Anda punya rencana untuk berlibur ke Banyumas ? Jangan khawatir akan keindahannya. Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi.

Selama ini Banyumas jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata Banyumas ini juga memiliki banyak tempat – tempat wisata alam yang keren yang tatetask kalah dengan wisata di Semarang dan Jogja.

Wisata Purwokerto Yang Lagi Hits 2020

1. Bukit Tranggulasih

index Bukit
Bukit Tranggulasih Image Instagram @dwicandraan

Keindahan alam Indonesia jika dihitung memang tidak ada habisnya. Setiap wilayah bahkan sudut kecilnya memiliki tempat – tempat unik dan menarik yang dapat dijelajahi oleh para wisatawan.

Tidak dapat dipungkiri jika Indonesia dijuluki sebagai Heaven Eart karena kekayaan dan keindahan alamnya sungguh sangatlah luar biasa.
Sangat beruntung bagi kita, warga negara Indonesia dapat menikmati anugerah terindah Sang Maha Pencipta secara Cuma – Cuma.

Tidak perlu repot mengurus passport dan visa ataupun mengeluarkan banyak biaya untuk menikmati panorama serta asyiknya berwisata bersama keluarga.

Lokasi Bukit Tranggulasih terletak di Wilayah Purwokerto, tepatnya di RT 03 RW 05 Desa Windujaya Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas.

index Bukit Tranggulasih
Bukit Tranggulasih

Wilayah ini berbatasan dengan Kecamatan Baturaden, sehingga jangan bingung ketika ada beberapa orang lebih mengenal tempat wisata ini sebagai Bukit Tranggulasih Baturaden.

Letak tempat wisata ini berada di bawah kaki Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 750 mdpl.
Jadi dapat dibayangkan bagaimana sejuknya udara yang dapat kita nikmati di Bukit Tranggulasih. Lokasinya juga sudah tersedia gambarnya di peta online.

2. Monumen Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman

index Monumen Panglima Besar TNI
Monumen Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman Image purwokertoguidance

Monumen dan sekaligus Museum Pangilma Besar Jenderal Soedirman merupakan salah satu obyek wisata sejarah di Purwokerto. Lokasinya tepat di sebelah timur jembatan Sungai Logawa yang menjadi pintu masuk kota Purwokerto dari arah barat.

Monumen ini memiliki dua lantai yang pada lantai bawah menceritakan sejarah perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman saat merebut Yogyakarta kembali sebagai ibukota Indonesia dari Kolonial Belanda.

Dan pada lantai kedua terdapat patung Jenderal Soedirman duduk diatas kuda, patung ini terbuat dari bahan perunggu seberat 5,5 ton dan tinggi 4,5 meter.

Di bawah patung Jenderal Soedirman yang menunggang kuda, terdapat relif-relif sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada tahun 1945. Dan di belakang patung terdapat lambang Negara Indonesia yakni Garuda Pancasila.

3. Small World (Miniatur Dunia)

indexSmall
Taman Miniatur Dunia

Wisata yang satu ini kabarnya termasuk salah satu miniatur dunia yang pas banget dijadikan tempat rekreasi. Selain itu, wisata baru di Purwokerto ini juga menyajikan edukasi yang memperkenalkan berbagai macam bangunan terkenal di dunia.

index
Small World (Taman Miniatur Dunia)

Purwokerto tidak hanya memiliki wisata alam berupa Curug Jenggala, Ketenger dan Baturaden saja. Akan tetapi Purwokerto juga mempunyai destinasi wisata baru yakni Wisata Small World Purwokerto.

index Small World (Taman Miniatur Dunia)
Small World (Taman Miniatur Dunia)

Wisata ini berbeda dari lainnya, karena tak hanya menawarkan keindahan alam saja, melainkan dibangun dengan konsep layaknya taman miniatur dunia.

index Small World (Taman Miniatur Dunia)
Small World (Taman Miniatur Dunia)

Walaupun tempat wisata di Purwokerto ini masih dalam tahap pengembangan, namun sudah banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berbondong-bondong datang hanya sekedar melihat beberapa bangunan terkenal yang ada di dunia.

index Small World (Taman Miniatur Dunia)
Small World (Taman Miniatur Dunia)

Tak sedikit pengunjung yang mengaku penasaran dengan keunikan dari wisata Small World itu. Di kawasan wisata, pengunjung juga bisa menginap di beberapa penginapan dan hotel yang ada.

