10 Wisata Magelang yang Pas Buat Kamu Kunjungi

Wisata Magelang – Pada kesempatan kali ini Dosen Wisata akan membahas mengenai wisata di Magelang, Ada apa saja di wisata Magelang selain Candi Borobudur yang sudah terkenal itu?

Meski hanya sebuah kabupaten kecil yang menjadi bagian dari propinsi Jawa Tengah dengan luas wilayah 1.084,73 km persegi, Magelang kaya akan obyek wisata yang wajib dikunjungi oleh siapapun,

Bukan hanya karena tempatnya yang bagus atau alamnya yang indah, akan tetapi karena obyek wisata tersebut menjadi bagian dari sejarah perkembangan peradaban manusia, khususnya perkembangan peradaban bangsa Indonesia.

Berikut wisata di Magelang selain Candi Borobudur yang harus kamu kunjungi untuk berwisata santai ria.

1. Grenden

Grenden
Grenden
  • Lokasi: Dusun Grenden, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Tengah
  • Maps: Klik Disini
  • Harga Tiket Masuk: Rp.4.500
  • Jam Operasional: 24 Jam

Lokasi wisata Grenden yang berada pada ketinggian 1.457 meter dpl mulanya lebih dikenal sebagai salah satu basecamp sebelum mendaki puncak Gunung Merbabu.

Karena jalanan untuk menuju Puncak Kenteng Sanga, jika lewat Grenden memang lebih dekat dan hanya butuh waktu mendaki sekitar 5 – 6 jam.

Namun keindahan alam di kawasan Grenden membuat tempat ini menjadi lokasi wisata baru dengan banyaknya para wisatawan yang ingin mencari ketenangan dengan menikmati hutan pinus yang menjadi suguhan utama di tempat ini.

Di lokasi wisaa ini tersedia juga gardu Pandang untuk melihat indahnya Magelang dan daerah di sekitarnya dari ketinggian.

2. Rumah Kamera

Rumah Kamera
Rumah Kamera
  • Lokasi: JL. Majaksingi No.8, Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Maps: Klik Disini
  • Harga Tiket Masuk: Rp.15.000
  • Jam Operasional: Pukul 08.00 – 19.00 WIB

Landmark yang dibuka pada tahun 2014 ini sungguh – sungguh menyita perhatian karena bentuknya yang unik menyerupai kamera DSLR.

Namun bukan hanya keunikan bentuk bangunan saja yang membuat tempat ini layak untuk masuk dalam daftar kunjungan wisata, melainkan koleksi lukisan dan berbagai macam karya seni yang menghiasi bagian dalam.

Tidak hanya itu, dari atap rumah kamera ini pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan alam saat dilihat dari atas ketinggian.

3. Taman Bermain Kyai Langgeng

Taman Bermain Kyai Langgeng
Taman Bermain Kyai Langgeng
  • Lokasi: JL. Cempaka No.6, Kecamatan Kemirirejo, Magelang, Jawa Tengah
  • Maps: Klik Disini
  • Harga Tiket Masuk: Senin – Jumat Rp.15.000, Sabtu – Minggu dan Hari Libur Rp.20.000
  • Jam Operasional: Pukul 08.00 – 16.30 WIB

Destinasi wisata ini dulunya diketahui dengan nama taman bunga ini menempati zona seluas 27,5 hektare, Dengan lokasi di sentra Kota Magelang atau sekitar 15 menit perjalanan seandainya ditempuh dari kawasan Candi Borobudur.

Awalnya tempat ini memang hanya diisi dengan koleksi berbagai jenis tanaman, termasuk beberapa tanaman langka seperti Nagasari (Mesua Ferrea), Dewadaru (Eugenia Sp), dan Matoa (Pometia Pinata Ireigfost).

Namun seiring dengan berjalannya waktu, berbagai macam fauna ikut menghiasai Taman Bermain Kyai Langgeng.

