6 Wisata Solo Kota Wisata Edukasi dan Sejarah

Wisata Solo – Kota Surakarta atau bisa disebut dengan Kota Solo yaitu salah satu kawasan otonom di Jawa Tengah dengan status sebagai kota. Kota ini semenjak zaman dahulu sudah terkenal sebagai kota adat istiadat dan sempat masuk ke dalam kawasan kerajaan Mataram dan menjadi daerah pusat pemerintahan.

Selain terkenal akan tradisinya, rupanya Surakarta juga menaruh potensi wisata yang luar umum di dalamnya, mulai dari wisata alam, sejarah dan adat istiadat, edukasi, hiburan, sampai kuliner bisa kamu peroleh segala di sini yang pasti menarik untuk dikunjungi saat wisata.

Akan tetapi semenjak ditkamutanganinya Perjanjian Giyanti pada tahun 1775, Mataram malah terbagi menjadi dua komponen, yaitu Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

Dan pada kesempatan kali ini Dosen Wisata akan membahas tentang daerah wisata edukasi yang ada di kota Solo, tetapi sebelum itu, mari kita kenalan terlebih dahulu dengan kota ini.

1. Wisata Solo :

Taman Sriwedari

Wisata Solo Taman Sriwedari
Taman Sriwedari
  • Lokasi : Jalan Brigjend Slamet Riyadi Nomor 275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Harga Tiket Masuk : –
  • Jam Operasional : 24 jam (Hari Senin sampai Minggu)
  • Fasilitas : wahana permainan, restoran, stan penjual suvenir

Taman Sriwedari merupakan Taman Hiburan Rakyat (THR) yang berada di tengah-tengah Kota Solo. Tempat wisata ini menyajikan berbagai atraksi kesenian dan hiburan bagi masyarakat. Lokasi taman wisata ini tepatnya berada di Jalan Brigjend Slamet Riyadi Nomor 275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Mulai dari pertunjukan wayang orang, pentas musik hingga pertunjukan dance. Dan di sini juga terdapat fasilitas penunjunag seperti wahana permainan seru, restoran dan juga stan – stan penjual souvenr yang siap untuk kamu kunjungi.

2. Wisata Solo :

Museum Batik Danar Hadi

 Wisata Solo Museum Batik Danar Hadi
Museum Batik Danar Hadi
  • Lokasi : Jalan Brigjend Slamet Riyadi Nomor 261, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Harga Tiket Masuk : Rp 35.000 (Umum), Rp 15.000 (Pelajar dan Mahasiswa)
  • Jam Operasional : Pukul 09.00 pagi sampai pukul 16.30 petang WIB

Masih di daerah Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tempat wisata berikutnya Museum Batik Danar Hadi. Lokasi wisata ini berada di Jalan Brigjend Slamet Riyadi Nomor 261, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Seperti namanya, museum ini menyuguhkan aneka variasi koleksi batik dalam bermacam-macam corak, dari seluruh nusantara. Mulai dari corak batik klasik, kontemporer, sampai corak modern.

Menariknya lagi, di sini para pengunjung juga bisa menyaksikan bagaimana pengerjaan membatik secara langsung serta mempraktekannya.

3. Kebun Binatang Taru Jurug

Wisata Solo Kebun Binatang Taru Jurug
Kebun Binatang Taru Jurug
  • Lokasi : Jalan Ir. Sutami Nomor 109, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
    • Weekdays : Rp 15.000
    • Weekend : Rp 20.000
    • Holiday : Rp 20.000
    • Keterangan : Tinggi Di atas 80 Cm Dikenakan Biaya Tiket Penuh
  • Jam Operasional: Pukul 07.30 pagi sampai pukul 16.00 sore WIB

Tempat wisata selanjutnya yang mengusung konsep wisata edukasi dan alam adalah Kebun Binatang Taru Jurug. Lokasi wisata edukasi ini berada di Jalan Ir. Sutami Nomor 109, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Bosan berkeliling area kebun binatang, kamu dapat beristirahat dan memafaatkan berbagai fasilitas di dalamnya seperti taman bermain, kereta mini serta ada juga pertujukan seni berupa reog atau kesenian lainnya.

4. Taman Cerdas Kelurahan Jebres

Wisata Solo Taman Cerdas Kelurahan Jebres
Taman Cerdas Kelurahan Jebres
  • Lokasi : Jalan Ki Hajar Dewantara RT 02 RW 25, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Harga Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Operasional : 24 jam (Hari Senin sampai Minggu)

Tempat wisata edukasi di Solo selanjutnya adalah Taman Cerdas Kelurahan Jebres. Destinasi wisata edukasi ini lokasinya berada di Jalan Ki Hajar Dewantara RT 02 RW 25, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Dengan hanya mengeluarkan uang sebesar lima ribu rupiah kamu sudah mendapatkan destinasi wisata seru dan sarat akan muatan edukasi yang sangat bermanfaat.

