Beragam tempat wisata di Baturaden, Purwokerto yang bisa kamu kunjungi seperti destinasi yang menyuguhkan pemandangan alam dan juga tempat untuk berlibur keluarga.

Destinasi alam yang bisa kamu kunjungi mulai dari Telaga Sunyi hingga Gunung Slamet, sedangkan tempat wisata keluarga di Baturaden mulai dari Lokawisata Baturaden hingga Bukit Bintang.

Kaya Berbagai Wahana Wisata

Taman yang digunakan untuk berpiknik cukup terawat dan bersih. Beberapa tanaman bunga yang ditanam tumbuh subur dan beberapa sedang berbunga sehingga menampakkan keindahannya.

Di Sekeliling mata memandang pemandangan perbukitan yang diantaranya terdapat sejumlah arena dan obyek yang bisa dinikmati

Baturaden juga mempunyai spot-spot yang menarik untuk dijelajahi. Berikut spot-spot foto yang populer dan wajib di kunjungi di Baturaden.

1. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Pancuran 7
Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Bisa dibilang kedua pancuran ini adalah ikon dari Baturaden. Banyak yang mengunjungi tempat ini. Pancuran Telu berada di area lokawisata Baturaden.

Jadi, bila Anda ingin pergi ke tempat ini, maka Anda harus berjalan melewati Curug Gemawang. Kemudian, menyusuri jalan setapak dengan tebing gunung di sebelah kiri dan lereng-lereng jurang di sebelah kanan.

Curug Pitu dan Telu
Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Pancuran Telu ini mengalirkan air panas yang bisa di manfaatkan oleh Anda untuk berendam dan juga berenang. Dinamakan dengan Pancuran Telu karena memiliki tiga air pancuran air panas.

Sedangkan untuk pancuran pitu, berada diatas pancuran telu yang berjarak sekitar 2,5 km lagi. Dengan jalanan yang lebih menarik deripada pancuran telu.

Sama halnya dengan pancuran telu, pancuran pitu juga mengandung belerang yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

2. Curug Telu

Curug Telu
Curug Telu Purwokerto 

Curug Telu adalah destinasi tiga air terjun yang terletak satu tempat, namun ketiga air terjun ini memiliki debit air yang berbeda-beda.

Saat kami berkunjung ke Curug Telu suasananya cukup ramai karena memang pas hari minggu ditambah lagi Curug yang di kelola oleh warga sekitar ini sedang booming.

Nampak parkiran motor cukup penuh dan di lokasi curug juga ramai. Diantaranya ada yang bermain di kedung, atau sekedar bermain air, foto selfie dan ada juga yang hanya duduk-duduk menikmati suasananya yang sejuk.

Curug Telu menawarkan air terjun yang jernih dan juga pemandangan yang indah dengan suasana dingin menenangkan khas pegunungan.

Penginapan Terbaik di Baturaden Purwokerto

3. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi
Telaga Sunyi Purwokerto

Dilihat dari segi namanya mungkin Anda sudah tahu bahwa telaga sunyi ini merupakan sebuah kawasan yang tenang, hening dan juga sunyi. Karena, letaknya yang berada di ketinggian 700 mdpl. Berenang adalah salah satu cara yang tepat untuk menikmati telaga ini.

Tetapi Anda disarankan untuk tidak berenang apabila cuaca sedang mendung ataupun hujan. Karena, kawasan ini memiliki arus yang sangat kencang dan berbahaya. Bisa-bisa Anda terseret arus.

Konon katanya ada sebuah cerita mistis dimana, Anda tiba-tiba akan terdorong hingga kebawah telaga. Ada lagi mitos bagi pasangan kekasih yang datang ke telaga ini pasti akan bertengkar. Jadi, harus berhati-hati.

4. Bumi Perkemahan Wana Wisata Baturaden

Bumi Perkemahan Wana Wisata Baturaden
Bumi Perkemahan Wana Wisata Image by Instagram @tosa.sabian

Batu raden juga memiliki kawasan hutan yang tidak kalah indahnya. Dengan udara dingin khas pegunungan. Pada tahun 2001 bumi perkemahan ini digunakan sebagai tempat Jambore Nasional.

Di kawasan ini juga menyediakan persewaan peralatan untuk kemah dengan harga yang terjangkau. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membawa peralatan tenda jika, ingin merasakan bagaimana rasanya menginap di kaki Gunung Slamet, yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah.

5. Taman Wisata Widya Kaloka

Taman Wisata Widya Kaloka
Taman Wisata Widya Kaloka Purwokerto

Bisa dibilang kawasan ini adalah kebun binatang mini yang sengaja didirikan oleh pihak pengelola Baturaden.

Ada berbagai macam hewan unik yang bisa ditemui oleh Anda seperti Harimau Sumatera yang sudah sangat langka dan hampir punah seperti Buaya Irian, Orang Utan Kalimantan. Ada juga berbagai macam satwa yang didatangkan dari luar negri untuk menarik minat Anda.

Rute, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Batu Raden adalah sebuah kawasan wisata yang mudah untuk dikunjungi. Anda bisa memilih berbagai macam alternatif untuk mengunjungi tempat ini. Bisa menggunakan transportasi umum dan juga kendaraan pribadi.

Bagi Anda, yang ingin mengunjungi kawasan ini dengan menggunakan transportasi umum bisa menggunakan bus dari terminal purwokerto. Gunakan trayek yang mengarah ke arah Baturaden. Anda akan turun di terminal lokawisata Baturaden. Sangat mudah bukan?