Untuk lebih memanjakan para pengunjung, taman bermain ini juga terus mengembangkan diri dengan menambahkan sejumlah wahana permainan terbaru.

Seperti kolam renang untuk anak dan dewasa, sungai arum jeram, jet coaster, rumah apung, rumah joglo, flying fox, bianglala, komidi putar, kereta mini, becak mini, serta yang lain.

4. Ketep Pass

Ketep Pass
Ketep Pass
  • Lokasi: Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Maps: Klik Disini
  • Harga Tiket Masuk: Rp.7.500
  • Jam Operasional: Pukul 06.00 – 18.00 WIB

Terletak di atas ketinggian 1.200 meter dpl dengan area seluas 8.000 meter persegi, Ketep Pass menyuguhkan panorama memukau khas dataran tinggi dengan latar belakang Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Slamet.

Serta hamparan persawahan dan perkampungan penduduk yang ada di wilayah Magelang dan sekitarnya. Tak hanya estetika alam saja yang disuguhkan Ketep Pass terhadap para pelancong, namun juga sejumlah fasilitas,

Seperti Gardu Pandang berubah dua buah gazebo, Ketep Volcano Theater, Teropong, Ketep Volcano Centre (Museum Gunung Merapi), Pelataran Panca Arga, Arena Bermain Anak, restoran, mushollah, dan tempat parkir yang luas.

5. Kawasan Pecinan

Kawasan Pecinan Magelang
Kawasan Pecinan
  • Lokasi: Jalan Pemuda, Desa Kemirirejo, Kecamatan Magelang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Maps: Klik Disini
  • Harga Tiket Masuk: –
  • Jam Operasional: 24 Jam

Apabila Jogjakarta punya Malioboro, maka Magelang mempunyai kawasan yang juga menjadi pusat aktivitas perekonomian dari masakan, minimarket, toko-toko dan stan – stan yang menjual beraneka ragam barang.

Apa saja yang kamu butuhkan dan kamu cari, dapat dengan mudah diperoleh di sini. Karena itu kawasan ini tidak pernah sepi dari lalu lalang orang-orang, baik penduduk setempat maupun para wisatawan.

6. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit
Air Terjun Sekar Langit
  • Lokasi: Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Maps: Klik Disini
  • Harga Tiket Masuk: Parkir Roda Dua Rp 2.000, Roda Empat Rp. 3.000
  • Jam Operasional: 24 Jam

Air terjun yang sumbernya berasal dari puncak Gunung Telomoyo ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter yang airnya mengalir menuju ke Sungai Ello sebelum akhirnya bermuara ke Laut Selatan Jawa.

Air terjun ini selalu ramai dipenuhi pengunjung, karena selain pemandangan di sekelilingnya yang indah alami serta berudara sejuk dan segar, akses untuk menuju ke tempat ini relatif muda.

Pengunjung yang membawa kendaraan hanya tinggal melangkahkan kaki sejauh kurang lebih 400 meter setelah memarkir kendaraan.

Dinamakan Air Terjun Sekar Langit atau “Bunga dari Langit” karena menurut mitos, air terjun ini adalah tempat Jaka Tarub, nama tokoh salah satu cerita rakyat Jawa, mengintip para bidadari yang turun dari kahyangan atau langit dan mandi di bawah air terjun tersebut.

Selanjutnya, Jaka tarub mencuri salah satu selendang dari salah seorang bidadari yang bernama Nawangwulan sehingga bidadari tersebut tidak dapat kembali ke kahyangan dan akhirnya dipersunting oleh Jaka Tarub.

7. Grojogan Kedung Kayang

Grojogan Kedung Kayang
Grojogan Kedung Kayang
  • Lokasi: JL. Ketep Pass, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Maps: Klik Disini
  • Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
  • Jam Operasional: Pukul 07.00 – 17.00 WIB

Berada di kaki Gunung Merapi, Grojogan (Air Terjun) Kedung Kayang menghadirkan pemandangan yang menawan lewat aliran air yang jatuh dari atas ketinggian sekitar 40 meter dengan suaranya yang bergemuruh dan bergemah.