Untuk hotel dan penginapan, karena Wisata Small World Purwokerto ini dekat dengan tempat wisata Baturaden, tak perlu khawatir.

Makanan Khas Banyumas Tempo Doeloe

4. Balai Kemambang

index Taman Balai Kemambang
Taman Balai Kemambang

Taman yang terletak di Kelurahan Karangkboar Purwokerto Utara ini merupakan salah satu taman wisata murah meriah yang ada di Kabupaten Banyumas, hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp.2.500 / orang saja.

Anda sudah bisa berekreasi, bersantai, dan bermain sepuasnya di taman ini. Taman Balai Kemambang diresmikan oleh Bupati Banyumas A.Husein pada tanggal 25 Febuari 2014.

Dengan tujuan menata kota dan ikut serta dalam program pemerintahan Indonesia untuk melindungi, melestarikan dan melakukan penghijauan di pusat – pusat di taman ini.

Seakan tidak mau kala hdengan kota – kota besar di Indonesia, Banyumas dengan pemerintahan yang baru dengan sigap membenahi beberapa tempat penghijauan di kota Purwokerto.

index Taman Balai Kemambang
Taman Balai Kemambang

Memang, tidak ada yang spesial di Taman ini, kecuali dengan adanya pohon – pohon yang rindang, rerumputan yang membentang, serta beberapa tempat duduk dan tempat berteduh, ditambah lagi adanya kolam yang luas serta beberapa arena bermain sudah bisa menghilangkan penat Anda.

Apalagi kalau ketempat ini dengan orang yang spesial ? wah, benar – benar bisa menghilangkan stress akibat kesibukan bekerja ataupun sekolah. Tidak percaya ? Coba saja luangkan waktu Anda untuk berekreasi di Taman Balai Kemambang ini, entah bersama keluarga atau teman terdekat Anda.

Balai dan Kemambang merupakan kata asli dari Banyumas, kata Balai berarti sebuah tempat yang biasa digunakan untuk sarasehan atau dudukan santai sekedar berbincang – bincang.

Dari kemambang, memiliki arti mengapung dalam bahasa Indonesia, jadi Balai Kemambang bisa diartikan sebagai tempat bersantai yang mengapung.

5. Curug Bidadari

index Curug Sendang bidadari
Curug Sendang Bidadari Image Instagram @amboreynaldi

Sendang Bidadari ini merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi destinasi favorit selain Curug Telu Baturaden dan Curug Pelangi Baturaden.

Lokasi ketiga destinasi wisata ini berada di Desa Karangsalam Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah. Keistimewaan Sendang Bidadari ini karena memiliki sebuah jalan masuk yang menyerupai sebuah goa.

Memang, warga disekitar Sendang Bidadari tak bisa dilepaskan dengan kepercayaan animisme dan dinamisme. Tak heran jika Sendang Bidadari ini juga kerap dijadikan sebagai tempat petilasan dan ritual meditasi.

Namun, kalian bisa menikmati Sendang Bidadari ini dengan nyaman. Karena selain air sungainya yang bening, juga sangat menyegarkan.
Suasana pegunungan sekitar Sendang Bidadari tentu saja akan sejenak membuat kalian sejenak melupakan pekerjaan.

Menurut penuturan traveler yang pernah berkunjung ke sini, sumber air Sendang Bidadari ini ternyata berasal dari Curug Telu Baturaden Purwokerto. Lokasinya persis di atas Sendang Bidadari.