Anda yang ingin menggunakan kendaraan pribadi arahkan kendaraan menuju ke Taman Andhang Pangeran – Kebo dalem – Hotel Aston –Unsoed. Kemudian, terus lurus mengikuti arah satu jalur hingga tiba di terminal Baturraden.

Dari pusat kota purwokerto berjarak 14 kliometer dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit bila tidak macet. Kawasan Baturraden adalah kawasan favorit yang hampir setiap liburan penuh dengan wisatawan yang ingin menikmatinya.

Penginapan Terbaik di Baturaden Purwokerto

6. Sendang Bidadari

Sendang Bidadari
Sendang Bidadari Purwokerto

Buat kamu yang suka berpetualang, Sendang Bidadari menjadi destinasi yang cocok kamu kunjungi di daerah menjadi destinasi yang cocok kamu kunjungi di daerah Baturaden, Purwokerto.

Sendang Bidadari menyuguhkan pesona tersendiri yakni air terjun yang terlihat memiliki pintu dari batu yang terjun yang terlihat memiliki pintu dari batu yang menyerupai goa.

Namun untuk mencapainya, kamu harus barhati-hati karena jalur menuju sini sangat menantang.

7. Curug Bayan

Curug Bayan
Curug Bayan Purwokerto

Curug Bayan menjadi satu destinasi air terjun yang sangat populer di Baturaden, Purwokerto karena akses untuk menjangkaunya sangat mudah.

Kemudian arus air di sini tidak deras dengan kedalaman yang cukup dangkal sehingga aman dikunjungi untuk semua kalangan di berbagai usia.

Curug ini menawarkan pemandangan yang menawan yakni air terjun dengan dam Jepang dan juga jembatan peninggalan Belanda masih kokoh di sekitar Curug Bayan.

8. Curug Gede

Curug Gede
Curug Gede Purwokerto

Curug Gede yang terletak di Desa Wisata Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Di sini terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 50 m dan juga kolam penampungan yang sangat unik dan eksotis yang menyuguhkan pemandangan alam dan juga pesona air terjun.

9. Goa Sarabadak

Goa Sarabadak
Goa Sarabadak Purwokerto

Gua Sarabadak adalah destinasi yang masih berada di dalam kompleks Pancuran Puti di Baturaden. Di bagian samping goa terlihat pemandangan sungai yang menampung aliran air panas dari Pancuran Pitu, sedangkan didalam gua juga terdapat pertemuan aliran air panas dan air sungai.

Dan di depan goa ini tersendiri terdapat sebuah air terjun dengan debit air yng kecil namun menyegarkan.

10. Curug Jenggala

Curug Jenggala
Curug Jenggala Purwokerto

Curug Jenggala menyuguhkan pemandangan tiga air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air yang bervariasi.

Tiga air terjun yang menjadi satu ini berasal dari tiga sungai yang berbeda dan menyatu di Curug Jenggala.

Kedua aliran air terjun di sini memiliki debit air yang tidak terlalu besar mengapit air terjun utama dengan debit air yang lebih deras dibandingkan dua air terjunnya.

Selain itu, kawasan ini menawarkan keindahan alam yang masih asri dengan keindahan air terjunnya yang mempesona.

11. Gunung Slamet

Gunung Slamet
Gunung Slamet, Jawa Tengah

Buat kamu yang suka mendaki Gunung, Gunung Slamet menjadi satu gunung yang cocok untuk didatangi, karena Gunung Slamet diketahui gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Namun tidak disarankan untuk para pendaki pemula, karena trek pendakian dan juga waktu tempuh menuju puncak lebih lama dari gunung pada umumnya.

12. Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden
Lokawisata Baturaden Purwokerto Image by wikipedia

Lokawisata Baturaden adalah destinasi yang menawarkan keindahan wisata alam yang dipadukan dengan wisata modern yang kekinian.

Di sini terdapat beragam destinasi dengan berbagai fasilitas hiburan yang cocok dikunjungi oleh keluarga dan juga ditambah suasana sejuk di sekelilingnya.

Lokawisata Baturaden ini terletak di Karangmangu, Baturaden, Kabupaten Banyumas atau berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Purwokerto.

Beberapa wahana yang ada di Lokawisata Baturaden seperti kolam renang dengan papan seluncur, sepeda air, air terjun dan pemandian air panas belerang.

Anda yang menggunakan kendaraan pribadi harap berhati-hati. Karena, jalan yang harus dilalui menanjak dengan tingkat kemiringan mencapai 30 derajat. Disarankan untuk tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi mengingat jalur yang tidak stabil.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke kawasan ini harap dicatat jam operasionalnya dari pukul 6 pagi hingga 5 sore. Berlaku dari hari senin hingga hari minggu.

 

Untuk harga tiket masuk yang dikenakan sebenanya tidak terlalu mahal. Berikut, harga tiket masuk kawasan Baturaden:

– Harga Tiket Masuk Wisata Loka Baturaden : Rp 14.000
– Harga Tiket Masuk Pancuran Telu : Rp 10.000
– Harga Tiket Masuk Wahana Teater Alam : Rp 5.000

Masalah penginapan jangan khawatir. Banyak sekali penginapan yang berada disekitar Batu raden. Berikut daftar penginapan yang dekat dengan Baturaden yang bisa Anda kunjungi :

– Green Valley Resort Baturaden : Rp 400.000
– Queen Garden Hotel : Rp 450.000
– Lagen 2 : Rp 100.000
– Hotel Cemerlang : Rp 150.000
– Hotel Manah : Rp 400.000

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.