Rekomendasi Wisata Pekalongan yang Paling Populer

Pekalongan terkenal akan batiknya yang telah mendunia. Terbukti dengan masuknya kota ini dalam jajaran Craft & Folk Art versi UNESCO sejak tahun 2014 lalu. Kota ini juga memiliki image sebagai World’s city of Batik. Namun, selain batik ternyata wisata Pekalongan tak kalah menggiurkan untuk didatangi. Potensi wisata kota ini sangatlah besar mengingat kekayaan alam dan budayanya yang beragam.

Rekomendasi Wisata Pekalongan Paling Populer

Ditilik dari lokasinya, Pekalongan memiliki wilayah administratif yang menjanjikan. Berada di pesisir utara Pulau Jawa dan titik tersibuk jalur Pantura, Pekalongan menyediakan berbagai wisata dengan banyak pilihan. Tak hanya wisata alam, ada berbagai spot wisata sejarah dan kekinian yang bisa Anda jajal. Apa saja?

1. Wisata Bahari PPNP, Wisata Edukasi Kelautan Terlengkap di Pekalongan

Wisata Bahari
Wisata Bahari Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan Jawa Tengah

Wisata Bahari PPNP (Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan) terletak di Jalan W.R Supratman, Panjang Wetan, Pekalongan Utara. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Pasir Kencana yang indah. Jadi, Anda bisa sekaligus mengunjunginya jika masih memiliki waktu tersisa.

Wisata Bahari PPNP menyuguhkan pemandangan bahari yang lengkap. Anda bisa belajar untuk mengenali berbagai macam jenis ikan di akuarium, aneka tanaman dan pohon lengkap dengan nama serta deskripsinya. Untuk menambah wawasan, obyek wisata ini juga menyediakan ruang iptek yang lengkap dengan berbagai hasil penelitian kelautan, miniatur kapal, dan alat penangkap ikan.

2. Pantai Pasir Kencana, Spot Wisata Pantai Terkenal 

Obyek Wisata Pasir Kencana
Obyek Wisata Pasir Kencana kota Pekalongan Jawa Tengah

Berdekatan dengan lokasi Wisata Bahari PNPP, pantai yang satu ini tak boleh luput dari kunjungan Anda. Obyek wisata Pantai Pasir Kencana merupakan salah satu yang paling terkenal dari Pekalongan. Lokasinya pun tak jauh dari pusat kota, sekitar 4 km saja jaraknya. Wajar jika destinasi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, di samping alasan pengelolaannya yang memang memuaskan.

Di Pantai Pasir Kencana terdapat akuarium dengan koleksi biota laut yang lengkap layaknya miniatur SeaWorld. Anda juga bisa berbelanja ikan segar dari tangkapan nelayan dengan harga miring di pusat pelelangan ikan. Selain itu, pantai ini juga memiliki jembatan kanal, batu pembatas untuk menghadang ombak, hingga panggung hiburan.

Baca Juga Destinasi Wisata Boyolali Terbaik untuk Liburan

3. Mangrove Park, Ekowisata dengan Lorong Cinta

Kawasan Wisata Mangrove Park Pekalongan
Kawasan Wisata Mangrove Park Pekalongan Jawa Tengah

Kawasan Mangrove Park memegang peranan krusial dalam pencegahan abrasi di daerah sekitar pantai. Namun, karena pemandangannya yang indah, destinasi ini berkembang menjadi ekowisata yang padat pengunjung. Obyek wisata ini memang menawarkan spot fotografi yang indah dengan lingkungan hijau nan menyejukkan.

Tak hanya pemandangan saja, Anda bisa mencoba menapaki Lorong Cinta yang ada di dalamnya. Sebenarnya area ini merupakan jajaran bakau yang rimbun hingga berbentuk seperti lorong. Untuk dapat mencapai destinasi ini, Anda bisa langsung mendatangi lokasinya di Desa Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Pekalongan.

4. Gerbengkong Hills, Wisata Sabana dengan Keindahannya

Bukit Teletubies
Bukit Teletubies, Kesesi Pekalongan @Miripartis

Spot wisata yang unik ini terdapat di area Gerbengkong Hills, Ujung Kegoro, Kesesi, Pekalongan, sesuai namanya. Anda akan disuguhi pemandangan padang sabana yang indah dengan udara segar bebas polusi. Lokasi ini cocok digunakan untuk berburu foto atau sekedar nongkrong. Beberapa kalangan bahkan menggunakannya sebagai alternatif foto prewedding karena pemandangan yang indah dan biaya murah.

5. Curug Bajing, Wisata Air dengan Patung Ganesha

Curug Bajing
Curug Bajing Foto dari Instagram @irfan_maaulaana

Wisata alam dengan pemandangan yang mengagumkan ini terletak di daerah Telogo Parkis, Petungkriyono, Pekalongan. Ketinggian Curug Bajing mencapai 1.300 mdpl sehingga suasana di sekitarnya begitu sejuk dan menentramkan. Suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian 70 m makin membuat pikiran Anda tenang. Anda bisa menemukannya dengan berjalan kaki 300 m dari lokasi parkir.

6. Museum Batik Pekalongan, Wisata Batik yang Mengesankan

Museum Batik Pekalongan
Museum Batik Pekalongan Foto dari Instagram @inraprada

Di Museum Batik Pekalongan, Anda akan mendapati setidaknya 1.149 koleksi batik yang berbeda wujudnya. Motif batik tersebut disematkan dalam berbagai kerajinan seperti wayang beber yang telah berumur ratusan tahun. Anda juga bisa menemukan alat tenun tradisional yang dioperasikan secara manual.

Citra Pekalongan sebagai kota batik menjadikan tempat ini menjadi destinasi yang cocok dan paling pas untuk dikunjungi. Tak hanya sekedar berkeliling dan melihat-lihat, pengunjung juga diberi kesempatan untuk turut belajar membatik. Jika ingin bertandang ke museum ini, pastikan datang ke Jalan Jetayu Nomor 1, Pekalongan.

7. Linggo Asri, Wisata Pekalongan yang Lengkap dengan Suasana Asri

Linggo Asri
Wisata Linggo Asri Pekalongan yang menawarkan panorama taman bunga warna-warni

Berada di Kawasan Linggoasri, Kajen, Pekalongan, tempat wisata ini sangatlah patut masuk dalam rekomendasi wisata yang wajib dikunjungi. Di sini terdapat berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai, didukung suasana yang sejuk dan asri.

Linggo Asri
Wisata Linggo Asri Pekalongan

Ada berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan pengunjung, antara lain; kolam renang, playground, camping ground, outbound, kebun binatang, hingga jalur trekking. Bagi yang suka menantang adrenalin, Anda juga bisa mencoba wahana arung jeram. Selain itu, tiap tanggal 7 Syawal, Linggo Asri menyelenggarakan sebuah perayaan Tumpeng Menggono dengan menyajikan berbagai kuliner khas daerah Pekalongan.

8. Kedung Sipingit, Pilihan Alternatif Wisata Adventure 

Kedung Sipingit
Pemandangan Tebing Batu Berwarna Hitam yang Mengapit kiri dan kanan

Bagi Anda yang menyukai wisata adventure, Kedung Sipit bisa menjadi pilihan alternatif. Destinasi wisata yang juga dikenal dengan julukan Black Canyon ini terletak di daerah Kayu Puring, Petungkriyono, Pekalongan. Lokasi Kedung Sipingit yang diapit oleh tebing besar memungkinkan Anda untuk merasakan aliran air deras yang mampu memacu adrenalin.

Anda bisa menghabiskan waktu untuk sekedar berneang, trekking, memancing, body rafting, atau menjajal river tubing. Karena lokasinya yang belum banyak terjamah dan tersembunyi, Anda memerlukan bantuan guide untuk menikmati aneka wahana yang ada.

9. Agrowisata Kebun Teh Pagaliran, Pemandangan Hijau yang Menyejukkan

Agrowisata Kebun Teh Pagaliran, Pemandangan Hijau yang Menyejukkan
Agrowisata Kebun Teh Pagaliran kota Pekalongan Jawa Tengah

Saat suntuk dan sedang ingin memandang yang hijau-hijau, Kebun Teh Pagaliran bisa menjadi pilihan. Kawasan agrowisata ini memiliki pemandangan asri nan sejuk dengan hamparan teh yang menghijau di kiri-kanan jalan. Tempat wisata ini berada di perbatasan Pekalongan dengan Kota Batang.

10. Desa Wisata Lolong Pekalongan, Surga Bagi Pecinta Durian

Wahana Petualang dan Wisata Alam Lolong Pekalongan
Wahana Petualang dan Wisata Alam Lolong Kab.Pekalongan

Desa wisata ini terletak di Lolong, Karanganyar, Pekalongan. Kawasan Lolong terkenal akan buah durian. Jadi, kebanyakan pengunjung yang datang rata-rata memang para pecinta durian. Bahkan Desa Lolong juga memiliki agenda tahunan yang beragam. Salah satunya adalah pagelaran kontes durian dari berbagai varietas dengan keunggulan masing-masing.

Tak cuma sekedar durian saja, bagi pengunjung yang suka adventure juga bisa menikmati wisata yang lain. Anda bisa mencoba river stubbing dengan menyusuri Sungai Sengkarang.

11. Pantai Slamaran, Kisah Pedih Dewi Lanjar yang Terus Terkenang

Pantai Slamaran
Pantai Slamaran kota Pekalongan dan Legenda Dewi Lanjar

Salah satu pantai di Pekalongan selain Pasir Kencana adalah Slamaran. Kedua pantai ini sebenarnya memiliki lokasi yang berdekatan. Pantai Slamaran kental dengan cerita mitos Dewi Lanjar yang terkenal. Dulunya Dewi Lanjar yang ditinggal mati suami memaksa menjadi bawahan Ratu Kidul. Sang Ratu lalu memerintahkannya untuk mengalahkan Raden Bahu, dengan akhir kekalahan di pihak Dewi Lenjar.

Dewi Lenjar pun akhirnya takluk dan meminta izin menempati Laut Pekalongan. Jadi, jangan heran jika menemui beberapa pengunjung melakukan ritual pemujaan terhadap sang Dewi di pantai ini.

Selain beberapa spot wisata Pekalongan di atas, masih banyak destinasi lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Yang jelas, jangan lewatkan kuliner khas Pekalongan yakni Sego Megono yang populer dan mengenyangkan.

Tinggalkan komentar