Segarnya air pegunungan yang membentuk kolam di bawah air terjun membuat pengunjung yang datang ke sini selalu menyempatkan diri untuk mandi dan berendam.

Untuk dapat menikmati estetika Grojogan Kedung Kayang dan berendam di segarnya air terjun, pengunjung harus terpenting dulu berjalan sejauh 200 meter dari tempat parkir kendaraan, hingga hingga di tepi tebing.

Di tempat itulah air terjun sudah tampak di hadapan mata. Selanjutnya pengunjung masih harus menempuh perjalanan lagi sejauh 1,5 km melewati aliran sungai dan persawahan sebelum akhirnya tiba di lokasi Grojogan Kedung Kayang.

8. Sungai Progo

Sungai progo magelang
Sungai Progo
  • Lokasi: Kompleks Hotel Puri Asri, Desa Jurangombo Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Maps: Klik Disini
  • Harga Tiket Masuk: Progo Atas Rp 175.000, Progo Bawah Rp 325.000
  • Jam Operasional: Pukul 08.00 – 16.00 WIB

Selain daripada Sungai Ello, satu lagi daerah melakukan aktifitas rafting di Magelang adalah Sungai Progo. Bedanya, sekiranya jeram yang ada di Sungai Ello mempunyai grade II dan III, karenanya di Sungai Progo mempunyai grade III dan III Plus, artinya jeram yang mesti diarungi selama 2,5 – 3 jam lebih menantang melainkan masih konsisten dalam batas aman untuk mereka yang baru pertama kali menikmati liburan arung jeram.

Untuk bisa merasakan asyiknya Progo Rafting, terdapat dua paket yang bisa kamu pilih yaitu Paket Progo Atas yang menempuh jarak sejauh 9 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Dan yang mengambil start di Tok Songo Magelang dan finish di Jembatan Tempuran Salaman.

Paket kedua yakni Paket Progo Bawah yang menempuh jarak sekitar 18 km dengan waktu tempuh sekitar 4 jam yang mengambil start di Klangaon dan finish di Dekso Kulon Progo.

Biaya sebesar itu sudah termasuk transportasi ke lokasi finish, peralatan arung jeram (perahu, dayung, thorwing bag, Life jacket standard internasional, dan helm), snack dan welcome drink, tempat mandi dan bilas, makan siang, P3K, guid dan team rescue, serta asuransi.

9. Masjid Agung Magelang

Masjid Agung Magelang
Masjid Agung Magelang
  • Lokasi: Jalan Alun – alun Barat No. 2, Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Maps: Klik Disini

Dengan usianya yang lebih dari 2 abad membikin Masjid Agung Magelang tak saja menarik untuk dihasilkan sebagai tempat liburan religi melainkan juga liburan sejarah.

Masjid ini mulanya ialah sebuah musala kecil yang didirikan Kyai Mundzakir pada tahun 1650. Dengan semakin banyaknya jama’ah, pada tahun 1797 akhirnya dilakukan pemugaran dan perluasan dengan penambahan mimbar dan sakaguru (tiang utama).

Pada tahun 1812 dan pada tahun 1871 upaya perluasan dan penambahan bagian – bagian masjid ini kembali dilakukan. Pemugaran secara besar-besaran dilakukan ditahun 1934 dengan mendatangkan arsitek berkebangsaan Belanda, Heer H Pluyter.

Desain bangunan yang dihasilkan Heer H Pluyter itulah yang kini dapat disaksikan pada Masjid Agung Magelang kecuali menara yang dibangun pada tahun 1991.

Demikian, info mengenai 9 Wisata di Magelang yang menarik dan akan nilai sejarah peradaban bangsa Indonesia. Terima kasih kepada kamu yang sudah mengulangkan waktunya untuk membaca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar