. Sesuai arti nama yang dimilikinya, Sembrani menjadi desa wisata dengan destinasi istimewa yakni belajar tani dan menunggang kuda.
Desa ini dibuka untuk wisata tiap jam 8 pagi hingga setengah 6 sore. Dengan berbagai fasilitas pendukung yang disediakan, Anda pasti akan merasa nyaman. Di samping itu, Anda pun bisa menikmati pemandangan dan mengambil beberapa potret berlatar bangunan tradisional yang banyak tersebar.

 

13. Puncak Gunung Ungaran, Menilik Kota dari Ketinggian

gunung ungaran

Puncak Gunung Ungaran ( Foto dari @amanatuzzakia From Instagram.com)

Bagi Anda yang suka dengan tantangan, cobalah untuk menyalurkan hobi hiking dan trekking dengan mendaki Gunung Ungaran. Dengan tinggi 2.050 mdpl, Anda bisa menyaksikan pemandangan Kendal lewat ketinggian. Ada tiga jalur yang bisa dipilih untuk sampai pada puncak; Jimbaran, Medini, dan Candi Gedung Songo.

14. Gua Kiskendo, Tempat Hanoman Pernah Bersembunyi

gua kiskendo

Puncak Gua Kiskendo ( Foto dari @aryani_hayu_dn6 From Instagram.com)

Destinasi satu ini terletak di kawasan Trayu, Singoorjo, Kendal. Seperti gua pada umumnya, Kiskendo menyuguhkan pemandangan stalaktit dan stalagmite yang khas. Bedanya, di sini ada sungai dengan aliran menuju perut bumi. Sayangnya sungai ini tak bisa dimasuki lantaran alasan keamanan. Gua Kiskendo dipercaya dulunya pernah menjadi tempat persembunyian salah satu tokoh ppewayangan, Hanoman.

 

Dari sekian wisata Kendal yang tersaji dalam daftar ini, Anda pernah menyambangi destinasi mana? Sudah siap untuk mendatangi obyek wisata selanjutnya?

Bagikan:

Luqman Afi

Kurang Piknik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.