Sendang menurut kamus Bahasa Indonesia merupakan kolam yang berada di pegunungan. Tak ada yang mengetahui mengapa destinasi wisata tersebut dinamakan Sendang Bidadari.

6. Curug Nangga

index Curug Nangga
Curug Nangga Purwokerto

Curug Nangga terletak di desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Desa petahunan sendiri berdekatan dengan desan semedo, yang mana banyak orang – orang sebut dengan “Negri Atas Angin”.

Curug Nangga menjadi pusat wisata baru buat warga banyumas dan sekitarnya akhir – akhir ini. Tidak lainnya bukan karena pesonanya yang sangat indah dengan 7 tingkatan air terjun.

Untuk menuju lokasi Curug Nangga, kalian harus melalui beberapa jalan yang memang tidak seperti biasanya. Jika kalian datang dari arah Purwokerto maka yang harus jadi patokan untuk menuju ke Curug Nangga adalah pangkalan ojek Cukawung.

Pangkalan ojek ini berada tidak jauh dari Rumah Makan Sumber Alam Pekuncen, Letaknya berada di sebelah kiri jalan.
Tepat sebelum pangkalan ojek cikawung, terdapat jalan masuk menuju ke desa semedo dan desa petahunan. Itulah jalan dimana kalian akan menemukan beberapa tanjakan yang cukup tajam selama perjalanan menuju Curug Nangga.

index Curug Nanggung
Curug Nangga Purwokerto

Kalian akan menempuh waktu kurang lebih 15 menit untuk mencapai titik pemberhentian ( parkir kendaraan ), dimana kalian akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki karena medan menuju Curug Nangga tidak bisa dilewati oleh kendaraan bermotor.

Dalam perjalanan menuju Curug Nangga kalian akan disuguhi dengan pesona alam nan indah juga asli. Semua tampak alami karena memang daerah sekitar Curug Nangga jarang terjamah oleh orang – orang.

7. Curug Lima Kedung Banteng

index Curug Lima
Curug Lima Purwokerto

Curug ini berada di desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Curug ini belum lama booming karena memang aksesnya cukup sulit.

Padahal lokasinya tidak jauh dari Curug Gomblang yang sudah lama dikenal dan cukup banyak pengunjungnya. Dari Curug Gomblang menuju Curug Lima berjarak sekitar 1 km dan memakan waktu skeitar 1 jam dengan jalan santuy.

Nama Curug Lima diambil dari jumlah pancuran atau kanal airnya yang berjumlah 5. Yang jelas sih tempatnya masih sangat asri dengan air jernih dan menggoda untuk nyebur.

Bagi yang suka beredam di air curug ini dijamin suka. Cuman memang aksesnya cukup berat apalagi bagi yang takut ketinggian atau tebing curam, bisa merinding saat perjalanan.

Rutenya yang masih berupa jalan setapak bahkan ada yang hanya muat 1 orang saja. Karena memang akses kesana baru dibuat untuk umum oleh warga sekitar.

Ditambah rumput dan pepohonan liar yang cukup rimbun. Sesekali melewati jalan kecil disamping tebing curam dan ada jalan bebatuan terjal sedikit.

Agak memacu adrenalin memang dan butuh fisik ditambah stamina yang sangatlah kuat. Curugnya tidak terlalu tinggi. Curug ini masih satu jalur sungai dengan curug Gomblang dan antara curug lima dan curug gomblang juga terdapat beberapa curug tapi belum ada akses yang mudah.

Untuk masuk ke lokasi ini dikenakan tarif Rp 3.000 per orang dan ditambah parkir kendaraan roda dua Rp 2.000. Lokasi ini juga bisa diakses dengan jalan kaki dari Baturagung ( Bendungan PLTA Baturagung ).

 

Selamat berkunjung di tempat hitz di kota Purwokerto dan tetap jaga kebersihan pada wisata ya gaysss….

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.