5 Wisata Ungaran Murah Cocok Buat Bersantai Ria

Wisata Ungaran – Ungaran ialah sebuah daerah yang berada di Semarang, Jawa Tengah, Di daerah ini menyimpan sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan daerah keren yang ada di Ungaran.

Ungaran memiliki banyak spot objek wisata keren, mulai dari situs budaya atau bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata.

Pada kesempatan kali ini Dosen Wisata akan membahas mengenai 5 wisata di Ungaran ramah kantong yang cocok buat bersantai ria. Cekidot !

1. Wisata Ungaran :

Bukit Lerep Indah

Bukit Lerep Indah Ungaran

Destinasi wisata di Ungaran yang pertama adalah Bukit Lerep. Objek wisata ini berada di  Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.Bukit Lerep menawan di Ungaran merupakan salah satu liburan dengan pesona kekayaan alam yang eksotis dan ditambah lagi memiliki sebagian fasilitas komplet, membuat daerah tersebut benar-benar menarik.

Sama seperti namanya yakni BLI atau lebih di kenal dengan “Bukit Lerep Indah” merupakan salah satu alternatif wisata yang terdapat di kab. Semarang (Ungaran).

Lokasi objek wisata Semarang ini berada di Desa Lerep – Ungaran barat, Jawa Tengah yakni berada di lereng gunung.

Walaupun ialah obyek liburan yang masih baru, tetapi di kawasan BLI (Bukit Lerep Indah) telah terdapat sebagian fasilitas, seperti vila atau penginapan, meeting room hingga aula.

BLI merupakan tempat wisata dikenal dengan kolam renangyang menarik dan segar, di mana kebanyakan para pengunjung yang datang ke tempat ini hanya untuk berenang saja.

Selain itu harga tiket masuknya yang terjangkau hanya Rp 7.000 saja dan parkir Rp 1.000, membuat banyak sekali warga sekitar menghabiskan liburan akhir pekan mereka bersama keluarganya di tempat ini. Untuk jam operasional dari BLI ini buka mulai pukul 08.00 WIB s.d. 17.00 WIB setiap hari.

2. Wisata Ungaran :

Watu Gunung

Watu Gunung

Sesuai dengan namanya yakni Watu Gunung Ungaran, daerah rekreasi ini terletak di  Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Watu Gunung Ungaran yakni sebuah daerah wisata yang mempersembahkan udara segar dan juga benar-benar teduh. Jika kamu berkunjung ke tempat ini, maka kamu akan ditawarkan keindahan suasana asli Watu Gunung Ungaran yang akan membuat kamu terpukau.

Selain itu, ada pula beberapa kolam renang yang memiliki air yang segar serta pemkamungan yang indah. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Watu Gunung Ungaran, kamu harus membayar tiket masuk saat kamu tiba di tempat wisata alam ini.

Untuk harga tiket masuk Watu Gunung Ungaran pada tahun 2019 ini masih relatif terjangkau. Lamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk sebesar 20.000 rupiah per orang.

Dengan membayar tiket masuk tersebut, kamu sudah bisa menikmati wisata alam Watu Lerep yang berada di Ungaran, termasuk fasilitas kolam renang serta perahu yang berada di danau.

Sementara untuk pemancingan, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan. Semantara untuk kamu yang membawa kendaraan, kamu juga akan dikenakan biaya parkir sebesar 2000 rupiah.

Untuk jam operasional, tempat wisata alam semarang Watu Gunung Ungaran ini buka mulai dari jam 08.00 sampai dengan jam 16.00. Dengan jam buka yang cukup panjang kamu akan merasa puas berkelana menikmati suasana disekitar Watu Gunung Ungaran dengan tenang.

3. Wisata Ungaran :

Sanggar Seni Gedung Songo

Sanggar Seni Gedung Songo

Destinasi wisata di Ungaran selanjutnya adalah Sanggar Seni Gedung Songo. Sanggar seni ini terletak di Gang Patung, Sidomulyo, Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah.

Daerah ini mempunyai banyak titik objek liburan keren, mulai dari situs tradisi sampai situs bersejarah. Kecuali itu, Semarang menaruh banyak talenta seni yang diakui dunia internasional.

Ucap saja Studio Seni Gedong Songo, merupakan sanggar seni milik artis ternama MA Sutikno yang diaplikasikan untuk konsentrasi atau fokus di bidang seni rupa.

Patung, lukis, dan pahat yaitu sebagian dari deretan karya yang dijadikan oleh tim kreatif didikan Sutikno.

Sanggar ini telah dibuka secara umum sejak tahun 2010 lalu, lokasi tepatnya ialah Gang Patung, Jl Ahmad Yani no. 36, Ungaran, Semarang.

Misi Sanggar Seni Gedong Songo antara lain, menjadi solusi wisatawan dalam mencari kerajinan khas Ungaran dan Kabupaten Semarang, melayani masyarakat dengan kualitas terbaik serta harga terjangkau masyarakat umum, dan mengenalkan masyarakat lokal terhadap produk dalam negeri dan terdorong lebih naik daripada produk luar negeri.