Berdiri di atas lahan seluas 2.000 meter persegi, taman wisata edukasi ini memiliki berbagai fasilitas dan permainan yang mengedukasi, baik fasilitas outdoor maupun indoor.

Pada bagian outdoor terdapat panggung terbuka yang digunakan sebagai media untuk aktualisasi diri anak serta terdapat patung tokoh pewayangan dan beberapa relief serta patung tembaga dari beberapa tokoh nasional Indonesia, seprti Ir. Soekarno, Bung Hatta dan juga Ki Hajar Dewantara.

Adanya patung dinosaurus dan manusia purba juga tidak kalah menariknya untuk dijadikan spot foto sekaligus digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak.

Selain itu, menariknya lagi di tempat ini juga terdapat lukisan 3D seperti gajah, angkasa raya, dengan beberapa planetnya, teleskop, dua ekor burung yang hendak terbang, dan juga buku yang seolah berada di balik dinding.

Dan yang tidak kalah serunya di taman wisata edukasi ini terdapat juga lukisan 3D panorama kehidupan bawah laut yang terlihat penuh warna yang bisa kamu manfaatkan sebagai latar belakang foto yang asik.

5. Wisata Solo :

Taman Balekambang

Wisata Solo Taman Balekambang
Taman Balekambang
  • Lokasi : Jalan Balekambang Nomor 1, Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah
  • Harga Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : Pukul 06.00 pagi sampai pukul 17.00 sore WIB

Taman wisata edukasi di Solo selanjutnya adalah Taman Balekambang. Lokasi taman wisata ini berada di Jalan Balekambang Nomor 1, Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

Taman wisata Solo edukasi ini memiliki luas mencapai lebih dari sembilan koma delapan (9,8) hektare yang telah berdiri sejak tahun 1921 yang dibangun oleh Mangkunegoro VII untuk dipersembahkan bagi kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah.

Taman yang didominasi dengan pepohonan rindang ini memberikan nuansa asri dan teduh, dan fakta unik dari berbagai pohon di tempat ini yaitu pepohonan tersebut telah berusia ratusan tahun dan masih kokoh berdiri hingga saat ini.

Selain teduh nan asri, pengelola juga melepaskan beberapa satwa jinak yang dapat menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung. Beberapa satwa tersebut diantaranya yakni angsa, rusa, beberapa jenis ayam hias dan satwa lucu lainnya.

Dan di beberapa bagian sudut taman juga disediakan bangku yang dapat kamu gunakan untuk duduk sembari mengobrol santai dan menikmati sejuknya angin yang berhembus.

6. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat
Keraton Surakarta Hadiningrat
  • Lokasi : Baluwarti, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Harga Tiket Masuk : Rp 10.000 (WNI), Rp 15.000 (WNA)
  • Jam Operasional : Pukul 09.00 pagi sampai pukul 15.00 sore WIB (Hari Sabtu sampai Kamis)

Destinasi wisata edukasi sekaligus wisata sejarah di Solo yaitu Keraton Surakarta Hadiningrat. Lokasi keraton ini berada di Baluwarti, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Selanjutnya ada wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan yaitu Keraton Surakarta Hadiningrat. Keraton Surakarta Hadiningrat ini didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II tepatnya di Desa Sala (Solo) yang pada saat itu merupakan pelabuhan kecil di tepi Sungai Bengawan Solo.

Dan sampai saat ini, keraton ini masih dijadikan sebagai tempat tinggal Raja serta masih menjalankan tradisi dari kerajaan tersebut.

Di sebagian komplek keraton difungsikan sebagai tempat penyimpanan benda-benda koleksi peninggalan kerajaan, termasuk berbagai hadiah dari raja-raja Eropa dan juga replika pusaka keraton, kereta kencana serta gamelan.

Sedangkan di bagian tengah keraton terdapat sebuat sumur yang konon ceritanya digunakan raja sebagai tempat untuk bersemedi.

Jika kamu hendak berwisata ke keraton ini, kamu harus wajib mematuhi segala peraturan yang berlaku di sana, seperti tidak boleh mengenakan celana pendek, kacamata hitam, sandal jepit, topi, maupun jaket.

Dan jika kamu kebetulan memakai celana pendek, kamu akan disarankan untuk meminjam kain bawahan selama berwisata ke keraton. Dan tentunya, di sana para pengunjungnya juga dilarang untuk merokok selama mengunjungi keraton serta membawa makanan ke dalam kompleks keraton.

Tinggalkan komentar