Purwokerto biasanya terkenal dengan destinasi wisata Baturaden saja. Akan tetapi, sesungguhnya masih banyak lagi loh destinasi wisata dimalam hari yang bisa Anda kunjungi disalah satu Kabupaten Jawa Tengah ini.

Anda bisa menemukan beberapa wisata Purwokerto terbaru dengan daya tariknya masing – masing. Tidak hanya wisata alam saja, Purwokerto juga menghadirkan destinasi wisata dimalam hari yang rekomended banget.

Purwokerto salah satunya yang menunjukkan eksistensinya menghadirkan wisata alam yang sudah dikemas sedemikian rupa menjadi wisata yang hits. Namun, kota ini juga memberikan berbagai jenis wisata lainnya yang cocok untuk Anda, keluarga, teman-teman, maupun rekan kerja. Selain itu, kota ini juga menghidangkan makanan khas purwokerto yang tidak boleh dilewatkan.

Wisata Malam Hari di Purwokerto

1. Taman Rekreasi Andhang Pangrenan

Wisata malam
Taman Rekreasi Andhang Pangrenan @kasmad_22

Taman Rekreasi Andhang Pangrenan ini sebenarnya adalah taman hijau untuk ruang terbuka di bagian selatan kota Purwokerto. Bisa dibilang jika ruang terbuka ini memberikan fasilitas yang lebih dari sekedar fasilitas umum.

Biasanya, “Ruang terbuka Hijau” hanya menghadirkan tumbuhan-tumbuhan dengan sedikit tempat duduk santai. Akan tetapi berbeda dengan ruang terbuka Andhang Pangrenan sebagai wisata alam Purwokerto. Ruang Terbuka Hijau ini sudah disulap menjadi sebuah taman rekreasi dengan berbagai daya tarik bagi pengunjung.

Anda bisa menemukan hamparan tanah lapang yang hijau di tengah lokasi dan dikelilingi dengan adanya jalur pedestrian. Di samping itu, mereka juga menyediakan panggung yang cukup besar untuk menampilkan berbagai show sebagai daya tarik tambahan di taman rekreasi ini.

Bagi Anda yang sedang mencari spot foto yang nge-hits, jangan khawatir. Taman rekreasi yang satu ini menyediakan ruang yang ramah untuk Anda para pengguna social media.

Ada beberapa spot foto yang sangat menarik di sepanjang jalur pedestrian maupun di spot foto tertentu. Beberapa di antaranya adalah adanya spot foto di bawah bola warna warni dengan background pemandangan hijau. Selain itu, beberapa karya dan patung membuat spot foto di taman ini semakin nge-hits.

2. Taman Balai Kemambang

taman
Taman Balai Kemambang

Jika dilihat dari namanya, apa yang akan Anda pikirkan dengan taman yang satu ini? “Kemambang”, dalam bahasa Indonesia berarti mengapung. Lalu, apakan taman ini dirancang menyerupai wisata-wisata apung lainnya?

Taman Balai Kemambang yang terletak di Desa Karangkobar, Purwokerto ini termasuk lokasi wisata murah meriah. Bagaimana tidak? Dengan hanya sekitar Rp 2.500,– saja, Anda sudah bisa masuk ke area taman Balai Kemambang ini.

Anda tidak perlu khawatir, dengan tiket semurah itu, bukan berarti Anda juga akan mendapat wisata yang murahan. Taman ini menghadirkan suasana hijau yang asri sehingga membuat liburan Anda sekeluarga nyaman. Tempat wisata di Purwokerto ini sangat ngehits, loh.

Selain itu, beberapa titik balai yang mengapung di kolam bisa menjadi spot foto yang tidak hanya menarik. Tetapi juga tempat yang nyaman untuk berteduh serta beristirahat di siang hari sambil menikmati sejuknya taman itu.

Taman balai Kemambang juga merupakan tempat yang ramah anak-anak karena menyediakan tempat bermain yang menyenangkan. Selain sebagai tempat rekreasi dan bersantai, taman ini bisa menjadi rekomendasi perpaduan taman asri dan balai yang mengapung.

3. Alun-Alun Kota Purwokerto

Ketika tahu tentang “alun-alun”, apa yang ada di benak Anda? Lapangan hijau atau lapangan yang gersang dengan beberapa penjual mengelilinginya? Berbeda dengan alun-alun di Purwokerto.

Alun – alun Kota Purwokerto menjadi salah satu ikon wisata di pusat kota ini. Karena, menyediakan berbagai area yang hits banget sebagai temat nongkrong di purowkerto.

Setelah direnovasi pada 2015, alun-alun tersebut disulap menjadi fasilitas umum dengan berbagai kelengkapan sarana dan prasarananya. Jika Anda membawa anak-anak kecil, Anda bisa mengajak mereka di area ramah anak dengan beberapa jenis mainnannya.

Selain itu, Anda juga bisa duduk santai sambil mengobrol dengan teman atau keluarga seraya menikmati kuliner yang ada di sana. Alun-alun ini telah disulap menjadi lebih modern. Konsep yang dihadirkan yaitu Modern City park seperti yang sudah diterapkan di beberapa daerah lainnya baik di Indonesia maupun mancanegara.

4. The Village Purwokerto

wisata
The Village Purwokerto

Wisata The Village Purwokerto terletak di daerah Rempoah, Kec. Baturraden dan tidak jauh dari lokasi wisata Baturaden. The Village menjadi sangat populer di kota ini karena ada hal-hal yang menarik di lokasi wisata yang satu ini.

Destinasi ini menghadirkan sebuah bangunan utama yang dibangun seperti kastil dengan finishing aritektur batu bata. Khasnya bangunan ini ditambah dengan adanya beberapa bangunan modern industrial lainnya serta dikelilingi ileh pepohonan rindang.

wisata
The VIllage Purwokerto

Anda juga bisa menikmati wisata air dan berbagai spot foto yang menarik dan tentunya instagrammable. Salah satu yang menjadi ikonnya yaitu spot taman di area kolam tersebut. Anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling kolam besar tersebut.

Bagi Anda yang membawa anak-anak kecil, objek wisata di purwokerto dan sekitarnya yang satu ini adalah yang terbaik. The Village menyediakan taman bermain anak-anak dan untuk menikmatinya, Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit uang.

5. Kampung Pelangi Purwokerto

wisata
Kampung Pelangi

Jika Anda mendengar kampung pelangi, maka yang ada di pikiran Anda adalah kampung dengan penuh warna warni khas. Akan tetapi saat ini Anda tidak perlu jauh-jauh ke Malang untuk bisa hunting foto. Nyatanya, di Purwokerto, Anda bisa menjumpai Kampung Pelangi di Kel. Kranji, Kec. Purwokerto Timur.

Temat nongkrong di purowkerto yang satu ini menjadi objek wisata yang sangat ngehits. Apalagi di sana Ada berbagai spot foto untuk selfie maupun groufie dengan background warna warni yang sangat indah. Tentu saja, hasil foto Anda tidak akan kalah dengan foto-foto di lokasi kampung pelangi lainnya di instagram.

6. Gua Maria

wisata
Goa Maria

Apakah Anda sedang mencari wisata religi di Purwokerto? Jika iya, jawabannya salah satunya yaitu Gua Maria. Gua Maria di kota ini dibangun sedemikian rupa sehingga menjadi salah satu destinasi wisata terkenal.

Lokasinya pun tidak jauh dari kota Purwokerto sehingga akan mudah dijangkau dengan kendaraan. Selain itu, tempat ini juga menghadirkan berbagai pemandangan indah beserta dengan fasilitas pendopo untuk beristirahat.

7. Jungkir Walik Purwokerto

wisata
Jungkir Walik Purwokerto @eny_icky

Satu lagi nih Tempat wisata di Purwokerto yang sangat ngehits yaitu Jungkir Walik Purwokerto. Lokasi ini menggunakan 3D Trick Art dan merupakan yang pertama ada di kota Purwokerto. Anda bisa bergaya dan berfoto dengan khas “Jungkir Walik” nya.

wisata
Jungkir Walik Purwokerto

Jungkir Walik menjadi sangat hits terlebih lagi, sebenarnya wisata yang satu ini sudah ada di beebrapa kota besar seperti halnya “The Walik”. Akan tetapi, bagi masyarakat Purwokerto dan sekitarnya, Anda tidak usah jauh-jauh untuk menemukan spot foto yang unik, asyik, dan hits banget ini. Berbagai foto unik dan menarik akan membuat teman-teman Anda tercengang dibuatnya.

Baca Juga Sejarah Banyumas Jawa Tengah

8. Museum Bank Rakyat Indonesia

Selanjutnya ada Museum Bank Rakyat Indonesia. Untuk kalian semua mestinya tidak asing dengan nama bank yang satu ini. BRI erupakan salah satu bank nasional tertua di indonesia, oleh sebab itu di buatlah museum BRI yang syarat dengan sejarah.

Disini anda akan menjumpai ang uang jaman dahulu mulai dari uang koin hingga uang kertas koleksi museum BRI. Selain itu, museum ini juga masih memiliki alat perbankan jaman dulu seperti halnya mesin ketik dan sebagainya. Museum ini dapat dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga supaya anak-anak anda mengerti sejarah dan bisa melihat secara langsung peninggalan sejarah yang masih tersimpan hingga sampai saat ini.

9. Tugu Merdeka

wisata
Tugu Merdeka

Tugu yang berada tepat di samping SMA N 1 Purwokerto merupakan pusat akses jalan ke berbagai tempat yang ada di kota Purwokerto. Banyak para remaja Purwokerto yang mendokumentasikan tugu ini sebagai pembuka dari kota Purwokerto sendiri.

10. Alun-Alun Banyumas

Pada Jaman dahulu, alun-alun ini adalah penanda pusat pemerintahan, yang sekarang ramai menjadi pusat aktifitas warga khususnya pada akhir pekan.

Seperti halnya alun-alun lainnya, disini anda juga dapat berwisata kuliner, beberpaa kuliner yang dapat anda temukan disini adalah dawet ayu, rica-rica entok, tahu kupat dan jajanan lainnya.

Meskipun tak semegah alun-alun kota Purwokerto, namun alun-alun ini juga menjadi laternatif warga Banyumas untuk bersantai di pagi hingga malam hari.

Terkenal seabagi kota ksatria, ternyata Purwokerto juga menyimpan segudang wisata alam yang sangat menakjubkan, tak hanya itu menariknya lagi wisata sejarah dan kulinernya pun membuat siapa saja penasaran untuk menelusurinya, namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Purwokerto, semoga bermanfaat.

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.