Salah satu bagian dari Sanggar Seni Gedong Songo yang berkarya dari tahun 1989 ialah LEKA. Sanggar ini merupakan wadah para seniman lokal dalam beredukasi, lukis, patung, dekorasi, sampai kerajinan tangan.

Pada tahun 2008 Sanggar mengklasifikasikan LEKA untuk berkarya di bidang desain serta seni rupa konseptual.

Nama LEKA sendiri berasal dari Leonardo Krisna. Nama ini tidak diambil sembarangan, yaitu Leonardo ikon Renaisance yang berinovasi dengan konsep seni.

Serta Krisna, simbol dari kebijaksanaan dalam proses berkarya, makna memanusiakan manusia.

Nama inilah yang menjadi representasi tujuan dasar LEKA berkarya, yaitu berkarya secara inovatif dengan metode yang manusiawi sekaligus membawa keseimbangan pada alam dan lingkungan.

4. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

Kolam Renang Siwarak

Di Ungaran, ada sebuah objek wisata yang cocok untuk kamu yang sedang mencari suasana kesejukan udara. Objek wisata itu adalah Kolam Renang Tirto Argo Siwarak Ungaran. Lokasinya berada di Jalan Tirto Argo RT 04 / RW 08, Nyatnyono, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Di sana kamu bisa memanjakan tubuhmu dengan berendam di kolam renang dengan airnya yang sangat segar karena langsung dari sumber mata air pegunungan.

Kolam renang Tirto Argo Siwarak ini merupakan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Bahkan tidak hanya wisatawan lokal saja lho yang meramaikan kolam renang ini, wisatawan dari luar kota pun juga banyak yang berkunjung di Tirto Argo Siwarak Ungaran ini, apalagi kalau hari Minggu atau hari libur lainnya.

Kolam renang Tirto Argo Siwarak memang memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat pengunjungnya. selepas dari itu semua, fasilitas dari objek wisata wahana air yang ada di Ungaran ini boleh juga.

Dengan segala keindahan dan fasilitas yang ditawarkan, mungkin bayangan kamu pasti harga tiket masuknya cukup mahal.

Jangan salah ya, harga tiket masuk di kolam renang Tirto Argo Siwarak Ungaran ini cukup terjangkau kok, yaitu Senin : Rp 15.000 per orang Kamis – Minggu : Rp 15.000/orang Sewa Loker : Rp 5.000 Sewa Ban : Rp 5.000

Kolam renang tirto argo Siwarak Ungaran ini tidak dibuka setiap hari, kamu bisa berkunjung pada hari Senin, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Karena pada hari Selasa dan Rabu, kolam renang Tirto Argo Siwarak ditutup guna untuk pembersihan. Kamu bisa mengunjungi Tirto Argo Siwarak ini pada hari bukanya dari pukul 06.30 WIB sampai dengan 17.30 WIB.

5. Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron

Destinasi wisata di Ungaran yang hits dan keren yang terakhir adalah Wana Wisata Penggaron. Objek wisata ini berada di Desa Susukan, Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah.

Sama seperti namanya, di mana wana hutan penggaron adalah sebuah tempat wisata yang bisa digunakan untuk berlibur bersama keluarga anda.

Daerah wisata ini umumnya banyak diaplikasikan sebagai daerah untuk berwisata para masyarakat semarang yang mau menghabiskan waktu weekend mereka dengan merasakan suasana hutan alami.

Perlu anda ketahui bahwa wisata hutan penggaron memiliki luas lahan sekitar 1500 hektare dan didalamnya jalannya sudah beraspal. Karena hal itu ketika anda pergi berkililing ke tempat wisata ini tidak perlu lagi takut akses jalan yang susah.

Lokasi dari Wana Wisata Penggaron ini berada di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang.

Di mana kawasan tersebut sebenarnya masih masuk dalam wilayah hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih, dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah.

Sebelum memasuki kawasan Wana Wisata Penggaron ini, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 6.000/orang. Dan untuk parkir mobil sebesar Rp 3.000, sedangkan untuk parkir sepeda motor Rp. 2.000 saja.

Untuk jam operasionalnya sendiri, tempat wisata ini buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB. Sedangkan untuk para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan camping bisa meminta izin kepada petugas dan nantinya kegiatan tersebut akan dijaga oleh petugas.

Selain itu di dalam kawasan Wana Wisata Penggaron juga terdapat fasilitas seperti, toilet biasa, musala dan lapangan golf yang bisa diaplikasikan untuk berolahraga. Tersedia pula berbagai macam wisata kuliner yang bisa untuk anda nikmati dan juga hotel.

Demikian, info mengenai 5 Wisata di Ungaran yang sejuk dan indah untuk bersantai ria. Terima kasih kepada kamu yang sudah mengulangkan waktunya untuk membaca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar